Posts

Showing posts with the label amalan

Mendulang Rezeki di Usia 40-an

Image
BERKAH DI USIA 40 TAHUNRezeki bukan hanya berupa uang, barang atau harta. Rezeki itu luas. Umur pun juga rezeki. Bagi mereka yang cukup beruntung mencapai usia 40-an tahun perhatikan hal-hal di bawah ini. Ada apa di usia 40 tahun?



1. Puncak masa remaja
Umur 40 tahun merupakan puncaknya masa remaja… ibarat kita sedang di puncak gunung lalu setelah itu kita akan berjalan turun, apakah lambat atau cepat untuk sampai tujuan (alam kubur)… Rasulullah diangkat menjadi Rasul di usia ini. Usia ini harusnya sudah bisa lebih berpikir jernih, mau diapakan hidupnya selanjutnya? Apakah masih mau bersenang-senang atau mau berpikir waras..? (baca : meraih rezeki lewat umur)

2. Perlu waspada.
Umur 40 tahun berada pada persimpangan jalan terakhir, apakah akan lebih baik atau malah lebih buruk ketika di akhir perjalanan kehidupannya karena umur umat nabi Muhammad antara 60 hingga 70 tahun atau lebih dari itu… Orang yang terbaik adalah yang bisa memanfaatkan umur dengan baik.

3. Harus lebih cerdas.
Umur 40 tah…

Hujan Rezekiku

Image
Doa-doa Pilihan Musim Hujan Saya menyebut bulan ini sebagai April basah, karena hujan masih terus setia membasahi alam. Mengapa tulisan ini saya beri judul Hujan Rezekiku? Agar kita bisa menikmati hujan dengan mengumandangkan pujian pada Penciptanya. Kita gak boleh mencela mahluk karena dengan begitu kita mencela Penciptanya. Saat hujan adalah saat yang tepat untuk berdoa karena kata Rasulullah SAW, “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.

Saat hujan turun gak perlu ngeluh dan dongkol. Apalagi mencela, termasuk mencela cuaca "wah hujan lagi, ato hujan terus.....", adalah salah satu dari 4 sikap yang menjauhkan rezeki. Sebagai seorang muslim alangkah baiknya jika senantiasa mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah dengan membaca doa ketika hujan. Berikut ini doa-doa ketika hujan sesuai dengan kondisinya;

Kalo melihat langit mendung, gelap dan sepertinya sebentar lagi baru turun hujan, ha…

Doa Ibu, Jalan Tersingkat Bahagia Dunia Akhirat

Image
DOA IBU ITU DAHSYAT.Pada artikel tips membentuk anak saleh, admin sudah menulis tips-tips yang perlu dilakukan orangtua, utamanya ibu, jika ingin anak-anaknya saleh / salehah. Tips sederhana dan gak pake ribet juga ditunjukkan oleh cerita berikut ini.


Dr Fauzia Addabbus, seorang psikolog yang amat populer di Kuwait pernah menulis di Twitter tentang rahasia doa seorang Ibu jika tiap malam ia mendoakan anak-anaknya, dan ternyata efek dari twitter itu menjadi viral dan telah mengubah jalan hidup banyak orang........

Isi twitternya sebenarnya sederhana saja :
" Aku bersumpah demi Allah.... wahai setiap Ibu, agar jangan tidur tiap malam sebelum engkau memohon pertolongan Allah dan mengabariNya bahwa engkau Ridho atas anak-anakmu seridho-ridhonya, dan aku bersumpah demi Allah.... agar engkau tidak menghijab/menghalangi RidhoNya kepada anak-anakmu.
Dan aku memintamu wahai para ibu agar jangan engkau tidur tiap malam sebelum kau angkat kedua tanganmu sambil menyebut satu persatu nama ana…

Rezeki Itu yang Penting Mengalir

Image
Kedelai dan KulitnyaKonon ada seorang fakir miskin yang setiap hari melewati jalan-jalan di Madinah. Di sepanjang jalan, dia sering melihat orang-orang begitu lahapnya makan daging. Diapun merasa sedih karena keterbatasan ekonomi dia jarang sekali bisa makan daging, gak mampu beli. Begitu terus setiap harinya dia selalu saja melihat pemandangan yang sama dan pulang ke rumahnya dengan hati mendongkol. Sesampai di rumah, istrinya yang sabar dan setia menyuguhkan kedelai rebus. Dengan hati terpaksa, dia memakan kedelai itu seraya membuang kupasan kulitnya ke luar jendela. Dia sangat bosan dengan kedelai. Hampir tiap hari dia memakannya. Mau juga sekali-kali dia makan makanan lain, tapi gak sanggup beli. Kemiskinan membuatnya merasa terbatas..
Dia berkata pada istrinya :“Bagaimana hidup kita ini...? Orang-orang makan daging, sementara kita masih makan kedelai.” Seolah menyesali nasibnya, merasa dirinya adalah manusia paling malang yang pernah ada di muka bumi. Karena merasa kesal dengan hidu…

Uang Misterius, Makin Dibelanjakan Makin Bertambah

Image
Uang Misterius...Seorang Miliarder Hong Kong bernama Li Ka-Shing berkata "Di Dunia Ini Ada 3 Jenis Uang Misterius, Semakin Kamu Habiskan, Semakin Banyak Kamu Dapat! Apa itu uang misterius???

