Posts

Menyikapi Ujian Saat Rezeki Lagi Minta Ampuuun Susahnya !

Image
Jangan putus harapan.Saat hidup terasa sulit, menderita, rezeki terasa susah, hidup menjadi sesak, gak bisa nafas bahkan sampe megap-megap dan bingung mau gimana lagi. Tahap selanjutnya adalah protes dengan keadaannya, hari-harinya diisi dengan sejuta daftar keluhan dan bahkan ada yang berniat melakukan kejahatan atau bunuh diri untuk menyelesaikan masalahnya. Itulah reaksi orang kebanyakan saat diberi ujian sulit rezeki oleh Allah SWT. Padahal Allah melarang kita untuk berputus asa, karena putus asa adalah sebuah dosa besar. Mengapa? Karena mereka gak terima ketentuan Allah atasnya dan meragukan pertolongan Allah padanya.
Di Alquran Allah bahkan menyebut mereka yang berputus asa dari rahmat Allah adalah sesat bahkan kafir. Naudzubillah...

Lebih jelasnya silakan baca artikel ini : jangan putus asa jika rezekimu gak sesuai harapan.
Menyikapi ujian sulit rezeki.(1) Terima dengan hati lapang.Langkah pertama saat diterpa ujian kehidupan yang bisa meluluhlantakkan iman adalah menerima dengan …

Silaturahmi Tertinggi Itu Ini

Image
Silaturahmi mempermudah rezeki.Rahmat Allah tidak akan turun pada mereka yang memutuskan tali silaturahmi. Silaturahmi talinya diikat kuat oleh kasih sayang, jadi bagi mereka yang memutuskan silaturahmi artinya memutuskan kasih sayang. Menurut Uztad Khalid Basalamah silaturahmi itu khusus bagi mereka yang punya hubungan darah saja, bukan semua umat muslim. Kalo hubungan persaudaraan dengan sesama muslim disebut sebagai ukhuwah.Telusurilah semua keluarga yang memiliki hubungan darah dengan anda dan jalinlah silaturahmi dengan mereka agar rahmat Allah turun pada anda.
Silaturahmi itu melapangkan rezeki. Gak main-main lho, ini Rasulullah yang bilang dalam salah satu hadits seperti di bawah ini :Konon diriwayatkan salah seorang sahabat membawa sekantong dirham. Dia bertanya pada Rasulullah kepada siapa dia harus menyedekahkan dirhamnya tersebut, pada kaum kerabatnya yang miskin atau pada orang lain yang juga miskin. Kata Rasulullah kalo menyedekahi keluarganya maka dia akan mendapatkan 2 p…

Rezeki Berkah dan Berhasil Bersama Allah

Image
Harus ikhlas.Semua orang pengen banget jadi orang yang berhasil. Tapi kalo udah berhasil kebanyakannya kita ngerasa kalo keberhasilan itu terjadi karena usaha dan kerja keras kita. Padahal kita lupa kalau semua itu bisa terjadi atas izin Allah.Tau gak kalo kita lagi di atas itu ujiannya jadi lebih luar biasa. Kalo kita lagi naik, lagi populer, lagi di atas, rezekinya lagi banyak itu ujiannya luar biasa.(baca : mau rezeki lancar harus siap diuji). Jangan hanya mau naiknya, tapi juga harus siap diuji. Ujian itu buat ngetes sejauh mana keberhasilan berdampak pada diri kita. Apakah jadi sombong atau malah tetap tawadhu dan bersyukur plus sabar.
Gimana ngadapin ujian?  Yang penting itu ikhlas. Ikhlas menerima ujian. Jangan main-main dengan ikhlas ini karena ikhlas ini penting. Kita jadi bisa plong ngelakuin apa aja kalo diiringi ikhlas. Tapi ikhlas ini sesuatu yang abstrak dan yang betul-betul bisa menilai keikhlasan kita adalah Allah.Bicara soal ikhlas, saat proses belajar mengajar, bisa j…

