Posts

Showing posts with the label penghalang

Waspadai Mendermakan Pahala Secara Gak Sengaja

Image
JANGAN SIA-SIAKAN PAHALAMU“Orang-orang begitu berat untuk bersedekah kepada fakir miskin. Karena ia menyadari bahwa harta yang ia miliki didapat dengan susah payah, dengan perjuangan dan kerja keras. Sehingga enggan memberikan sebagian hartanya pada orang lain yang menurut mereka "malas". Namun amat mengherankan… ada orang yang begitu dermawan dalam "menyedekahkan" pahala. Bukankah pahala itu juga diperoleh dengan susah payah.?! Kenapa ia tidak berfikir sebagaimana fikirannya terhadap harta..?!!

Bukankah pahala lebih layak untuk dijaga ?! Karena pahala ini yang akan menemani kita sampai di depan pengadilan Allah. 
(baca : amalan yang pahalanya unlimited) Sebagian orang mendermakan pahalanya dengan cuma-cuma tanpa ia sadari, dengan mengghibahi fulan, mendzalimi fulan, merampas hak fulan. Di saat sedikit pahala amat berharga di akhirat kelak untuk memberatkan timbangan amal.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Tahukah kamu siapakah orang yang merugi itu (…

Mengapa Rezeki Kita Tertunda?

Image
KITA TAHU, TAPI SAYANG …Mungkin ada diantara anda yang merasa kok rezekiku selalu tertunda? Kok sepertinya rezekiku ogah-ogahan datangnya. Padahal aku gak pernah ninggalin sholat. Selalu mengusahakan diri beramal saleh.
Allah tak akan pernah menganiaya hamba-hambaNya. Allah demikian sayangnya pada kita sehingga  tidak ingin menyusahkan kita. Kalo akhirnya toh ternyata kita susah artinya kita sendiri yang bikin susah diri.
Kita sih pengen rezeki kita segera datangnya gak pake lama dan gak pake ditunda tapi giliran panggilan Allah kita suka lama dan menunda- nunda, kalo perlu last minute alias di waktu-waktu terakhir. (baca : keberkahan rezeki dicabut karena meremehkan shalat)
Kita sih doyannya belajar dan tau fadhilat atau keistimewaan amalan-amalan tertentu tapi sayangnya kita sekedar tahu tapi ogah dilakukan..
Kita mengetahui, bahwa pahala dua raka’at Dhuha setara dengan pahala 360 shodaqah, akan tetapi sayang, hari berganti hari berlalu begitu saja tanpa kita melakukan sholat Dhuha... (…

Membunuh Kesombongan

Image
KESOMBONGAN MEMBINASAKAN.   Seorang pria yang sedang bertamu di rumah sang Kyai tertegun keheranan. Dia melihat sang Kyai sedang sibuk bekerja sendiri menyikat lantai rumahnya sampai bersih. Pria itu bertanya:
Apa yang sedang Anda lakukan pak Kiyai ?”. Pak Kyai menjawab:
“Tadi saya kedatangan tamu yang meminta nasehat. Saya berikan banyak nasehat yang bermanfaat. Namun, setelah tamu itu pulang saya MERASA jadi orang hebat.

Kesombongan saya mulai muncul, karena itu, saya lakukan PEKERJAAN INI untuk membunuh perasaan SOMBONG.” SOMBONG adalah PENYAKIT yang sering menghinggapi kita semua, benih-benihnya kerap muncul tanpa kita sadari.
Di tingkat PERTAMA:
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR MATERI, di mana kita merasa:
~ Lebih KAYA,
~ Lebih RUPAWAN,
~ Lebih TERHORMAT dari orang lain.
Di tingkat ke~dua:
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KECERDASAN, kita merasa:
~ Lebih PINTAR,
~ Lebih KOMPETEN yg PALING BENAR, dan
~ Lebih BERWAWASAN dibandingkan orang lain.
Di tingkat ke~Tiga:
SOMBONG disebabkan ole…

Sombong Akan Amalan

Image
Penilaian yang Salah...Suatu hari di tepi sungai Dajlah, Hasan al-Basri melihat seorang pemuda duduk berdua-duaan dengan seorang perempuan.
Di sisi mereka terletak sebotol arak. Kemudian Hasan berbisik dalam hati,
"Alangkah buruk akhlak orang itu dan baiknya kalau dia seperti aku!". Tiba-tiba Hasan melihat sebuah perahu di tepi sungai yang sedang tenggelam.
Lelaki yang duduk di tepi sungai tadi terus terjun untuk menolong penumpang perahu yang hampir lemas.

