Posts

Showing posts with the label tips

Kopi Boleh Pahit, Rumah Tanggamu, Jangan !

Image
ARTIKEL KE 693 RUMAH TANGGA IBARAT KOPISemua pasangan ingin rumah tangganya menjadi rezeki baginya menjadikan rumahnya sebagai surganya. Tapi mencapai itu tidak mudah. Butuh usaha dari kedua belah pihak untuk meramu pernak pernak kehidupan agar enak dinikmati.
Karena berumah tangga itu ibarat ngopi. Takarannya gak melulu pas. Kadang manisnya lebih terasa, suatu waktu pahitnya pun dominan. Ini seringkali gak bisa dihindarkan sehingga kita gak punya pilihan kecuali menikmati saja, sampai suatu ketika kau pun jadi terbiasa.



Ketika rumah tangga sudah jadi candu bagimu, maka percayalah bahwa gak ada regukan yg lebih nikmat di luar sana. Karena kamu udah kecanduan dan kesenangan berada dalam rumah. Yup, rumah tangga itu ibarat ngopi.
Harga kopi di kafe kelas atas tentu beda dengan harga kopi di warung sebelah, meski kalo sudah dilarutkan dalam cangkir rasanya gak jauh beda.
Karena manusia jaman now yang dibeli bukan semata-mata kopinya, melainkan suasananya (baca : rezeki dalm secangkir kopi)

PENJUAL YANG BIKIN KANGEN

Image
ARTIKEL KE 691PENJUAL YANG NGANGENIN Saya udah sering menulis di blog ini kalo mau banyak rezeki kudu usaha mendekati Sang Pemilik Rezeki dan kalo mau kaya kudu usaha alias mau jualan. Jualan apa aja asal bukan "jual body", masih banyak kok produk halal yang bisa dijual. Lagi pula body dikasi agar bisa mendukung ibadah kita kepadaNYA bukan malah dipake maksiat.
Anyway tulisan kali ini fokus gimana caranya dapat rezeki dari jualan dengan jadi penjual yang ngangenin. Bukan karena tampang yang diimut-imutin, bukan dengan cara-cara genit yang menghalalkan segala cara, bukan dengan rayuan gombal tanpa makna.. tapi lebih dari sekedar strategi "fisik" .


Anda sudah tau kan prinsip penjualan ?
Kalo belum...sini saya kasi tau.. Ta gak sih kalo 83% pembelian terjadi karena pembeli suka dengan penjualnya. Ini bukan kata saya lho, tapi hasil survey yang dilakukan sebuah perusahaan untuk melihat reaksi konsumen terhadap produk mereka. 
Mau tau alasannya kenapa? Karena yang 83% konsume…

Bagaimana Rezeki di Belanjakan?

Image
ARTIKEL KE 685  PANDUAN BELANJA ISLAMI:  Saya pernah menulis artikel di blog ini tentang tariklah rezeki dengan membelanjakannya. Artikel itu fokus pada memotivasi pembaca untuk membelanjakan rezeki karena sesungguhnya rezeki mengalir sama seperti air, sehingga harus berputar dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Perintah Allah soal membelanjakan rezeki sudah jelas lewat firmannya Al Baqarah ayat 265, "Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyi­rami­nya, maka hujan gerimis. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” Perintah Allah sangat jelas yaitu : BELANJAKAN HARTA DEMI MENCARI RIDHA ALLAH SWT. Belanja yang dimaksud di sini adalah sedekah. Sedekah dianggap memberi pinjaman pada Allah SWT. Manusia saja yang kita beri pinjaman akan mengem…

Tulisan Ini Buat Para Suami

Image
SUNNAH RASULULLAH DALAM RUMAH TANGGA.Kalo liat acara TV yang beritanya soal perceraian artis A dengan pasangannya kadang jadi miris. Apakah lembaga perkawinan sudah gak dianggap penting lagi oleh sebagian besar pasangan sehingga jika ketidakcocokan muncul langsung kata cerai terucap dari bibirnya? Perceraian adalah satu-satunya hal halal yang tidak disukai Allah. Tapi banyak juga orang yang memilih jalan itu karena menyerah dengan pasangannya. Kalo mau rumah tangga banyak rezeki ya kudu menciptakan kebahagiaan dalam perkawinan. Kebahagiaan itu gak datang sendiri tapi harus diciptakan...



Yakinlah kalo rumah tangga bahagia itu mudah, kuncinya adalah suami mengikuti sunnah Rasulullah. Yang dilakukan beliau sangat sederhana tapi ngefek luar biasa sama isteri. Ada yang bilang kalo orang tidak saling jatuh cinta dengan pasangannya tapi mereka jatuh cinta dengan perwujudan dirinya saat bersama pasangannya. Kebahagiaan tercipta karena pasangan saling berbahagia saat berada bersama pasangannya.…

Solusi Semua Masalah Ala Rasulullah SAW

Image
Solusi 18 permasalahan kehidupan dunia dan akhirat Hidup ini dipenuhi setumpuk masalah. Satu demi satu masalah seolah menenggelamkan kita. Biasanya fokus kita adalah masalah ekonomi karena terkait dengan kelangsungan hidup. Rezeki bermasalah, usaha bangkrut, utang numpuk membuat hati tertekan. Tapi yang paling penting bukan masalahnya tapi solusinya. Berikut 18 permasalahan yang paling umum dihadapi manusia dan solusi yang ditawarkan oleh Rasulullah SAW.
1. Taat Hukum.
Di negara manapun pasti ada hukum yang mengatur kehidupan manusia. Agama juga punya hukum-hukum tertentu yang harus dipatuhi agar selamat dunia akhirat. Jika selama ini kriminalitas meningkat dan maksiat merajalela hukan salah hukumnya tapi salah manusia yang tak bisa taat pada hukum.
Lalu bagaimana menjadi manusia yang paling mengetahui tentang hukum-hukum...dan bisa taat? Rasulullah Saw menjawab : "Takutlah pada Allah dalam segala hal".
Takut kepada Allah membuat kita menghindar dari segala hal yang bisa mencedera…

