Posts

Showing posts with the label Pesan

Beneran Nih, Gak Riya?

Image
AMALAN KEBAIKAN TIDAK PERLU DILAPORIN. Status Facebook temen-temenku di bulan puasa ini keren-keren. "Alhamdulillah belum pertengahan puasa udah namatin 30 juz." Trus yang lain nulis, "Taraweh dan shalat subuh berjamaah adalah rutinitas yang gak pernah terlupa di bulan suci ini." Yang lain lagi menulis, " Siap-siap nih buat bagi-bagiin sembako ke orang miskin di sekitar rumah" (sambil pasang foto senyum lebar dilatar belakangi orang miskin yang diberikannya sembako).



Bagus sih...artinya keimanan temen-temen saya meningkat di bulan puasa ini. Setidaknya seperti  yang dilaporin di statusnya..
Tapi apakah itu perlu?? Setiap buat amal kebajikan lapornya tuh ke Allah bukan lapor ke medsos biar dapat like dan komen yang banyak..
Kalo niatnya biar orang lain juga ikutan... itu bagus juga.
Tapi hanya buat menjaga hati agar tidak riya.. karena kalo riya mubazir deh amalannya gak dihitung ama Allah...

"Tapi bener kok niat aku bener", begitu mungkin ada yang mem…

Jangan Mengukur Sepatu Orang Lain Di Kaki Kita

Image
Syukuri rezekimu.Apa yang bikin hidup kita susah? Padahal Allah sudah ngejamin rezeki kita? 

1. Gak bersyukur
Karena kita ini manusia yang maruk, serakah, suka sirik sama orang dan gak bersyukur. Kita suka ngebandingin diri ama orang lain. Merasa diri paling susah, paling merana karena pembandingnya selalu ke atas..


2. Gak ngukur kemampuan
Kita juga ngerasa susah karena seringkali kita pengen sesuatu yang kita gak mampu tapi malah dipaksain..kalo perlu ngutang, kredit, nyicil bahkan nyuri / korupsi!! Naudzubillah.
(baca : tips bebas hutang dan rezeki lancar)

3. Banyak urusan.
Sukanya nyela, komen dan sibuk dengan hidup orang lain, sementara hidupnya gak dibenahin karena gak punya waktu buat benahin hidup. Waktunya habis buat gosip gak jelas, debat gak penting dan wara wiri gosip kanan kiri..
Akhirnya hidup orang lain menanjak tapi kita tetep aja susah...Karena alih-alih memperbaiki diri, habis energi buat dipake sirik dan kepo..!!

Contoh nih:
Kita hanya mampu beli tas cantik seharga Rp 500 ribu…

Waspadai "Jebakan Betmen"; di Bulan Puasa

Image
Jebakan Betmen.  Pernah denger istilah Jebakan Betmen? Istilah ini populer bagi netizen terutama di situs Kaskus dimana mereka mengklik sebuah tautan yang isinya ternyata tak sesuai dengan judulnya, sehingga merasa di jebak. Lalu kenapa Betmen dibawa-bawa, konon karena itu plesetan dari bad man (manusia jahat). Selama bulan ramadhan pintu-pintu surga di buka, pintu neraka ditutup dan syaitan dirantai. Lalu mengapa kita bisa tetap melakukan dosa? Karena manusia dapat membuat pilihan yang seringkali merugikan dirinya.. inilah yang saya maksud "jebakan Betmen" di sini. Pilihan-pilihan hidup yang seringkali salah...

Untuk melihat sejauh mana manusia terjebak dalam "jebakan Betmen" dalam bulan Ramadhan yang suci ini, berikut gambaran yang indah dari Uztaz Firanda Andirja..yang saya modifikasi sedikit agar sesuai konten blog ini.
Waspada Selama Puasa Ramadhan !!
Selamat melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan, semoga dimudahkan berpuasa yang berkualitas, penuh dengan lantun…

Susah Itu Yang Membentuk Seseorang

Image
Jangan takut susah..Ustadz Felix Siauw menganjurkan kita untuk gak memanjakan anak-anak kita. Menurutnya cara menghancurkan anak paling mudah adalah dengan memanjakannya, memudahkannya dalam semua hal, menyediakan baginya semuanya. Yang gak diminta pun dikasi.. Mungkin orangtua mikir "dulu aku boleh susah, anakku jangan sampai sama" Jarang orangtua memahami, kalo yang penting itu prosesnya , bukan hasil. Karena proses itu yang bakal nentuin hasil akhirnya nanti. Bagaimana lewat proses itu anak-anak belajar. Jadi stop membantu mereka ! Jangan takut susah dan biarkan juga anak-anak ngalamin peristiwa yang bikin dia susah. 

