Posts

Showing posts with the label penghalang

Waspadai Praktek Riba Di Sekitar Kita

Image
Riba di sekeliling kita.Sebelumnya admin sudah pernah menulis tentang riba mengambil alih rezeki kita. Bagaimana pengaruh riba sehingga bisa menenggelamkan rezeki kita. Bagaimana Allah mencabut keberkahan rezeki kita yang diperoleh dari praktek ribawi. Bagaimana orang Arab yang konon pemalas tapi negaranya kaya raya? Riba adalah praktek yang banyak terjadi di sekeliling kita, bisa saja kitapun ikut melakukannya karena ketidak tahuan..
Buat yang masih bingung membedakan antara hutang piutang (qardh) & kerjasama (mudhorobah; musyarokah), silahkan disimak ilustrasi berikut:


A : Gimana kabarnya mbak?
B : Sehat dek, alhamdulillah. A : Ini saya selain silaturahmi juga ada perlu mbak. B : Apa apa dek...apa yang bisa ta' bantu. A : Anu..kalau ada uang 20 juta saya mau pinjam.
B : Dua puluh juta? Banyak sekali. Untuk apa dek? A : Tambahan modal mbak. Dapat order agak besar, modal saya masih kurang. Bisa bantu mbak?
B : Mmm..mau dikembalikan kapan ya? A : Insya Allah dua bulan lagi saya kembalika…

Riba Mengambil Alih Rezeki Kita

Image
Riba Yang Membinasakan.Sebuah pendapat tentang riba yang mungkin bisa menambah wawasan dan membuka pikiran kita. Tulisan ini saya temukan dan sharing di sini semata-mata untuk memperlihatkan pikiran penulisnya tentang sebuah realita yang umum terjadi di sekitar kita dan ditengarai sebagai pemicu kekacauan hidup serta mengambil alih rezeki kita.

Tulisan ini dimulai dengan problematika harian, lonjakan harga bahan pokok. Bila hari-hari ini harga cabe, daging dan bahan makanan lainnya melonjak trus siapa yang paling pantas disalahkan ? Saya menyalahkan riba ! Kok bisa ? Bagaimana riba menyebabkan harga pangan melonjak ? Inilah kesempatan bagi kita untuk bisa memahami dampak buruk riba yang seringkali kita sepelekan . Dampak itu begitu langsung dan nyata bukan hanya sekedar teori, maka setelah datang petunjukNya yang begitu jelas itu, apakah kita masih hendak melanggengkan sistem ribawi dalam pengelolaan ekonomi kita ? Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Yang namanya haram …

Cari Tahu Mengapa Rezekimu Mandek Total

Image
Karena kamu membawa kantong bocor. Imam mesjid Asyuraim Alharam Almakki dalam khutbahnya mengatakan: *Hati-hati dengan kantong yg bocor*
Apa makna kantong yang bocor di sini?  Kantong bocor di sini maknanya, engkau melakukan sebuah upaya yang menurutmu baik tapi hasilnya minus sehingga mempengaruhi keberkahan rezekimu. Mengapa bisa begitu? Karena ada yang salah dalam prosesnya.. Misalnya :


BOROS
Engkau telah berwudhu dengan sebaik-baiknya wudhu akan tetapi engkau boros memakai air, itu sama dengan kantong bocor Wudhu yang sempurna itulah yang kita harapkan saat membasuh anggota tubuh dengan air. Bukankah kalo wudhu kita sempurna membuat shalat kita jauh lebih sempurna?  Tapi wudhu yang sempurna bukan hanya dari tata caranya saja,  tapi juga pada pemanfaatan sumberdaya yang digunakan yaitu air.


Meskipun ayat di atas konteksnya adalah larangan untuk menghamburkan harta secara boros, tapi secara eksplisit bisa juga diartikan boros dalam hal lainnya. Allah melarang kita untuk boros,  menghambur…

Waspadai Hal Kecil Bisa Ngalangin Rezekimu

Image
Perhatikan ini baik dan baik _SEBATANG POHON DAPAT MEMBUAT JUTAAN BATANG KOREK API.
_TAPI SATU BATANG KOREK API JUGA DAPAT MEMBAKAR JUTAAN POHON.
_BISA JADI, SATU PIKIRAN NEGATIF DAPAT MEMBAKAR SEMUA FIKIRAN POSITIF.