Solusi Membuat Hari Anda Berlimpah Rezeki

Image
Rezeki anda begitu-begitu aja?Setiap hari anda keluar rumah, banting tulang, pergi pagi pulang sore buat nyari rezeki. Tapi sekian lama berusaha dan berikhtiar hidup anda gak berubah. Rezeki anda ya segitu-gitu aja. Pengen juga ada rezeki lebih sih supaya bisa jalan-jalan, bisa naik haji / umroh atau bisa lunasin cicilan motor yang tiap bulan jadi beban.Gimana ya.. supaya hari-hari kita tak berlalu begitu saja? Gimana supaya tiap hari kita bisa terus berlimpah rezeki? 
Solusi hari berlimpah rezeki.(1) Perbaiki niat.Mungkin hadits di bawah ini sangat populer. Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam…

Menjadi Pribadi Penarik Rezeki

Image
Tips menjadi pribadi penarik rezeki.Menjadi pribadi penarik rezeki bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa melakukannya jika memang mau. Masalahnya banyak orang yang tidak mau. Wajar kalau rezekinya segitu-gitu aja bahkan cenderung seret. Berikut ini beberapa sifat yang bisa menjadikan kita pribadi penarik rezeki.
(1). Tidak sombong.Sifat sombong sama dengan takabbur tapi beda dengan ujub. Dua-duanya adalah sifat yang meninggikan diri sendiri, tapi bedanya ujub tidak meremehkan orang lain. Beda dengan takabbur / sombong, selain meninggikan dirinya dia juga merendahkan orang lain. Tak ada yang lebih hebat kecuali dirinya, orang lain pasti selalu ada kurangnya..Kesombongan itu menjauhkan orang dari rezeki. Pribadi penarik rezeki tak meninggikan dirinya di hadapan orang lain, karena paham bahwa manusia lain diciptakan sebagai guru baginya, bagi akalnya. Lewat itulah Allah berkomunikasi dengannya. Lewat orang lain dia bisa belajar menjadi insan yang jauh lebih baik.
Orang sombong biasanya…

Mau Rezeki Lancar Harus Siap Diuji

Image
Rezekinya mau, ujiannya ogah..Itulah kebanyakan kita. Tiap hari berdoa minta rezekinya ditambah, dibanyakin, dilancarin dan kalo boleh gak usah diuji deh... Karena yang namanya ujian itu pasti gak enak, pasti berat dan bikin baper..Tapi hidup ini kan hanya tempat transit. Tempat buat ngumpulin bekal lewat ibadah dan amal saleh, agar cukup dibawa ke kampung akhirat nan abadi kelak. Rezeki yang dikasi ke kita itu tujuannya untuk memudahkan kita melakukan ibadah, bukan untuk dipake foya-foya, bersenang-senang, kemudian lupa tujuan penciptaan kita. Allah ngasi rezeki agar kita bisa memanfaatkannya untuk menebar kebaikan, meninggikan martabat manusia dan membantu membagi kebahagiaan pada orang lain.
Rezeki bagus, ibadah lancar nah.. itu cakep ! Kalo begini kondisinya Allah akan ngasi ujian. Jangan salah.. nabi dan rasul pun juga diuji, bahkan ujiannya jauh lebih berat dari kita semua. Gak perlu jauh-jauh Rasulullah SAW harus menghadapi hinaan, cacian, kekerasan bahkan percobaan pembunuhan p…

Disembuhkan Oleh Sedekah.

Image
Allah yang menyembuhkan..Kita sebagai Muslim tahu betul akan ini, tapi apakah kita meyakininya? Belum tentu. Kebanyakan kita masih salah sangka bahwa dokter, tabib,shinse, obat, ramuan lah yang menyembuhkan kita. Makanya saat sakit mendera kita terus mencari dokter yang paling ahli, rumah sakit yang paling sukses menyembuhkan pasien, tabib yang terkenal punya tangan dingin, obat yang tokcer karena kita menganggap semua itu yang bakal menyembuhkan penyakit kita.
Pernahkah terpikir untuk mencari Allah dan meminta kesembuhan seperti halnya yang dilakukan oleh dokter ini pada pasien-pasiennya? Pernahkah kita menyadari, jangan-jangan penyakit kita gak sembuh juga karena salah penangangan, salah dalam menghadapinya? Harusnya yang kita cari tuh Allah. Sebelum menyerahkan nasib di tangan para manusia yang kita sebut dokter, tabib, shinse, serahkan dulu nasib di tangan Allah. Karena Allah lah yang akan menggerakkan tangan manusia itu dan membuka pikirannya untuk menemukan solusi atas penyakit k…

Mau Rezeki Berkah TIAP HARI? Jagalah 7 Sunnah Nabi Ini.