Enam dari tujuh penumpang itu berhasil diselamatkan. Kemudian dia berpaling ke arah Hasan al-Basri dan berkata,
"Jika engkau memang lebih mulia daripada saya, maka dengan nama Allah selamatkan seorang lagi yang belum sempat saya tolong.
Engkau diminta untuk menyelamatkan satu orang saja, sedang saya telah menyelamatkan enam orang
". Bagaimanapun Hasan al-Basri gagal menyelamatkan yang seorang itu. Maka lelaki itu berkata padanya,
"Tuan, sebenarnya perempuan yang duduk di samping saya ini adalah ibu saya sendir…

Baik atau Burukkah Saya? Sebuah Refleksi Diri.

Image
REFLEKSI DIRI.    Terkadang kita perlu muhasabah diri untuk mencoba menyelami apa yang kita lakukan di dunia ini sebenarnya. Gak perlu malu untuk tanya jawab dengan pikiran sendiri..karena kadang kita menemukan sesuatu yang berbeda dari yang kita yakini sebelumnya..
Contohnya ini : Refleksi diri...
Teman-teman suka bilang kalo mereka senang berteman dengan saya karena saya termasuk orang baik. Saya sih seneng-seneng saja dibilang baik. Bukankah orang baik banyak rezeki? Dan itu saya rasakan sendiri, kalo baik hati kok apa-apa jadi mudah ya..?? 
Tapi....
"BAIK-KAH Saya..??" Tanya diriku suatu waktu. "Baikkah saya, walaupun selalu sholat 5 waktu serta tepat pada waktunya.?" Itu menunjukkan ketaatanku pada Sang pencipta dengan menjawab panggilanNya sesegera mungkin dan meninggalkan semua urusan duniawi."Baik kah saya" walaupun telah berhaji & umroh beberapa kali?" Bukankah ini simbol keikhlasanku untuk meraih ridhaNya dengan mengerjakan kewajiban haji me…

Jebakan Berupa Kelapangan Rezeki

Image
JANGAN TERLENA DENGAN KELAPANGAN REZEKI.  Jika ada orang yang menebar amal keburukan tapi rezeki tetap bagus, hati-hati dengan yang namanya istidraj! (baca : ahli maksiat kok rezekinya makin lancar?) Istidraj adalah suatu jebakan berupa kelapangan rezeki padahal yang diberi dalam keadaan terus menerus bermaksiat pada Allah.

Jadi ketika Allah membiarkan kita : 1. Sengaja meninggalkan shalat, padahal gak ada uzur. 2. Sengaja meninggalkan puasa, padahal sehat dan mampu. 3. Tidak ada perasaan berdosa ketika bermaksiat dan membuka aurat, seolah semua itu biasa aja. 4. Berat untuk bershadaqah, padahal kita punya banyak yang bisa diberi. 5. Merasa bangga dengan apa yang dimiliki dan menyombongkan diri. 6. Mengabaikan semua atau mungkin sebagian perintah Allah, merasa diri bakal terlepas dari azabNya. 7. Menganggap enteng perintah-perintah Allah, seolah semua itu gak penting. 8. Merasa umurnya panjang dan menunda-nunda taubat. 9. Tidak mau menuntut ilmu syar'i, dianggap kampungan dan gak modern. 10. L…

Salah Kaprah Soal Rezeki

Image
Sukses dalam Keterbatasan... Mungkin ada yang belum tau Nick Vujicic? Dia adalah motivator kelahiran Australia 4 Desember 1982. Apa istimewanya orang ini dibanding motivator kelas dunia lainnya.. Silakan perhatikan gambar di bawah ini..
Ya...anda gak salah lihat. Nick memang terlahir dengan sindrom tetra-amelia yang membuatnya lahir tanpa lengan dan kaki seperti halnya kita yang normal ini. Tapi itu gak membuat Nick jadi beban dan tanggungan orang lain. Dia berusaha bekerja dan mengejar impiannya memotivasi orang lain. Tau gak kalo si Nick ini beistrikan wanita normal dan telah menjalin rumah tangga selama beberapa tahun.
Berapa Gaji Nick Vujicic per Jam ? (Kepo hehehe). Ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Lha wong kesuksesan seseorang ya..paling gampang diukurnya lewat gaji...
Sekedar info Nick Vujicic dibayar USD 150.000 per 2 jam. (kalo di kali Rp 14.000 sekitar Rp.2,1 M, itu per 2 jam lho...)
Fantastis bukan????? Pemuda Cacat Fisik usia 34 th (tanpa lengan dan kaki ini gajiny…

Hukuman Terberat Allah Pada Seorang Hamba

Image
HUKUMAN YANG GAK BERASA...  Saya sebenarnya gak suka memandang Allah sebagai Zat yang Suka Menghukum. Saya memandang Allah sebagai Zat yang Maha Pengasih dan Penyayang kepada hambaNya. Tapi di otak kita manusia seringkali suka drama aja membayangkan kok si A banyak maksiat gak dihukum Allah, ntar neraka itu kondisinya gimana sih, trus kalo gak ibadah nanti bakal dihukum dan dilempar ke neraka selamanya? Kita suka banget ngebayangin yang serem-serem...

