Posts

Showing posts with the label amalan

Ayah, Ingatlah Ini!

Image
ARTIKEL KE 692Pesan buat para ayah..Akhir-akhir ini saya sangat suka sekali menulis tentang ayah. Karena ayah bisa menjadi rezeki dan bisa menjadi bencana bagi keluarganya. Banyak hal yang harus ayah renungkan, banyak hal yang harus ayah pelajari, kalo keluarga tidak butuh ayah jika hanya berfungsi untuk mencari rezeki/nafkah. Fungsi ayah jauh lebih penting dari itu. Allah membagikan rezeki keluarga lewat rezeki para ayah. Dan ayah harus mendayagunakan rezeki itu agar bermanfaat bagi diri dan keluarganya...

Sesungguhnya, hanya ada 2 agama di dunia ini : 1. AGAMA ALLAH : Fitrah manusia dalam penciptaannya untuk selalu mencari Tuhan. Ingat bagaimana kisah nabi Ibrahim as yang tak kunjung lelah mencari Tuhan? Karena itu fitrah manusia, sudah ada dalam sel yang merupakan unit terkecil dari tubuh manusia.
2. AGAMA ORANG TUA : Agama yg diajarkan oleh orang tua kepada anaknya. Hati-hati dengan hal ini. Boleh jadi, orang tua adalah 'penjahat' pertama bagi anak manusia, karena doktrin '…

Semua Bisa Kaya dan Masuk Surga, Kecuali....

Image
Artikel ke 689  Mereka Hanyalah Motivator  Tulisan ini judulnya sangat menjanjikan, yaitu semua orang bisa kaya (cita-cita dunia) dan masuk surga (cita-cita utama), kecuali.... BAGI YANG GAK MAU ! Emang ada orang yang gak mau kaya dan ogah masuk surga? Ada lah ! Mereka yang kerjanya hanya berangan-angan saja, bermimpi jadi kaya, tapi gak melakukan apa-apa, gak ikhtiar, gak kerja apalagi berdoa. Berharap uang bakal jatuh dari langit. Mereka yang selama di dunia kerjanya maksiat melulu, jadinya panen dosa bukan panen pahala... ya surga pasti makin menjauh karenanya.
Ketika ngikutin seminar motivasi untuk sukses, kita gak seketika langsung jadi sukses setelah seminar selesai (baca : rajin ikut seminar kekayaan kok gak kaya-kaya?). 


Atau waktu baca buku motivasi biar cepat kaya, gak pake lama karena udah bosan miskin. Tapi tetap juga gak bisa langsung kaya seketika setelah buku dibaca sampe khatam. Karena kaya, sukses apalagi masuk surga itu butuh lebih dari sekedar bacaan dan seminar... Seh…

Dahsyatnya Zikir Ini

Image
ARTIKEL KE 686  LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAH Bagi seorang  muslim kalimat Hawqalah yaitu lafaz ‘'Laa hawla wa laa quwwata illaa billah Tentu bukan hal yang baru. Ucapan yang artinya mengagungkan kebesaran dan kekuatan Allah dari manusia yang serba terbatas ini sering kali terlontar secara spontan ketika seseorang dalam kondisi sulit rezekinya, sedang tertekan atau ketika terperangah menyaksikan keajaiban yang terjadi di depan matanya, berupa kejadian yang mustahil menurut pikiran manusia.