Apapun yang terjadi dalam hidup kita,  mau itu susah, senang,  rezekinya lancar dan banyak bahkan pada saat rezeki seret pun kita sikapi dengan pikiran positif.  Pikiran positif menerima semua kejadian dengan ikhlas.  Menerima bahwa ketetapan Allah lah yang terbaik. Menerima bahwa semua yang terjadi adalah proses pendewasaan diri. Kita gak pernah bisa menghargai rezeki yang banyak jika gak pernah merasakan susah rezeki bukan? Kita anggap kesehatan biasa aja kecuali pada saat sakit mendera tubuh. Kita menganggap enteng amal ibadah kecuali saat kita ditimpa kemalangan yang terus menerus..Apapun yang dikasi Allah itu adalah bagian dari takdir. Menolak atau tidak menerimanya gak akan merubah takdir tersebut. Hanya doa yang bisa merubah takdir itupun jika Allah berkenan.
Hindari p…

Jangan Salahkan Allah Saat Doamu Gak Terkabul

Image
Pernah kah kamu memikirkan ini? Saat kau mengalami kesulitan hidup, kesulitan rezeki, menderita, merana dan kebingungan, kemana kau mengadu?Seperti kebanyakan manusia, kau berkeluh kesah pada-Nya. Menyatakan kesulitan, penderitaan dan kesusahanmu. Mengadukan kebingunganmu, mohon petunjuk, mohon kemudahan, mohon agar dilepaskan dari penderitaan. Kau menangis dihadapan-Nya, air matamu bercucuran membasahi sajadah. Tak henti doa kau panjatkan. Doa yang sekiranya bisa menguak pintu langit dan menarik semua kegundahan dan kegelisahan jiwamu.Kau memohon pada-Nya. Minta ampun dan minta dibantu. Karena kamu tahu bahwa kalo Allah udah turun tangan, maka semuanya dijamin beres.Sungguh, Allah memang Maha Mendengar setiap doa hamba-Nya. Allah sendiri yang mengatakan itu seperti sabda Rasulullah SAW berikut ini :
Namun saat semua telah terwujud. Rezeki lancar jaya, impianmu terkabul, kesusahanmu dicabut, kelapangan kembali menghiasi hidupmu. Apa yang terjadi?Kau melupakan-Nya. Kau lupa bahwa sebelumn…

Bisa Saja Rezekimu Terhenti Karena Ini

Image
Rezeki Terhenti, Jika Anda Lakukan Ini ALLAH Subhanahu wa Ta’ala telah mengatur rezeki setiap orang. Hanya saja, rezeki itu bisa saja terhambat, bahkan terhenti oleh hal-hal yang memang menghambat rezeki. Sehingga, seringkali orang merasa Allah tidak adil, sebab tidak menurunkan rezeki padanya. Padahal, hal itu terjadi karena kesalahannya sendiri. Lantas, apa yang membuat rezeki terhenti?
Tahukah anda bahwa ternyata yang dapat membuat rezeki berhenti mengalir adalah ketika seorang anak tidak pernah mendoakan kedua orang tuanya. Kok bisa?Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Hakim Rahimahullahu Ta’ala dalam kitab At-Tarikh dan Imam ad-Dailami dalam kitab Musnadul Firdaus yang berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Jika seorang anak tidak pernah mendoakan kedua orang tuanya, niscaya rezekinya akan berhenti.”Di sini tertulis jelas, jika Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menghentikan aliran rezeki kepada anak yang tidak mendoakan kedua orangtuanya. Bakti anak kepada ayah dan …

Rezekimu Ngacir Karena Kebanyakan Prasangka

Image
Jauhilah prasangka ! Allah lho yang merintahin kita untuk menjauhi segala macam prasangka. Tau kan apa itu prasangka? Persangkaan (buruk) tentang seseorang atau apa yang dilakukan orang lain. Suka "curigation", curiga dengan tingkah laku dan kata-kata orang lain. Seolah semua yang dikatakan dan dilakukan orang lain itu pasti niatnya jelek, berbahaya dan perlu diwaspadai. Padahal bisa jadi itu hanya karena "parno" aja. Orang lain gak ada niat buat melukai, menyakiti dan ngebahayain hidup kita. Emangnya orang lain kurang kerjaan apa? Sehingga harus bikin kita celaka? Hati-hati dengan prasangkaan kita yang bisa bikin orang lain terzalimi karenanya. Doanya makbul dan mudah diijabah lho !
Allah udah ngingetin kita agar jangan berprasangka, karena kebanyakan prasangka itu adalah dosa ! Artinya ada juga sebagian prasangka yang bener yang memang harus kita waspadai sebelum kita celaka dibuatnya.
Sebagian prasangka itu dosa, jelas banget kan di atas ayatnya? Emang mau hidup ka…