Posts

Showing posts with the label Pesan

Kalo Hidup Sekedar Hidup, Babi Hutan Juga Hidup!

Image
MEMAKNAI HIDUP....   Baru saja para pelajar SMA merasakan euphoria kelulusan..Masa lulus SMA merupakan masa galau yg banyak dilalui manusia-manusia modern, sebelum menemui kegalauan berikutnya mau kuliah di mana, trus galau lagi setelah lulus kuliah, mau kemana, mau kerja apa dan bagaimana menentukan pasangan hidup. Saat menentukan jurusan saat kuliah biasanya banyak pertimbangannya. Selain seberapa favorit jurusan itu, seberapa banyak peminatnya, seberapa besar peluangnya mendapatkan pekerjaan selepas lulus, seberapa besar kemungkinannya diterima di jurusan itu. Tapi pernah gak ada yang nanya gini "bisa nggak, jurusan kuliahku menyelamatkan aku di akhirat nanti?" Karena kalau seandainya kuliah hanya diniatkan untuk mencari kerja, alangkah banyaknya orang-orang yang gak makan sekolahan, bekerja sebagai pemulung sampah atau pebisnis warung pecel lele yang mampu memperoleh jutaan rupiah keuntungan dalam sehari dari bisnis yang ia geluti?


Maka suatu kebodohan yang besar jika meni…

Move On lah Pada Allah SWT.

Image
Segala sesuatu ada resikonya.   Sekuat apa pun kau bertahan, 
Akan patah jua bila kau ditinggalkan. 
Sekuat apa pun kau percaya,
Akan lara juga bila kau dikecewakan. 
Sekuat apa pun kau setia, 
Akan terluka jua bila kau dicampakkan.
Itulah harga yang harus kau bayar
Jika engkau mencintai mahluk..


Jika engkau mencintai mahluk atau ciptaan Allah dan memujanya dengan sepenuh hati, yakinlah bahwa suatu ketika kamu pasti akan kecewa..
Mengapa?
Karena semua ciptaan itu sifatnya fana, tidak kekal dan akan pergi. Harta benda, uang, manusia terkasih semua itu titipan dariNya..
Yang namanya titipan artinya bukan kita yang punya. Allah yang memilikinya dan kita hanya dititipin. Karena Allah tahu kalo kita sangat suka dengan itu semua... Seperti yang dikemukakan Allah di Surah Al Imran ayat 14 berikut ini :



Jangan berharap terlalu banyak pada itu semua, harta benda, uang, popularitas, jabatan, kekasih hati bahkan dunia dan seluruh isinya. Karena itu semua hanya mahluk yang tak kekal, yang suatu ketika kalo …

Takkan Habis Rezeki Kita.

Image
UNTUK KITA RENUNGKAN....   Pernahkah engkau terpikir akan hal ini..? Saat kau kesulitan. Rezeki seret, butuh duit, kehilangan orang tercinta, penyakit yang tak kunjung sembuh, penderitaan tiada akhir...
Kau berkeluh kesah pada-Nya. Allah yang Maha Mengetahui hati hambaNya.
Kau menangis dihadapan-Nya. Mengakui kelemahanmu sebagai manusia.
Kau memohon pada-Nya. Agar Allah memberimu jalan keluar dari masalah.
Sungguh, Allah memang Maha Mendengar setiap doa hamba-Nya.


Namun saat semua telah terwujud. Rezeki kembali lancar, duit selalu tersedia, orang tercinta telah terganti dengan yang baru, penyakit sembuh tiada bekas, penderitaan hanyalah masa lalu...
Kau melupakan-Nya. Kau terlena dengan nikmat dan rezeki yang diberiNya.
Kau tak menghiraukan-Nya. Panggilan azan seolah tak terdengar, orang miskin yang menengadahkan tangan seolah tak terlihat..
Kau melalaikan perintah-Nya. Selalu berkata, nanti saja, masih banyak waktu, masih banyak kerjaan, masih sibuk....
Kau tak mensyukuri pemberian-Nya…

Nasehat Yang Menginspirasi Banget.

