Posts

Showing posts with the label kisah

Rezeki Tak Terduga Datangnya Dari Amalan Ini

Image
KEAJAIBAN SHOLAT TEPAT WAKTU.Bismillahir-Rahmaanir-Rahim .. Kisah di bawa ini mudah-mudahan membawa manfaat...
Saya ada cerita tentang sahabat saya yang beda profesi. Dia selalu menjaga sholat diawal waktu. Apa yang terjadi? Dengan menjaga sholat wajib di awal waktu ternyata dia mendapatkan keberkahan luar biasa yang tidak pernah terbayang sebelumnya. Sahabat saya yang satu ini, profesi adalah sopir angkot. Setiap hari dia menyupir angkot dengan sistem setoran ke majikan. Setor karena angkotnya punya orang lain. Nah suatu hari, majikannya bangkrut. Karena semakin mahalnya harga bensin. Akhirnya sahabat saya ini katakanlah Udin, dia jadi tidak punya mata pencaharian. Karena angkot majikannya sudah dijual. Karena Udin bukan tipe orang yang gampang putus asa, akhirnya dia mencari pekerjaan lain. Dipilihlah becak sebagai jalan ikhtiarnya. Karena hanya berprofesi sebagai tukang becak, kehidupannya pun sangat sederhana kalau tidak mau dikatakan kurang. Dia tinggal bersama tiga putri dan seoran…

Sebiji Kurma Penghalang Rezeki

Image
SEBUTIR KURMA PENGHALANG DOA. Usai menunaikan ibadah haji, Ibrahim bin Adham berniat ziarah ke mesjidil Aqsa. Untuk bekal di perjalanan, ia membeli 1 kg kurma dari pedagang tua di dekat mesjidil Haram. Setelah kurma ditimbang dan dibungkus, Ibrahim melihat sebutir kurma tergeletak didekat timbangan. Menyangka kurma itu bagian dari yang ia beli, Ibrahim memungut dan memakannya. Setelah itu ia langsung berangkat menuju Al Aqsa. Empat bulan kemudian, Ibrahim tiba di Al Aqsa. Seperti biasa, ia suka memilih sebuah tempat beribadah pada sebuah ruangan di bawah kubah Sakhra. Ia shalat dan berdoa khusuk sekali.

Tiba tiba ia dimampukan Allah, dapat mendengar percakapan dua Malaikat tentang dirinya. “Itu, Ibrahim bin Adham, ahli ibadah yang zuhud yang doanya selalu dikabulkan ALLAH SWT,” kata malaikat yang satu. “Tetapi sekarang tidak lagi, doanya ditolak karena 4 bulan lalu ia memakan sebutir kurma yang jatuh dari meja seorang pedagang tua di dekat mesjidil haram,” jawab malaikat yang satu lagi. Ibr…

Mau Beroleh Kemudahan Dalam Hidup?

Image
Kisah Seorang bocah Amsterdam.Bismillah. Saya minta anda untuk meluangkan sedikit waktu untuk membaca kisah ini. Kisah yang Insya Allah bisa menginspirasi kita demi mengejar hidup berkah dan bermanfaat. Setiap habis jumatan setiap minggunya, Sang imam (masjid) dan putranya (yang kala itu berumur 11 tahun) memiliki tugas membagikan buku–buku Islam, diantaranya buku ath-Thoriq ilal Jannah (Jalan Menuju Surga) kepada jamaah maupun orang di sekitar mesjid. Mereka juga membagikannya di daerah mereka, di pinggiran Kota Amsterdam.

