Dibanjiri Sejuta Keberkahan dan Kebaikan di Dunia

ARTIKEL KE 714  

BACALAH !  

Ini adalah perintah pertama Allah SWT kepada Rasulullah, Muhammad SAW. Lewat Surah Al Alaq diceritakan bagaimana wahyu pertama itu turun. "Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan" (Al Alaq :1). 
Kenapa perintah membaca yang paling pertama turun? Bukan perintah shalat, puasa ataupun haji? Karena membaca adalah pintu terbukanya pengetahuan. Lewat membaca cakrawala berpikir semakin luas, semakin banyak tahu, semakin berilmu. Dengan membaca jadi paham gimana aturan shalat, puasa dan haji. Harus tahu dulu gimana caranya baru bisa melaksanakan dengan benar.
Lalu kenapa nama Allah sebagai Pencipta dibawa-bawa? Pasti ada maksudnya. Agar manusia ingat bahwa kemampuan membaca adalah karunia dari Allah SWT, manusia diberi otak, pikiran dan pemahaman olehNya. Jadinya semua bacaan dan pengetahuan yang dimilikinya harus diaplikasikan di jalanNya..


Lalu apa yang harus dibaca? Tentu saja Al Quran.. Karena Al Quran bukan kidung atau syair-syair indah untuk dilagukan sehingga enak didengarkan seperti halnya lagu-lagu pop masa kini, tapi untuk dipahami dan diamalkan. Al Quran berbicara banyak hal bukan hanya yang gaib (surga, neraka, jin, malaikat) tapi juga berbicara mengenai sains (bagaimana proses pembentukan janin, planet, tata surya dan sebagainya)..

Apa keutamaan para pembaca Al Quran?

a. "Satu-satunya manusia yang tidak tua adalah orang yang selalu membaca Al-Quran dan Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-Quran ."(Abdul Malik bin Umair).
b. "Barang siapa yang membaca Al-Quran,  maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun". (Al-imam Qurtubi)
c. "Perbanyaklah membaca Al-Quran jangan pernah kau tinggalkan, karena sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan di mudahkan setara dengan yang kamu baca". (Ibrahim al-Maqdisi kepada muridnya Abbas bin Abdi Daim Rahimahullah)
d. "Bahwasannya para Malaikat tidak diberi keutama'an untuk membaca *Al-Quran, maka karenanya para Malaikat bersemangat untuk selalu mendengar bacaan manusia" (Ibnu Solah).
e. "Di tengah malam,  aku keluar menuju masjid Rasulullah SAW sungguh tidak ada satu rumahpun yang aku lewati melainkan padanya ada yang membaca Al-Quran" (Abu Zanad).
f. "Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-Quran maka kita akan dibanjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia". (sebagian ahli tafsir). 
(baca: nambah rezeki dengan Al Quran).

Mengapa harus membaca Al Quran setiap saat?

Karena keutamaannya seperti di sebutkan di atas. Juga karena umur manusia terbatas sehingga waktunya untuk beramal sangatlah singkat. Mengapa tidak meraup pahala lewat Al Quran, dimana satu huruf yang dibaca dibalas dengan 10 kebaikan yang ngefek pada kebaikan dunia maupun akhirat?. (baca : mau beruntung dan banyak rezeki? Bacalah Al Quran).
Masih banyak aktivitas lain yang bisa "memperpanjang umur" dan menarik keberkahan dunia akhirat..
Ya..umur manusia sangatlah singkat
(1) ... hingga ALLAH kurniakan Lailatul Qadar untuk menambah umur amal.
Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3)
(2)... hingga ALLAH  memerintahkan bersilaturrahim untuk memanjangkannya. "
“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi (H.R.Muslim)
(3)..... hingga ALLAH kurniakan keutamaan Puasa Enam hari di bulan Syawal seperti berpuasa setahun.
“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan, lalu diiringi dengan puasa enam hari pada bulan Syawwal, maka dia seperti puasa sepanjang tahun”. [Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, at Tirmidzi, an Nasaa-i dan Ibnu Majah].
(4)...  hingga ALLAH memberikan keutamaan membaca Surah Al-Ikhlas seperti membaca sepertiga Al-Quran.

Dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia bersabda: “Apakah seseorang dari kalian tidak mampu membaca dalam satu malam (saja) sepertiga al Qur`an?” Mereka pun berkata: “Dan siapa (di antara kami) yang mampu membaca sepertiga al Qur`an (dalam satu malam, Red)?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ sebanding dengan sepertiga al Qur`an (H.R. Muslim)
(5)... hingga ALLAH kurniakan keutamaan Sholat di Masjidil Haram seperti sholat 100 ribu kali di masjid lain.

Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad)
(6) ... hingga ALLAH kurniakan keutamaan Sholat berjemaah yang nilainya 27 x lipat dari sholat sendirian.

Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650)
(7)... hingga ALLAH kurniakan keutamaan sholat sunat sebelum subuh setara dengan kekayaan seluas langit dan bumi

"Dua rakaat (sebelum) Subuh lebih baik daripada dunia seisinya" [HR. Muslim].
(8) ...hingga ALLAH kurniakan keutamaan sholat subuh berjemaah seperti sholat sepanjang malam

Barangsiapa yang shalat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)
(9) ... hingga ALLAH kurniakan keutamaan sholat isya berjamaah seperti sholat separuh malam dan bebas dari sifat munafik.
Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.”
(HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651)

(10)... hinggaALLAH kurniakan keutamaan membaca satu huruf bacaan Al-Quran dengan 10 pahala / kebaikan.
"Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)
(11)... hingga ALLAH kurniakan keutamaan beramal jariah, share ilmu yang bermanfaat, dan mengusahakan anak-anaknya jadi anak yang soleh yang pahalanya akan terus mengalir ke alam kuburnya.
"Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim).

Wahai diri...,
Berapakah sisa usia kita saat ini ?????
Malaikat maut akan menjemput kita.. bila tiba masanya..
*HIDUP INI TERLALU SINGKAT... JANGANLAH DI SIA-SIAKAN KESEMPATAN YANG DIBERIKAN ALLAH SWT Untuk membanjiri hidup dengan amalan kebaikan sehingga memanen keberkahan dunia akhirat ...

Wallahu alam...

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus