Posts

Showing posts with the label cerita

Hidup Bukan Melulu Soal Menang Kalah

Image
CATATAN YANG MENGINSPIRASI.  COMPETITION vs COOPERATION (KOMPETISI VS KERJASAMA) Cerita ini dikisahkan oleh orang Indonesia yang memiliki kesempatan tinggal di Amerika. Dan mulai bertutur bagaimana perbedaan lingkungan sekolah anak-anak di sana dan anak-anak kita di Indonesia. Ini kisahnya : Jumat lalu, kedua anak saya menerima Report Card dari sekolahnya sebuah Elementary School (SD) di Amerika(semacam rapor kalau di Indonesia). Melihat keduanya mendapat nilai-nilai yang sangat bagus, mata saya mencari-cari sesuatu yang lazim di rapor anak sekolah di Indonesia. Anehnya kok tidak tercantum info tentang ranking?

Karena penasaran, saya tergoda bertanya ke salah satu gurunya... “Anak saya ranking berapa, Ms. B?” Bukannya menjawab, eh dia malah balik nanya ke saya,
Kenapa Anda orang Asia selalu nanya seperti itu?” Sejujurnya saya kaget dengan pertanyaan balik itu. Gak menyangka bakal ditanya seperti itu oleh gurunya anak-anak. Emang gak salah kan ya nanya? Tapi tetapa aja saya bengong dibuatnya.

Apapun Bisa Diwujudkan

Image
ORANG INI LUAR BIASA.  Kisah Pemuda Pekalongan yang Mengharukan. Mochammad Khamim Setiawan (28) bukan nama terkenal, bukan artis, bukan politisi dan bukan pejabat terkenal, dia bukan siapa-siapa.
Bukan juga orang kaya atau orang penting di negeri ini. Sehingga membaca namanya bisa saja diabaikan.
Dia hanyalah pemuda biasa asal Pekalongan.
Tapi keberanian dan semangatnya, sampai membuat orang luar negeri terperangah. Ya, nama Mochammad Khamim Setiawan tiba-tiba nongol di media yang berbasis di Dubai, Khaleejtimes. Apa yang dilakukannya?

Luar biasa dan mengharukan yang dilakukan Khamim ini. Dia bertekad naik haji dengan jalan kaki, dari Pekalongan ke Arab Saudi! Wow, mana mungkin!! Begitu mungkin pikiran saya dan kebanyakan dari kita. Khamim memulai perjalanannya dari Pekalongan pada 28 Agustus 2016 lalu.  Ia melewati berbegai negara dengan berjalan kaki, terkecuali menyeberangi lautan atau selat, yang tak mungkin dilakukannya tanpa naik ferry atau kapal.
Istirahat di masjid, menumpang di rum…

Tabiat Ular dan Ulat

Image
BERPUASALAH SEPERTI ULAT. Bulan ramadhan telah berlalu, masa-masa berpuasa dan mengintenskan ibadah telah lewat. Tapi tulisan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Lagipula ahlak dan konsistensi ibadah yang kita lakukan saat ramadhan harusnya terus berlanjut dan justru efeknya harus terlihat di 11 bulan lainnya.

Bukan hanya puasa ramadhan yang memang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah akil baligh, bahkan kita pun disunahkan untuk berpuasa di luar bulan ramadhan. Keunggulan puasa sudah diteliti oleh ilmuwan, bagaimana puasa bisa menyembuhkan penyakit dan sederet manfaat lainnya.

Kewajiban puasa sesungguhnya tidak hanya diwajibkan kepada manusia saja. Beberapa jenis makhluk hidup melakukan puasa sebelum demi keberlanjutan dan kelangsungan hidupnya. Banyak contoh, misalnya puasanya induk ayam yang mengeram sehingga mengubah telur menjadi makhluk baru yang menetas menjadi anak ayam.

Di antara sekian banyak puasa hewan yang dapat kita ambil pelajaran agar puasa kita mencapai deraj…

Wanita Yang Cemburu

Image
Bangga menjadi wanitaTerlepas dari sejarah masyarakat Arab jahiliyah yang mengubur hidup-hidup anak wanitanya karena malu, sehingga datang Islam yang memuliakan wanita, pada dasarnya wanita adalah mahluk yang luar biasa. Wanita adalah mahluk istimewa. Mereka bisa menjadi pembawa rezeki untuk suaminya. Jika diperlakukan dengan benar isteri akan menjadi surga dan rezeki utama suaminya.


Wanita adalah mahluk terindah...semua yang nampak di dirinya enak dilihat. Wanita juga bisa menjadi rezeki bagi orang di sekitarnya. Karenanya menjadi wanita itu membanggakan.
Mengapa harus bangga? Karena jadi wanita mudah masuk surga.. Syaratnya "cuma" shalat yang bener, puasa di bulan ramadhan, menjaga diri dan mentaati suami...