Suatu hari ketika kota tersebut diguyuri hujan yang sangat lebat dengan suhu udara yang sangat dingin menusuk tulang. Sang anakpun seperti biasa mempersiapkan dirinya dengan memakai beberapa lapis pakaian demi mengurangi rasa dingin.
Setelah selesai mempersiapkan diri, ia berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku, aku telah siap." Ayahnya berkata, "Siap untuk apa, anakku?" Ia melanjutkan, "Untuk melakukan tugas, membagikan buku (seperti biasanya).&q…

Pelajaran Dari Sehelai Pakaian Bekas

Image
Jangan remehkan pakaian bekas. SEORANG anak berkulit hitam, lahir di daerah kumuh Brooklyn, New York, ia melewati kehidupannya dalam lingkungan miskin dan penuh diskriminasi. Suatu hari ayahnya memberikan sehelai pakaian bekas kepadanya. “Menurutmu, berapa nilai pakaian ini?” tanya ayahnya. Ia menjawab, “Mungkin 1 USD ” “Bisakah dijual seharga 2 USD? Jika berhasil, berarti engkau telah membantu ayah dan ibumu,” ujar Ayahnya. “Saya akan mencobanya,” tanggap sang anak Lalu dia membawa pakaian itu ke stasiun kereta bawah tanah dan menjual selama lebih dari enam jam, akhirnya ia berhasil menjual 2 USD dan berlari pulang.



Kemudian, ayahnya kembali menyerahkan sepotong pakaian bekas kepadanya, “Coba sekarang kau jual seharga 20 USD?” “Bagaimana mungkin? Pakaian ini paling hanya 2 USD,” sahutnya kepada sang Ayah. Ayahnya berkata, “Mengapa engkau tidak mencobanya dulu?” Akhirnya, ia mendapatkan ide. Ia meminta bantuan sepupunya untuk menggambarkan seekor Donald Duck yang lucu dan seekor Mickey Mouse ya…

Rezeki Bak Koin Penyok

Image
Rezeki dan Koin Penyok. Hari itu matahari bersinar dengan teriknya. Tampak di kejauhan seorang lelaki berjalan gak tentu arah dengan rasa putus asa. Keliatan banget dari rona wajahnya kalo pikirannya lagi kalut kek benang kusut. Apa gerangan yang ngeganggu pikirannya?

Ternyata kondisi keuangannya lagi morat-marit. Udah berapa hari ini dia gak ada kerjaan, gak dapet duit. Sementara kebutuhan hidup makin banyak, terbayang isteri dan anaknya di rumah. Mau ngutang lagi udah malu. Saat menyusuri jalanan sepi, kakinya terantuk sesuatu. Dengan penuh rasa ingin tau dilihatnya sebuah logam yang bersinar kena pantulan sinar matahari. Dengan penuh harap ditatapnya benda itu. Lalu ia membungkuk dan menggerutu kecewa. "Uh, hanya sebuah koin kuno yang sudah penyok".
Meskipun begitu ia membawa koin itu ke bank. Kali-kali aja bisa dituker dengan koin beneran. Sesampainya di sana, seorang teller menyambutnya dengan ramah. Tapi harapannya langsung buyar saat teller itu bilang kalo koin itu gak b…

Jika Berusaha Pasti Bisa

Image
Ganbareba dekiruCerita ini mungkin bisa menjadi motivasi bagi pembaca agar gak kenal lelah mengejar impiannya. Saya ceritakan kembali sesuai pengalaman orangnya...


Sambil menunggu meeting di mulai, saya menyempatkan untuk sarapan di Kantin Humber Collage, Toronto. Jam sudah menunjukkan pukul 8 pagi tetapi matahari masih malu menunjukkan dirinya. Selain karena malam sebelumnya, Toronto diguyur hujan dan subuh hari suhu udara sampai -80 C, dimusim dingin memang matahari selalu terlambat memunculkan sinarnya. Sambil makan french toast dan secangkir kopi, saya menelpon anak perempuan saya di Makassar dengan fasilitas Whatsapp audio karena yakin jam 20.00 malam, anak saya belum tidur. Seperti biasa kami berbicara dalam bahasa Jepang (penulisnya adalah Doktor lulusan Jepang-red). 
Tanpa saya sadari seorang mahasiswi memperhatikan percakapan saya dengan Vanya. Pas selesai bicara si mahasiswi ini menegur dan bertanya “Nihonggo saberemasuka” (bisa berbicara bahasa Jepang yah?). Saya menjawab “ha…