Konon 'Auf bin Malik Al-Asyja'i salah satu sahabat, pergi menemui Rasulullah SAW, dan menanyakan perihal ini : "Ya Rosulullah sesungguhnya anakku Malik pergi bersamamu berperang di jalan Allah dan ia belum pulang, apa yang harus saya lakukan ? Sementara seluruh pasukan sudah pulang." Rosulullah saw menjawab :
"Ya 'Auf perbanyaklah kamu dan istrimu mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illa billah. Tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah.
Auf pulang ke rumah dan …

Penyeru Kebaikan Itu Berat

Image
ARTIKEL KE 683  Menyeru itu berat  Inilah yang dialami oleh rasul-rasul yang dikirim Allah untuk memberi peringatan pada manusia. Jika menurut film remaja yang booming "Dilan 1990" yang berat itu rindu, tapi dalam konteks tulisan ini yang berat adalah menyeru kebaikan. Sehingga banyak rasul yang akhirnya menyerah karena memang tidak mudah mengajak orang menuju kebaikan. Tidak semua orang suka ditegur, diingatkan dan diberi tahu meskipun itu untuk kebaikan dirinya... Ya..menyeru kebaikan itu memang tidak mudah tapi bukan tidak mungkin..
Orang baik punya banyak teman, tapi penyeru kebaikan bisa jadi banyak musuh. Ibnu Qudamah seorang imam besar kelahiran Palestina pernah ditanya, "Apa bedanya Orang Baik (Shalih) dan Penyeru Kebaikan (Mushlih)?"

Sang Imam mengatakan : 1. Orang baik melakukan kebaikan untuk dirinya, sedangkan penyeru kebaikan mengerjakan kebaikan untuk dirinya dan untuk orang lain... Dia bukan hanya berpikir kebaikan untuk dirinya sendiri tapi juga kebaika…

Lari Meninggalkan Rezeki

Image
ARTIKEL KE 681  REZEKIMU AKAN MENGEJARMU  Katanya rezeki gak akan kemana. Jadi gak usah dikejar dan gak usah ngoyo kerja sampe mampus demi rezeki. Yang anehnya jaman now, kita kerja dua kali lipat dari orang tua kita dulu tapi kok rezeki kita gak double, malah terasa kurang? Padahal waktu kita habis buat kerja banting tulang.
Salahnya karena kita menganggap bahwa semakin keras kita bekerja semakin banyak rezeki kita. Padahal gak gitu...Karena bukan kerja yang datangin rezeki, tapi Allah. Kerja itu hanya salah satu ikhtiar...

Berikut ini ada cerita menarik yang mungkin bisa jadi inspirasi buat kita memahami rezeki. Hari ini hujannya lumayan. Pulang kantor, ya mampir dulu beli titipan orang rumah. Mereka pengennya makan martabak yang garing. Celingak celinguklah saya dengan mencari abang martabak yang masih setia jualan di hari hujan kek gini. Akhirnya ketemu juga gerobak martabak, tapi kok ini gerobaknya kosong abangnya kemana ya? "Pak, ini penjualnya mana ya?", tanyaku ke tukang…

Bayarnya ke Allah

Image
Mbah Jum si serba bisa  Sebuah cerita tentang kesederhanaan dan filosofi yang membuat hidup tenteram dan rezeki lancar. Mbah Jum sosok wanita tua yang sederhana, pekerjaannya berdagang tempe. Biasanya ia diantar oleh cucunya yang bekerja sebagai buruh panggul di pasar. Ada yang istimewa dari Mbah Jum ini yaitu dia buta sejak lahir. Meski begitu dia memilih jualan daripada mengemis. Dia tidak ingin menghinakan diri dengan mengharap belas kasihan manusia. Karena baginya hanya kepada Allah lah kita berharap bukan kepada mahlukNya.

Tidak sampai 2 jam dagangan tempe mbah Jum sudah terjual habis. Mbah Jum selalu pulang paling awal dibanding pedagang lainnya. Sebelum pulang mbah Jum selalu meminta cucunya menghitung uang hasil dagangannya hari itu. Dan menariknya, bila cucunya menyebut angka lebih dari 50 ribu rupiah, mbah Jum selalu minta cucunya itu mampir ke masjid pasar dan memasukkan uang lebihnya itu ke kotak amal. Modal untuk bikin tempe cuma 20 ribu. Menurutnya paling banyak dapetnya …