Tips Menyantuni Orang Tua

Image
PELIT SAMA ORANG TUA? Pada artikel sebelumnya saya menulis tentang keajaiban doa orang tua. Tulisan ini fokus bagaimana kita bisa menyantuni orang tua yang masih hidup..
Yang masih suka pelit sama orang tua, baca ini deh!
Sebagai anak, keknya wajar aja kalo pengen membantu orang tua dengan menyisihkan sebagian duit setiap bulan untuk mereka. Itu bagian dari bakti pada mereka. Bukankah ridha Allah terletak pada ridha orang tua?
Tetapi, jaman now kebutuhan hidup yang terus meningkat, mulai dari kebutuhan pokok yang harganya terus meroket,  biaya anak sekolah yang semakin mahal, biaya tagihan listrik dan BBM yang terus menanjak, juga aneka kebutuhan yang gak terduga yang tiba-tiba harus dipenuhi melengkapi semua penderitaan bagi pegawai dengan penghasilan pas-pasan. 
Kenaikan harga selalu jadi kambing hitam buat semua masalah finansial kita.
Saat tiba waktunya buat kirim uang ke ortu tiba-tiba saja muncul tagihan untuk membayar biaya-biaya gak diduga tersebut. Sebut saja misal biaya perawatan…

Mengelola Ilmu

Image
Sedikit Tentang Ilmu.  Siapapun ingin jadi orang yang berilmu.
Saya selalu ingat kata-kata ini... Jika engkau menguasai satu ilmu, bukan sebab engkau hebat. Tapi karena Allah telah memilih dirimu, lalu Allah memberikan padamu ilmu itu.. Maka gunakan ilmu itu untuk mengajak manusia menyembah Allah dengan baik dan benar. Dengan ilmu itu engkau bisa mengantarkan manusia jadi beriman. Ilmu itu pemberian Allah, karenanya jangan digunakan untuk menunjukkan kesalahan dan kekurangan orang lain seperti halnya tayangan infotainment, gosip-gosip di sekitar kita, tapi untuk mengajak mereka kepada kebaikan. Ilmu itu pemberian Allah, untuk meninggikan kalimatNya, bukan untuk mengecilkan manusia, apalagi untuk menghinakan manusia, ilmu itu membuatmu memuliakan manusia.
(baca : 33 tahun belajar tapi cuma dapat 8 hal ini).

Bila engkau berjumpa dengan orang yang ilmunya lebih sedikit darimu, jangan engkau menyakiti hatinya dengan menunjukkan kelemahannya, bantulah, didiklah, ajarilah, berilah pemahaman sesuai…

Mengundang Rezeki Datang dengan Mudah

Image
TARIKLAH REZEKI DENGAN RIDHA ILAHI  Menarik rezeki itu mudah saja, simak tipsnya di artikel terdahulu. Bukankah rezeki itu adanya di langit, sehingga untuk memperolehnya ketuklah pintu langit dengan melakukan amalan yang daya pancarnya luar biasa. Dilakukan di bumi tapi gaungnya menembus langit. Di tulisan ini fokus pada menarik rezeki secara mudah dengan mengetuk pintu langit. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengetuk pintu langit.

1. Memberi makan dhuafa secara rutin.
Pasti anda tahu makna kata rutin bukan? Rutin artinya dilakukan setiap waktu, bisa setiap hari, setiap jam, setiap minggu, setiap bulan. Sama seperti orang yang rutin makan 3 kali sehari artinya setiap hari dia makannya pasti 3 kali. Begitu juga dengan sedekah rutin. Ada orang yang mengetuk pintu langit dengan cara tiap pagi membagi 40 nasi bungkus untuk kaum duafa. Kegiatan ini rutin dia lakukan setelah shalat subuh. Tak pernah dia melewatkan hari tanpa membawa tentengan nasi bungkus dalam keranjang.
Jika tak mampu 4…

Tips Mudah Mendapatkan Rezeki Ilahi.

Image
APAPUN IMPIAN ANDA, SEMUANYA MUDAH BAGI ALLAH !   Ketika masih kecil..impian saya pengen jadi dokter. Buat saya dokter itu keliatan keren, pake jas putih, pegang stetoskop dan sepertinya dia tahu banyak tentang apa yang terjadi dalam tubuh kita. Dan seperti anak-anak lainnya saya pun berimajinasi menjadi dokter dengan meminjam jas putih ibu yang biasa dipake arisan darma wanita dilengkapi dengan kacamata baca ayah. Biar lebih afdhol saya menggunakan stetoskop mainan. Dan saat itu menjelmalah saya menjadi "seorang dokter" dalam imajinasi saya. 
Saya pun pura-pura memberi konsultasi pada anak-anak tetangga yang pasrah jadi "pasien" saya.



Keponakan saya yang laki-laki ingin MENJADI PILOT. Untuk mewujudkan impian itu diambilnya kardus bekas TV yang cukup gede untuk memuat badan kecilnya. Pake helm dan kacamata hitam ayahnya. Jadilah itu pesawat terbang dengan dia sebagai pilotnya. Bahkan anak saya sendiri bercita-cita ingin menjadi superhero. Suatu hari dia ingin jadi Sup…