Image
Enaknya kalo tiap hari rezeki lancar.Orang beriman yang cerdas itu adalah orang yang tau dan mampu mengelola hidupnya agar umurnya yang singkat ini memberi kontribusi nyata pada hidup abadinya kelak di akhirat nanti. Sekedar tau tapi tak mampu apalagi gak mau melaksanakannya ya..gak ngefek. Tau, mampu dan mau... itu yang penting.Kita hidup buat siapa sih? Ya.. buat Allah, yang Maha Hidup. Kita musti menyembah dan mengabdi pada Allah. Kalo kita hidup menyembah harta, menyembah orang, menyembah jabatan wah.. kita salah jalan. Kudu banting stir balik ke jalan yang bener. Itu sebabnya kita kudu sholat tepat waktu, agar setelah shalat kita ditunjukin jalan yang bener... Kalo masih juga menyimpang artinya sholat kita gak bener, asal komat kamit dan nunggang nungging gak jelas aja.Begitu keserempet bajaj dikit aja, nyumpahin si tukang bajaj gak selamat. Udah gitu baru nyadar kalo tadi keserempet dan nyawa dicabut, udah deh..tamat sudah kisah kita. Langsung deh jadi takut mati.Rasulullah udah…

Tips Lapang Rezeki dan Bermental Kaya

Image
Mau lapang rezeki?Pasti maulah.. Siapa juga yang mau rezekinya seret? Berikut ini adalah tips melapangkan rezeki ala pakar otak kanan Ippho Santosa.
(1) Pantang ngomong mahal.Beneran ! Karena mahal itu relatif... Kalo gak ada duit, motor harga 12 juta itu kerasa mahal. Tapi kalo lagi ada duit, mobil 2 M itu murah.. Uang di rekening trilyunan, rumah seharga 100 M sudah pasti murah...Mental kaya itu adalah JANGAN NGOMONG MAHAL, karena gak ada barang yang mahal. Kalo udah keburu bilang mahal, mental jadinya ketutup, seolah-olah kita bilang ama diri sendiri, "gue gak pantas punya itu, kemahalan bo' !". Boleh ngomong mahal itu kek gini. Mie ayam biasanya harganya 15 ribu, ada yang ngejual 125 ribu. Kita sih mampu beli cuma ya..kemahalan aja.Urusan omongan aja bisa ngaruh ya? Ya.. iyyalah.. jangan asal ngomong karena omongan kita itu doa, kalo malaikat lewat trus ngaminin ucapan kita, gimana? Jadi ngomong yang bener.  Kalo apa-apa kita bilang mahal, kita jadi ngeper, jadi renda…

Tips Memotivasi Anak Remaja Untuk Rajin Shalat

Image
Anak itu investasi akhirat.Satu-satunya investasi yang terus mengalirkan manfaat, terus ngasi kita rezeki berupa pahala yang tak putus bahkan saat kita sudah dikubur, adalah doa anak saleh. Jadi menghasilkan anak saleh itu keharusan, bukan hanya untuk kepentingan dirinya pribadi tapi juga bagi kepentingan kita, orangtua yang dititipi amanah memelihara anak ini..
Di mana ukuran kesalehan seorang anak? Mungkin ada yang bilang, kalo dia baik, nurut kata orang tua, gak nyusahin, udah pasti saleh / salehah dong ! Betulkah begitu? Ukuran kesalehan seorang anak adalah selain berbakti pada orangtuanya, juga shalatnya rajin, gak pake disuruh, gak pake diancam, gak pake disuap. Pokoknya denger azan, langsung ambil wudhu, ke masjid atau sholat sendiri. Shalatnya full gk ada yang bolong.Keadaannya sekarang ini bagi anak-anak kita yang kebetulan sekolahnya sekolah islam shalatnya hanya saat di sekolah saja, setiba di rumah, udah malas-malasan lagi. Begitu juga bagi anak yang mondok di pesantren, sa…