Karena susah itu yang membentuk seseorang, yang membuatnya tahan gempuran masalah.. sementara kemudahan yang datang sebelum waktunya itu merusak apalagi kemudahan yang datang tanpa proses yang benar (memanjakan) akan jadi alasan, untuk tidak berjuang, untuk tidak bersusah payah dalam mengejar sesuatu.
Akhirnya anak-anak kita berubah, jadi manusia yang tak kenal …

Hati-Hati "Perampok"di Bulan Puasa

Image
WASPADAI HAL YANG MERAMPOK IBADAH ANDA. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat special karena bulan ini pintu-pintu surga di buka dan pintu-pintu neraka ditutup. Belum lagi ada fasilitas Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan. Ibadah puasa juga adalah ibadah yang sangat spesial  dan termasuk salah satu ibadah dengan pahala yang unlimited. Karena itu bulan yang special ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena belum tentu usia kita mencapai ramadhan berikutnya. 
Karena itu kita ekstra hati-hati dengan hal-hal yang bisa merubah bahkan merampok ibadah kita.



Diantaranya yaitu :

Tayangan Televisi 
Ini merupakan perampok yang paling berbahaya, yang bisa merusak puasa orang orang dan mengurangi pahala, seperti film sinetron dan iklan murahan. Lihat sendiri tayangan-tayangan TV di bulan puasa yang isinya hiburan, kegilaan, gosip artis. Mungkin ada beberapa yang isinya ceramah agama tapi hanya berapa persen dibanding tayangan yang gak bermutu.
Hati-hati dengan tayangan TV yang bisa me…

Stop Memberikan Bantuan !

Image
Anakmu Rezekimu, Berhati-hatilah Mendidiknya !Ini ada tulisan seorang psikolog yang saya baca di medsos, semoga bisa menjadi perhatian kita semua yang sudah menjadi orang tua.
SUATU SAAT KITA AKAN MENINGGALKAN MEREKA JANGAN MAINKAN SEMUA PERAN By : Elly Risman
(Senior Psikolog dan Konsultan, UI) Kita tidak pernah tahu, anak kita akan terlempar ke bagian bumi yang mana nanti, maka izinkanlah dia belajar menyelesaikan masalahnya sendiri. Bagian dari pembelajaran mandiri seorang anak. Jangan memainkan semua peran,
ya jadi ibu,
ya jadi koki,
ya jadi tukang cuci. ya jadi ayah,
ya jadi supir,
ya jadi tukang ledeng, Anda bukan anggota tim SAR!
Anak anda tidak dalam keadaan bahaya.
Tidak ada sinyal S.O.S!
Jangan selalu memaksa untuk membantu dan memperbaiki semuanya.

Anak mengeluh karena mainan puzzlenya tidak bisa nyambung menjadi satu, "Sini...Ayah bantu!". Tutup botol minum sedikit susah dibuka, "Sini...Mama saja". Tali sepatu sulit diikat, "Sini...Ayah ikatkan". Kecipr…

Kalo Hidup Sekedar Hidup, Babi Hutan Juga Hidup!

Image
MEMAKNAI HIDUP....   Baru saja para pelajar SMA merasakan euphoria kelulusan..Masa lulus SMA merupakan masa galau yg banyak dilalui manusia-manusia modern, sebelum menemui kegalauan berikutnya mau kuliah di mana, trus galau lagi setelah lulus kuliah, mau kemana, mau kerja apa dan bagaimana menentukan pasangan hidup. Saat menentukan jurusan saat kuliah biasanya banyak pertimbangannya. Selain seberapa favorit jurusan itu, seberapa banyak peminatnya, seberapa besar peluangnya mendapatkan pekerjaan selepas lulus, seberapa besar kemungkinannya diterima di jurusan itu. Tapi pernah gak ada yang nanya gini "bisa nggak, jurusan kuliahku menyelamatkan aku di akhirat nanti?" Karena kalau seandainya kuliah hanya diniatkan untuk mencari kerja, alangkah banyaknya orang-orang yang gak makan sekolahan, bekerja sebagai pemulung sampah atau pebisnis warung pecel lele yang mampu memperoleh jutaan rupiah keuntungan dalam sehari dari bisnis yang ia geluti?