Image
7 Nasehat Jalaluddin Rumi.  Jalaluddin Rumi adalah seorang penyair sufi kelahiran Afganistan. Syair-syairnya banyak mengandung hikmah dan nasehat, beberapa diantaranya dituliskan di sini. 



KEDERMAWANAN Dalam hal kedermawanan dan menolong orang, jadilah seperti sungai.
(Biarkan mengalir tak henti-henti dan tanpa mengharap kembali). Tak perlu menunggu kaya untuk menjadi dermawan. Justru kedermawanan lah yang nantinya akan menarik rezeki, membuat rezekinya terus bertambah (baca : mengapa orang dermawan menarik rezeki?). Dermawan gak ada hubungannya dengan jumlah uang atau harta yang dimiliki karena dermawan itu sifat. Seseorang yang memiliki sifat dermawan akan terus menjadi dermawan meskipun hartanya gak berlimpah dan uangnya sedikit. Begitu juga sebaliknya orang yang pelit tetap aja pelit meski duitnya banyak atau pas-pasan.. Orang yang dermawan adalah orang yang bebas. Bebas dari tekanan harta dan uang yang menekan kehidupan kebanyakan orang..
Dia bebas aja memberi siapapun yang dia suka…

Mengapa Perlu Berubah?

Image
SIAPKAH ANDA MENGHADAPI MASA DEPAN?  Ada sebuah perusahaan bernama Garmin. Mereka memproduksi GPS navigation system yang banyak dipasang di mobil mobil. GPS ini sangat membantu, perjalanan menjadi jauh lebih efisien.. Dan pada saat itu angka penjualan mereka naik pesat selama bertahun tahun. Tetapi ternyata tidak lama kemudian, bencana itu datang ........ Perubahan yang membuat produk mereka terancam.
Dan ternyata dunia dibanjiri Smart Phone dan fungsi GPS disematkan sebagai salah satu fitur unggulannya.  kemudian orang tidak membeli lagi Garmin GPS sistem buat mobil lagi, karena sudah tersedia dalam smart phone mereka. Penjualan mereka pun turun drastis.

Bagi perusahaan ini adalah: Bencana .......bencana ...... bencana ....!!! Bencana yang serupa juga pernah:
√ dialami oleh Kodak pada saat orang tidak mencetak photo lagi, karena adanya kamera digital dan smart phone yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi.
√ dialami oleh Nokia pada saat orang tidak menggunakan telphon untuk komuni…

Tarik Rezeki dengan Melepaskan Zona Nyaman

Image
Bacalah 3 menit untuk perubahan masa depan Anda. Suatu hari seorang Raja mendapat hadiah 2 ekor anak burung elang. Lalu dia berpikir, akan bagus sekali jika elang ini dilatih untuk terbang tinggi. Tentu akan lebih indah lagi.
Lalu Raja memanggil pelatih burung yang tersohor di negerinya untuk melatih 2 elang ini. Setelah beberapa bulan, pelatih burung ini melapor :

Seekor elang telah terbang tinggi dan melayang-layang di angkasa.
Namun yang seekor lagi tidak beranjak dari pohonnya. Raja pun memanggil semua ahli hewan untuk memeriksa elang kesayangannya ini namun tidak ada yang berhasil menyembuhkan dan membuat elang ini terbang lagi. Berbagai usaha telah dilakukan, tetapi elang ini tidak kunjung bergerak dari dahannya. Kemudian ia bertemu dengan petani yang sangat mengenal akan sifat elang dan Raja meminta bantuan petani itu. Keesokan harinya ketika Raja mengunjungi elang ini, ia kaget melihat elang ini sudah terbang tinggi. Dengan penuh penasaran Raja bertanya kepada petani, apa yang ia laku…

Bahkan Kucing pun Mendoakan Kita.