Allah Takkan Membiarkan Kita Kekurangan

Image
Kisah Pembelajaran Yang Menggetarkan. Disebuah desa yang subur hiduplah 2 orang lelaki yang bersaudara. Sang kakak telah berkeluarga dan dikaruniai 2 orang anak, sedangkan si adik masih melajang, menunggu dipertemukan dengan pasangan sejiwanya.
Mereka mewarisi tanah warisan dan menggarap satu lahan berdua dan ketika panen, hasilnya mereka bagi sama rata.


Pada suatu malam setelah panen, si adik duduk sendiri dan berfikir. Pembagian ini sungguh tidak adil, seharusnya kakakku lah yg mendapat bagian lebih banyak karena dia hidup dengan istri dan kedua anaknya. Sementara dirinya hanya seorang saja karena masih single dan belum memiliki tanggungan. Akhirnya ia mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu. Di malam yang sunyi itu diam-diam dia menggotong satu karung padi miliknya dan meletakkannya dilumbung padi milik kakaknya.
Sementara itu ditempat lain, sang kakak juga berpikir, pembagian ini adil jika adiknya mendapat bagian yang lebih banyak darinya, karena ia hidup sendiri. Jika terjadi apa-…

Ciri Ciri Orang Cerdas (dan Murah Rezeki)

Image
ORANG CERDAS.                                    Cerita ini bisa saja fiktif tapi banyak hal yang bisa kita pelajari darinya. Diceritakan kalo seorang musafir lewat di suatu kampung. Ia melihat penduduk kampung lagi berkumpul rame banget. Ada apa ya..?? (biasalah sifat manusia suka kepo).


Kalo liat dari sekilas sih mereka sepertinya lagi mengadakan musyawarah besar. Setelah mencari tahu sana sini, ternyata penduduk kampung itu lagi membicarakan siapa yang bersedia ditunjuk menjadi ketua kampung. Ia jadi heran, kenapa orang-orang ini justru mencari siapa yang mau menjadi pemimpin, karena kalo menurut kebiasaan sih, orang malah rebutan untuk jadi pemimpin. Kalo perlu kampanye hitam dan ngejelekin lawan...

Usut punya usut ternyata ada suatu tradisi aneh di kampung itu. Kalo seorang pemimpin yang terpilih telah selesai menjalankan tugas, ia bakal dibuang ke suatu tempat yang sangat berbahaya (bener...tradisi aneh, apa salah dan dosanya pemimpin itu sampe harus dibuang ya?). Anyway... lanjut te…

Rezeki Itu yang Penting Mengalir

Image
Kedelai dan KulitnyaKonon ada seorang fakir miskin yang setiap hari melewati jalan-jalan di Madinah. Di sepanjang jalan, dia sering melihat orang-orang begitu lahapnya makan daging. Diapun merasa sedih karena keterbatasan ekonomi dia jarang sekali bisa makan daging, gak mampu beli. Begitu terus setiap harinya dia selalu saja melihat pemandangan yang sama dan pulang ke rumahnya dengan hati mendongkol. Sesampai di rumah, istrinya yang sabar dan setia menyuguhkan kedelai rebus. Dengan hati terpaksa, dia memakan kedelai itu seraya membuang kupasan kulitnya ke luar jendela. Dia sangat bosan dengan kedelai. Hampir tiap hari dia memakannya. Mau juga sekali-kali dia makan makanan lain, tapi gak sanggup beli. Kemiskinan membuatnya merasa terbatas..
Dia berkata pada istrinya :“Bagaimana hidup kita ini...? Orang-orang makan daging, sementara kita masih makan kedelai.” Seolah menyesali nasibnya, merasa dirinya adalah manusia paling malang yang pernah ada di muka bumi. Karena merasa kesal dengan hidu…