Maka suatu kebodohan yang besar jika meni…

Move On lah Pada Allah SWT.

Image
Segala sesuatu ada resikonya.   Sekuat apa pun kau bertahan, 
Akan patah jua bila kau ditinggalkan. 
Sekuat apa pun kau percaya,
Akan lara juga bila kau dikecewakan. 
Sekuat apa pun kau setia, 
Akan terluka jua bila kau dicampakkan.
Itulah harga yang harus kau bayar
Jika engkau mencintai mahluk..


Jika engkau mencintai mahluk atau ciptaan Allah dan memujanya dengan sepenuh hati, yakinlah bahwa suatu ketika kamu pasti akan kecewa..
Mengapa?
Karena semua ciptaan itu sifatnya fana, tidak kekal dan akan pergi. Harta benda, uang, manusia terkasih semua itu titipan dariNya..
Yang namanya titipan artinya bukan kita yang punya. Allah yang memilikinya dan kita hanya dititipin. Karena Allah tahu kalo kita sangat suka dengan itu semua... Seperti yang dikemukakan Allah di Surah Al Imran ayat 14 berikut ini :



Jangan berharap terlalu banyak pada itu semua, harta benda, uang, popularitas, jabatan, kekasih hati bahkan dunia dan seluruh isinya. Karena itu semua hanya mahluk yang tak kekal, yang suatu ketika kalo …

Takkan Habis Rezeki Kita.

Image
UNTUK KITA RENUNGKAN....   Pernahkah engkau terpikir akan hal ini..? Saat kau kesulitan. Rezeki seret, butuh duit, kehilangan orang tercinta, penyakit yang tak kunjung sembuh, penderitaan tiada akhir...
Kau berkeluh kesah pada-Nya. Allah yang Maha Mengetahui hati hambaNya.
Kau menangis dihadapan-Nya. Mengakui kelemahanmu sebagai manusia.
Kau memohon pada-Nya. Agar Allah memberimu jalan keluar dari masalah.
Sungguh, Allah memang Maha Mendengar setiap doa hamba-Nya.


Namun saat semua telah terwujud. Rezeki kembali lancar, duit selalu tersedia, orang tercinta telah terganti dengan yang baru, penyakit sembuh tiada bekas, penderitaan hanyalah masa lalu...
Kau melupakan-Nya. Kau terlena dengan nikmat dan rezeki yang diberiNya.
Kau tak menghiraukan-Nya. Panggilan azan seolah tak terdengar, orang miskin yang menengadahkan tangan seolah tak terlihat..
Kau melalaikan perintah-Nya. Selalu berkata, nanti saja, masih banyak waktu, masih banyak kerjaan, masih sibuk....
Kau tak mensyukuri pemberian-Nya…

Nasehat Yang Menginspirasi Banget.

Image
7 Nasehat Jalaluddin Rumi.  Jalaluddin Rumi adalah seorang penyair sufi kelahiran Afganistan. Syair-syairnya banyak mengandung hikmah dan nasehat, beberapa diantaranya dituliskan di sini. 



KEDERMAWANAN Dalam hal kedermawanan dan menolong orang, jadilah seperti sungai.
(Biarkan mengalir tak henti-henti dan tanpa mengharap kembali). Tak perlu menunggu kaya untuk menjadi dermawan. Justru kedermawanan lah yang nantinya akan menarik rezeki, membuat rezekinya terus bertambah (baca : mengapa orang dermawan menarik rezeki?). Dermawan gak ada hubungannya dengan jumlah uang atau harta yang dimiliki karena dermawan itu sifat. Seseorang yang memiliki sifat dermawan akan terus menjadi dermawan meskipun hartanya gak berlimpah dan uangnya sedikit. Begitu juga sebaliknya orang yang pelit tetap aja pelit meski duitnya banyak atau pas-pasan.. Orang yang dermawan adalah orang yang bebas. Bebas dari tekanan harta dan uang yang menekan kehidupan kebanyakan orang..
Dia bebas aja memberi siapapun yang dia suka…