Image
Tulisan ini saya dapatkan dari media sosial, entah benar atau tidak, wallahu alam, tergantung kebijaksanaan kita menyikapinya..Mari ambil hikmahnya saja..
Kucingpun berdoa untuk kita.  Suatu hari ada seseorg yang saat itu ibunya sedang dirawat di ICU sebuah rumah sakit untuk penyakit yang dideritanya. Setelah sekian lama menanti diapun bertanya pada tim dokter yang merawat  ibunya. Apakah ada harapan kesembuhan untuk wanita yang telah melahirkannya itu? Tim dokter berterus terang kepadanya. Sesuai dengan ilmu yang dimilikinya
keadaan ibunya tiada harapan sembuh dan khawatir bisa meninggal dunia tiba-tiba, jadi dia dan keluarganya harus bersiap menerima kenyataan itu.
Meskipun hatinya hancur dia tetap berpikir positif. Dia pun meninggalkan rumah sakit dengan raut muka yg sangat sedih membayangkan ibunya akan pergi menghadap Penciptanya. Dia berjalan-jalan tak tentu arah di sekitar rumah sakit.

Dalam perjalanan pulang kembali ke rumah sakit, dia berhenti di sebuah SPBU untuk mengisi bahan ba…

Rezeki Bak Koin Penyok

Image
Rezeki dan Koin Penyok. Hari itu matahari bersinar dengan teriknya. Tampak di kejauhan seorang lelaki berjalan gak tentu arah dengan rasa putus asa. Keliatan banget dari rona wajahnya kalo pikirannya lagi kalut kek benang kusut. Apa gerangan yang ngeganggu pikirannya?

Ternyata kondisi keuangannya lagi morat-marit. Udah berapa hari ini dia gak ada kerjaan, gak dapet duit. Sementara kebutuhan hidup makin banyak, terbayang isteri dan anaknya di rumah. Mau ngutang lagi udah malu. Saat menyusuri jalanan sepi, kakinya terantuk sesuatu. Dengan penuh rasa ingin tau dilihatnya sebuah logam yang bersinar kena pantulan sinar matahari. Dengan penuh harap ditatapnya benda itu. Lalu ia membungkuk dan menggerutu kecewa. "Uh, hanya sebuah koin kuno yang sudah penyok".
Meskipun begitu ia membawa koin itu ke bank. Kali-kali aja bisa dituker dengan koin beneran. Sesampainya di sana, seorang teller menyambutnya dengan ramah. Tapi harapannya langsung buyar saat teller itu bilang kalo koin itu gak b…

Rawatlah Jiwamu

Image
Merawat JiwaOrang disebut manusia / insan karena memiliki jiwa. Badan yang berwujud ini secara rutin diberi nutrisi, dirawat bila sakit, dan mendapat perhatian. Apakah jiwa sudah mendapat pemeliharaan yang semestinya, seperti halnya saat kita memperlakukan badan ? Jiwalah yg mendorong perbuatan, dan secara kolektif menjadi motor penggerak peradaban.



Abu Lahab memiliki postur yg menawan, pengaruh, kekayaan dan sumberdaya lainnya. Tapi jiwanya tertutup, terbelenggu oleh arogansi dan kesewenang-wenangan. Bilal, dari kalangan orang-orang lemah, tapi memiliki jiwa yang hidup, mampu menangkap pesan-pesan ilahiah. Derajat jiwanya mulia, sebagaimana para sahabat, yg menerima seruan-seruan iman.
Allah menyebut dalam Surat Asy Syams ayat 9 -10:
Qod aflaha man zakkaha (beruntunglah orang-orang yang membersihkan jiwanya). Wa qod khoba man dassaha (dan celakalah orang-orang yang mengotori jiwanya) Jiwa perlu diperhatikan dan dirawat, bebaskan ia dari benih-benih: kedengkian, kesombongan, kelalaian. Tum…