Ini ada cerita yang ngegambarin kondisi umum yang ada di masyarakat kita. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Seorang murid di suatu saat mengadu kepada gurunya: "Guru, betapa banyak kita berdosa pada Allah dan gak menunaikan hakNya sebagaimana mestinya, tapi saya kok gak ngelihat Allah menghukum kita?". Sang Guru menjawab dengan tenang:
"Betapa sering sebenarnya Allah menghukummu tapi kamu gak berasa aja". Si murid terperanjat, " Ah masa sih, Guru?" Sang Guru cuma senyam senyum.. "Sesungguhnya salah satu hukuman …

Beneran Nih, Gak Riya?

Image
AMALAN KEBAIKAN TIDAK PERLU DILAPORIN. Status Facebook temen-temenku di bulan puasa ini keren-keren. "Alhamdulillah belum pertengahan puasa udah namatin 30 juz." Trus yang lain nulis, "Taraweh dan shalat subuh berjamaah adalah rutinitas yang gak pernah terlupa di bulan suci ini." Yang lain lagi menulis, " Siap-siap nih buat bagi-bagiin sembako ke orang miskin di sekitar rumah" (sambil pasang foto senyum lebar dilatar belakangi orang miskin yang diberikannya sembako).



Bagus sih...artinya keimanan temen-temen saya meningkat di bulan puasa ini. Setidaknya seperti  yang dilaporin di statusnya..
Tapi apakah itu perlu?? Setiap buat amal kebajikan lapornya tuh ke Allah bukan lapor ke medsos biar dapat like dan komen yang banyak..
Kalo niatnya biar orang lain juga ikutan... itu bagus juga.
Tapi hanya buat menjaga hati agar tidak riya.. karena kalo riya mubazir deh amalannya gak dihitung ama Allah...

"Tapi bener kok niat aku bener", begitu mungkin ada yang mem…

Waspadai "Jebakan Betmen"; di Bulan Puasa

Image
Jebakan Betmen.  Pernah denger istilah Jebakan Betmen? Istilah ini populer bagi netizen terutama di situs Kaskus dimana mereka mengklik sebuah tautan yang isinya ternyata tak sesuai dengan judulnya, sehingga merasa di jebak. Lalu kenapa Betmen dibawa-bawa, konon karena itu plesetan dari bad man (manusia jahat). Selama bulan ramadhan pintu-pintu surga di buka, pintu neraka ditutup dan syaitan dirantai. Lalu mengapa kita bisa tetap melakukan dosa? Karena manusia dapat membuat pilihan yang seringkali merugikan dirinya.. inilah yang saya maksud "jebakan Betmen" di sini. Pilihan-pilihan hidup yang seringkali salah...

Untuk melihat sejauh mana manusia terjebak dalam "jebakan Betmen" dalam bulan Ramadhan yang suci ini, berikut gambaran yang indah dari Uztaz Firanda Andirja..yang saya modifikasi sedikit agar sesuai konten blog ini.
Waspada Selama Puasa Ramadhan !!
Selamat melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan, semoga dimudahkan berpuasa yang berkualitas, penuh dengan lantun…

Hati-Hati "Perampok"di Bulan Puasa

Image
WASPADAI HAL YANG MERAMPOK IBADAH ANDA. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat special karena bulan ini pintu-pintu surga di buka dan pintu-pintu neraka ditutup. Belum lagi ada fasilitas Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan. Ibadah puasa juga adalah ibadah yang sangat spesial  dan termasuk salah satu ibadah dengan pahala yang unlimited. Karena itu bulan yang special ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena belum tentu usia kita mencapai ramadhan berikutnya. 
Karena itu kita ekstra hati-hati dengan hal-hal yang bisa merubah bahkan merampok ibadah kita.



Diantaranya yaitu :

Tayangan Televisi 
Ini merupakan perampok yang paling berbahaya, yang bisa merusak puasa orang orang dan mengurangi pahala, seperti film sinetron dan iklan murahan. Lihat sendiri tayangan-tayangan TV di bulan puasa yang isinya hiburan, kegilaan, gosip artis. Mungkin ada beberapa yang isinya ceramah agama tapi hanya berapa persen dibanding tayangan yang gak bermutu.
Hati-hati dengan tayangan TV yang bisa me…