1. UANG  UNTUK INVESTASI DIRI
Uang yang harus dikeluarkan untuk belajar dan mengembangkan diri ! Contohnya gak jauh-jauh lah, Om Bill Gates, yang masih memegang rekor sebagai manusia terkaya di planet ini. Kalau hari ini kamu membuang Bill Gates ke pedalaman Afrika, dan ditinggalin tanpa uang sepeser-pun, percayalah, dengan cepat, Bill Gates akan kembali kaya lagi. (baca : Ini dia jamu tolak miskin)
Ini karena semua modal dia, ada di otaknya. Jika otak miskin, hidup-pun akan miskin,
dengan kata lain, mengeluarkan uang untuk otak sendiri, adalah investasi yang paling aman, kemana saja gak bakal kelaparan.  Kalo kamu bilang, " Boro-boro ! Buat makan sehari-hari aja gak cukup, banyak utang, mana ada uang untuk belajar lagi? Lagian, udah belajar pun gak langsung kelihatan hasilnya!"

Orang sem…

Solusi Al Quran Untuk Masalah Sempit Rezeki

Image
Carilah solusi dari Al Quran. Saudaraku
Jika kamu diuji dengan syahwat dan hawa nafsu, periksalah sholatmu. Seperti yang dikemukakan dalam Al-Quran, Surat Maryam: 59

ﻓَﺨَﻠَﻒَ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِﻫِﻢْ ﺧَﻠْﻒٌ ﺃَﺿَﺎﻋُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ ﻭَﺍﺗَّﺒَﻌُﻮﺍ ﺍﻟﺸَّﻬَﻮَﺍﺕِ ۖ ﻓَﺴَﻮْﻑَ ﻳَﻠْﻘَﻮْﻥَ ﻏَﻴًّﺎ
“Maka datang sesudah mereka suatu keturunan yang mereka telah melalaikan sholat dan memperturutkan syahwat hawa nafsunya” 
Puncak kerusakan di muka bumi ini adalah karena manusia terjebak untuk mengikuti bujukan setan, bujukan agar memperturutkan hawa nafsu. Ditambah lagi mereka mulai melalaikan shalat. Menganggap shalat sebagai rutinitas dan penggugur kewajiban belaka. Lupa bahwa shalat adalah sarana komunikasi dengan Sang Pemberi Rezeki, Allah Azza wa Jalla.. 

Kesempitan hidup yang banyak dialami oleh manusia semuanya disebabkan oleh hawa nafsu yang tak bisa dikontrol. Perhatikan perumpamaan yang dikatakan Al Quran bagi mereka yang mengikuti hawa nafsunya, seekor anjing yang menjulurkan lidah..seperti pada ayat berikut i…

Kiat-Kiat Agar Murah Rezeki

Image
Jangan Enggan Berbagi Agar rezekinya murah alias gampang masuknya resepnya mudah saja.  Pancing rezeki datang dengan sedekah. Kalo mau sesuatu ya harus ngasi sesuatu dulu. Kalo mau kebaikan ya bikin kebaikan dulu. Jangan pelit dan enggan berbagi. Bukankah dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain? 
Sedekahnya pun gak perlu nunggu ikhlas apalagi nunggu kaya.  Keburu mati! Pokoknya begitu ada kesempatan berbagi gak pake mikir ato kontemplasi dulu,  langsung lakukan.  Ntar keburu dibujuk setan untuk membatalkan sedekah itu. Gak perlu ribet sih, misalnya kayak gini :Letakkanlah sedikit makanan dan semangkuk air di luar rumah untuk kucing atau binatang lainnya yang datang mencari makan. Kalo kita ingin dipermudah jalannya,  permudah juga jalan mahluk Allah. Kita gak bakal kelaparan hanya karena menyisihkan sedikit makanan untuk mahluk Allah lainnya. Hadits Rasulullah " Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaika…

Kembalikan Aku Ke Dunia ! Aku Mau Bersedekah !

Image
KENAPA SI MATI LEBIH MEMILIH UNTUK BERSEDEKAH SEANDAINYA DIA DIKEMBALIKAN KE DUNIA? Perhatikan firman Allah SWT dalam Surah Al Munafiqun ayat 10 berikut ini.
Di ayat ini Allah menjelaskan bagaimana keadaan orang yang sudah mati merengek-rengek kepada Allah agar bisa dikembalikan ke dunia agar dia bisa bersedekah. Meskipun ini gak mungkin, tapi tetap yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa mesti sedekah?? Sedangkan banyak ibadah lainnya juga. Kenapa si mati minta dihidupkan kembali agar bisa melakukan sebuah amalan yaitu sedekah. Apa istimewanya sedekah ini???Perhatikan di ayat ini dia gak bilang "Supaya aku dapat mengerjakan umrah berkali-kali" atau "supaya aku dapat solat dengan khusyu" atau "supaya aku dapat berpuasa yang rajin"?Seorang ulama berkata, "Tidaklah seseorang yang telah mati itu menyebut untuk bersedekah melainkan karena kehebatan pahala yg telah dilihatnya selepas kematiannya.."Maka hendaklah kamu perbanyak sedekah karena sesungguh…