Duhai ukhtyfillah yang dimuliakan Allah. Mampukah amalan membuat kita mudah melangkah ke Syurga-Nya? Apa yang membuat kita sulit untuk menjaga aurat saat keluar rumah ? Hanya mencari busana yang nyaman yang diperintahkan syariat. Mengapa masih memilih berbusana minim terbuk…

Jangan Mencari Kesempurnaan

Image
Menarik untuk direnungkan.    Suatu hari, Kahlil Gibran bertanya kepada gurunya:
"Bagaimana caranya agar kita mendapatkan sesuatu yang paling sempurna dalam hidup?" Sang Guru menjawab:
"Berjalanlah lurus di taman bunga, lalu petiklah bunga yang paling indah menurutmu dan jangan pernah kembali ke belakang"



Setelah berjalan dan sampai di ujung taman, Kahlil Gibran kembali dengan tangan hampa, lalu Sang Guru bertanya:
"Mengapa kamu tidak mendapatkan bunga satu pun?" Gibran menjawab:
"Sebenarnya tadi aku sudah menemukannya tapi aku tidak memetiknya, karena aku pikir mungkin yang di depan ada yang lebih indah. Namun ketika aku sudah sampai di ujung, aku baru sadar bahwa yang aku lihat tadi adalah yang TERINDAH  dan aku pun tak bisa kembali ke belakang lagi ..!"
Sambil tersenyum, Sang Guru berkata:
"Ya, itulah hidup .. semakin kita mencari kesempurnaan, semakin pula kita tak akan mendapatkannya, karena sejatinya kesempurnaan yang hakiki tidak pernah …

Antara Dian Sastro, Ibu Moor dan Menteri Susi

Image
Numpang lewat... Semoga bisa jadi inspirasiTulisan ini adalah buah pikir motivator Indonesia, Rhenald Kasali. Membandingkan 3 wanita hebat yaitu Mooryati Soedibyo (usahawan brand kecantikan terkenal), Dian Sastro (artis), dan Susi Pudjiastuti (menteri wanita pemberani) bukan perkara gampang. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Tapi inti tulisan ini bukan membandingkan untuk menentukan siapa yang "paling hebat" di sini tapi untuk belajar dari mereka, menggali semangat kesuksesan agar bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Rezeki pasti dibagi Allah tapi sukses itu diciptakan.  Rhenald Kasali kebetulan mentor bagi dua orang ini: Dian Sastro dan Mooryati Soedibyo. Akan tetapi, pada Susi Pudjiastuti yang kini memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan, Rhenald malah merasa justru belajar banyak hal darinya. Ketiganya perempuan hebat, tetapi selalu diuji oleh sebagian kecil orang yang mengaku pandai. Entah ini stereotyping (pengkategorian yang sangat subjektif) 
baca :

Adakah Allah Bagimu?

Image
DIMANAKAH ALLAH.?Alkisah suatu saat, seorang kakek yang hadir dalam sebuah pengajian yang dipimpin oleh seorang ustad muda, bertanya: "Anakku... Tadi anakku menyampaikan ceramah tentang aqidah, tentang اللّـہ , boleh kakek bertanya, dimanakah اللّـہ itu?".
Sebuah pertanyaan yang membuat sang ustadz muda itu bingung.... sangat dalam sekali.

Saat itu pula ia teringat pesan gurunya, jika ada yang bertanya... dimana pertanyaan itu sifatnya bukan karena ingin tahu atau ingin sekedar menguji dan kita tidak tahu jawabannya maka berikanlah jawaban seperti ini "Sesungguhnya orang yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.." (mal mas-ul a'lamu minas saa-il).
Kakek itupun manggut-manggut... sambil tertunduk beliau bertanya lagi... "Anakku, coba ambilkan pelita itu (sebuah kaleng cat minyak yang berisi minyak tanah dan diberi api di sumbunya)...
Boleh kakek bertanya... Kapan pelita ini disebut pelita?".
Kembali sang Ustad memberikan jawaban:
"Kakek.... …

Inilah Ironi Kehidupan

Image
PEMBELAJARAN LEWAT KEBUN BINATANG.     Saya lagi semangat bercerita yang berurusan dengan binatang. Tulisan yang lalu saya membahas tentang monyet. Sekarang tulisan ini membahas tentang kebun binatang.. Pada suatu masa ada seorang yang suka sekali dengan binatang sehingga mengoleksi beberapa binatang peliharaan. Sehingga suatu ketika koleksinya semakin banyak dan binatangnya terus berkembang biak sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Mulailah dia memutar otak mencari cara bagaimana menyelamatkan binatang peliharaannya itu. Sampai diapun memikirkan untuk membuka bisnis kebun binatang. 
(baca : bagaimana menjalankan usaha agar terus mendatangkan rezeki?)