Tulisan Ini Buat Para Suami

Image
SUNNAH RASULULLAH DALAM RUMAH TANGGA.Kalo liat acara TV yang beritanya soal perceraian artis A dengan pasangannya kadang jadi miris. Apakah lembaga perkawinan sudah gak dianggap penting lagi oleh sebagian besar pasangan sehingga jika ketidakcocokan muncul langsung kata cerai terucap dari bibirnya? Perceraian adalah satu-satunya hal halal yang tidak disukai Allah. Tapi banyak juga orang yang memilih jalan itu karena menyerah dengan pasangannya. Kalo mau rumah tangga banyak rezeki ya kudu menciptakan kebahagiaan dalam perkawinan. Kebahagiaan itu gak datang sendiri tapi harus diciptakan...



Yakinlah kalo rumah tangga bahagia itu mudah, kuncinya adalah suami mengikuti sunnah Rasulullah. Yang dilakukan beliau sangat sederhana tapi ngefek luar biasa sama isteri. Ada yang bilang kalo orang tidak saling jatuh cinta dengan pasangannya tapi mereka jatuh cinta dengan perwujudan dirinya saat bersama pasangannya. Kebahagiaan tercipta karena pasangan saling berbahagia saat berada bersama pasangannya.…

Saling Mendukung Dalam Kebaikan

Image
SOPIR ANGKOT  Saya belajar dari kesederhanaan orang kebanyakan, seperti halnya saya belajar dari sopir taksi ini juga mendapat pelajaran dari kisah truk sampah ini. Kita bisa belajar dari mana saja..
Pemandangan yang sudah dianggap lumrah di jalanan Indonesia.. Sopir-sopir angkot saling menyalip berebut penumpang... Ya, namanya juga nyari rezeki. Di tengah persaingan antara jumlah angkot yang makin banyak dan jumlah penumpang yang makin berkurang, kalo gak pake aksi nyalip-nyalipan mungkin gak bakal dapat setoran hari itu...
Begitulah pikiran sederhana para sopir angkot. Dan mungkin juga kebanyakan kita, bahwa rezeki itu harus direbut kalo perlu pake cara apapun yang penting dapat banyak.. Padahal kisah ini menunjukkan lain..
Kadang-kadang saya naik angkot hanya untuk menikmati hiruk pikuk seperti hari ini..  Tak jauh di depan angkot yang saya tumpangi seorang ibu dan 2 orang anaknya berdiri di tepi jalan... Setiap angkot yang berhenti dan berbicara dengan si ibu, langsung melaju kembali, h…

Keajaiban Doa Orang Tua

Image
DOA ORANG TUA MENEMBUS LANGIT  Blog ini juga banyak membahas soal berbakti pada orang tua karena berbakti pada orang tua termasuk ikhtiar agar menjadi kesayangan Allah. Kalo Allah sudah sayang, soal rezeki ataupun kemudahan hidup mah gampang bagiNya.
Tulisan kali ini masih berkisar pada topik doa orang tua sebagai jalan tersingkat bahagia dunia akhirat. Semoga membacanya membuat kita bisa menjadi orangtua terbaik buat anak-anak kita dan menjadi anak yang terbaik bagi orangtua kita.
Sebuah kisah di hari minggu yang cerah ini...
Syaikh Fahad Al Kandari bercerita: Dulu saat menjadi imam di sebuah masjid di Kuwait, dia lupa sebuah ayat. Ternyata, ada seorang yang mengoreksi bacaannya. Hanya seorang, dan ternyata yangmengoreksinya itu adalah kakek tua.

Syaikh Fahad merasa tertarik untuk menemuinya. Seorang kakek tua yang menurutnya pasti orang yang luar biasa. Dia ingin tahu kisahnya dan belajar banyak. Maka ditemuinyalah kakek iu setelah shalat. Syaikh Fahad bertanya:
_Assalamu kakek, anda haf…