Di pintu masuknya, dia menulis  karcis masuk, Rp 100.000/orang. Dipikirnya itu adalah harga yang pantas untuk masuk menikmati koleksinya tersebut. Tapi ditunggu seharian tak ada satu orangpun yang mau masuk membeli karcis..... Karena beberapa lama  tidak ada pengunjung maka harga ticketpun ia  turunkan menjadi Rp 70.000..…

Betapa Curangnya Kita !

Image
Puisi WS Rendra yang mengharu birukan perasaan..Puisi ini konon puisi terakhir almarhum penyair WS Rendra, yang beliau buat sesaat sebelum beliau wafat. Tulisan ini sangat viral di medsos sehingga sayang jika kita gak memetik pelajaran darinya..



Hidup itu seperti *UAP*,  yang sebentar saja kelihatan, lalu lenyap !!
Ketika Orang memuji *MILIKKU*,
aku berkata bahwa ini *HANYA TITIPAN* saja. Bahwa mobilku adalah titipan-NYA,
Bahwa rumahku adalah titipan-NYA,
Bahwa hartaku adalah titipan-NYA,
Bahwa putra-putriku hanyalah titipan-NYA ... Tapi mengapa aku tidak pernah bertanya,
*MENGAPA DIA* menitipkannya kepadaku?
*UNTUK APA DIA* menitipkan semuanya kepadaku. Dan kalau bukan milikku,
apa yang seharusnya aku lakukan untuk milik-NYA ini?
Mengapa hatiku justru terasa berat, ketika titipan itu diminta kembali oleh-NYA? Malahan ketika diminta kembali,
_kusebut itu_ *MUSIBAH,*
_kusebut itu_ *UJIAN*,
_kusebut itu_ *PETAKA*,
_kusebut itu apa saja ..._
Untuk melukiskan, bahwa semua itu adalah *DERITA…

Butuh Kualifikasi Tinggi Untuk Jadi Ibu.

Image
Jadi Ibu itu tak mudah.   Anak itu rezeki. Itu sebabnya beberapa artikel di sini berkaitan dengan anak. Bagi anda yang berpredikat ibu, pasti paham kata-kata saya. Jadi ibu itu tidak mudah tapi juga bukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Seorang ibu insya Allah tidak ada NIAT untuk menjerumuskan anaknya ke sesuatu yang mudharat apalagi *SENGAJA* ingin mencelakakan anak-anaknya dunia dan akhirat. Tapi... seorang ibu tanpa bekal agama saat mendidik anak sangat mungkin melakukan hal yang sebaliknya...


Perhatikan fenomena ini...
Berapa banyak justru seorang ibulah yang menyuruh anaknya yang masih kecil belajar naik motor atau naik mobil dan bangga saat si kecil yang belum layak untuk bawa kendaraan atau punya SIM sudah bisa nganter ke pasar. Berapa banyak justru seorang ibulah yang menyuruh anak gadisnya dandan cantik setiap keluar rumah dan bangga saat anaknya memiliki pacar. Yakin kalo putrinya gak bakal jadi perawan tua karena "gak laku". Berapa banyak justru seorang ibulah yan…

Syukurilah Pagimu, Karena Banyak Yang Gak Beruntung Di Pagi Hari

Image
CERITA PAGI YANG BERBEDA Setiap pagi aktivitas semua orang dimulai, waktu tersibuk untuk bersiap-siap melakukan aktivitas sehari-hari.. Sarapan sekedarnya bahkan banyak yang 
Tapi cobalah merenung sejenak...


Sadar gak...
Di pagi hari, di antara saudara kita ada yang tidak punya makanan.  Ia butuh bersusah payah untuk mendapatkan nikmatnya sarapan pagi.
Mereka yang tidur di emperan, di bantaran kali bahkan juga mereka yang sedang terbaring sakit dengan segala selang di tubuhnya. Di pagi hari, di antara saudara kita ada yang merasa benar-benar ketakutan. Ia khawatir bom dan rudal menimpa dan meruntuhkan rumahnya, dan membunuh jiwanya.
Mereka yang kebetulan berada di negara yang porak poranda karena perang saudara, karena pendudukan negara lain atasnya. Di pagi hari, di antara saudara kita ada yang menanti ajal menghampiri. Ia berbaring lemah di rumah sakit, bergerak sangat sulit, meski sekadar untuk makan dan minum.
Mereka yang harus berjuang untuk tetap hidup, mengalahkan penyakit yang mengger…