Ciri-Ciri Manusia Terbaik (Baik Pula Rezekinya)

ARTIKEL KE 713   

MANUSIA TERBAIK

Mengapa kita ditakdirkan jadi muslim?
Karena Allah tahu bahwa kita punya potensi untuk menjadi manusia terbaik. Allah menyediakan pamduannya lewat Al Quran dan hadits. Terserah kita saja apa mau mempelajari dan mengamalkannya..
Bebas-bebas saja kok !


Gimana kita mengenali ciri-ciri manusia terbaik?
Bisakah kita menjadi salah seorang diantaranya?
Sebaik-baik manusia adalah mereka yang :

1. Mempelajari Al Quran, mengamalkan dan mengajarkannya.

Rasulullah  bersabda:"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya."_ (HR. Bukhari 5027 )_
Silakan ikuti kajian, silakan membaca Al Quran siang dan malam, monggo juga bagi yang mau menghafal Al Quran sampai 30 juz, tapi yang membuat kita jadi insan terbaik adalah jika kita gak hanya sekedar membaca dan mempelajari tapi juga menjadikan Quran sebagai akhlak kita, perilaku kita dalam keseharian..
Bukan hanya berhenti di pengamalan tapi juga transfer ilmu pada orang lain..
Gak usah jauh-jauh deh, surah Faathir ayat 29 di atas, gambarannya jelas... Orang yang selalu baca Al Quran (gak pernah absen), mendirikan shalat (bukan sekedar melaksanakan untuk menggugurkan kewajiban), menafkahkan sebagian rezeki (setengah, bukan 2,5 %, bukan juga secukupnya kalo ada gope' ato uang terkecil- baca: mau menjemput rezeki yang lebih banyak?) itulah mereka yang mengharapkan perniagaan (pertukaran) yang TAK AKAN merugi (karena barternya sama Allah dan Dialah sebaik-baik pemberi balasan). 
Mau rezekinya banyak, tapi boro-boro mo ngajarin isi Quran, baca aja gak pernah, shalat suka ditinggal, sedekah pun jarang-jarang...?? Bagaimana mungkin... pakemnya udah jelas.. Kalo gak ngikutin pakem ya...jangan ngarep hasil yang bagus..
Potensi kita menjadi manusia terbaik tercapai jika memperlakukan Al Quran secara pantas yaitu sesuai fungsinya sebagai petunjuk bagi umat manusia..

2. Berakhlak mulia.
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya "(HR. Bukhari 6035). 
Gak usahlah semulia nabi atau para sahabat, cukup menebar kebaikan (bermanfaat bagi banyak orang), menyeru kebaikan (agar orang ikutan masuk surga) dan mencegah kemungkaran (agar maksiat gak makin merajalela). 
Kalo semua orang melakukannya dunia akan menjadi tempat yang lebih indah dan lebih nyaman karena isinya hanya orang-orang terbaik..
Dan apa implikasinya? Tentu saja akan turun rahmat Allah berupa rezeki terbaik bagi negeri ini..

3. Komitmen.
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam membayar (mengembalikan hutang)_(HR. Bukhari 2305)_
Utang piutang adalah komitmen seseorang pada orang lain. Banyak yang minjamnya rajin, begitu waktu pembayaran tiba lenyap gak berbekas. Orang baik itu komit pada kata-katanya, jika berjanji untuk melunasi maka akan dilakukannya.
Implikasinya orang yang komit dipercaya sama orang, sehingga rezekinya juga lancar.

4. Bisa diharap.
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling bisa diharapkan kebaikannya dan aman dari keburukannya "_(HR. Tirmidzi 2263)_

Ada orang yang sama sekali gak bisa diharap, semua yang keluar dari mulutnya adalah keburukan, semua tindakan yang dilakukannya adalah dosa, kemana dia melangkah pasti buat susah..
Kalo diberi tahu gak menerima, kalo diingatkan malah ngajak debat, kalo ditegur malah ngajak duel...
Kebalikan dari mereka yang mudah berbuat baik dan enggan nyusahin orang mereka inilah manusia terbaik yang menarik rezeki datang ke arahnya..
‎ 
5. Sayang Isteri.
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik terhadap istrinya"_(HR. Ibnu Hibban : 4177)
Isteri adalah orang terdekat seorang suami, wanita yang telah rela meninggalkan keluarga yang membesarkannya demi mengikuti suami yang menjadi imamnya. Doa isteri menunjang kesuksesan suami karena doa-doanya langsung menembus langit menuju Rabbnya.
Mau baik rezeki jadilah manusia terbaik yang membahagiakan isteri.

‎6. Peduli (empati).
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang memberi makan (kepada orang lain) dan menjawab salam"_(Shahih Al-Jami' 3318)_
Sedekah menarik rezeki dan ucapan salam adalah membalas doa keselamatan untuk orang lain yang telah mendoakan keselamatan kita.
Saling mendoakan demi kebaikan masing-masing itu akhlak mulia.

7. Bisa berbagi
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam meluaskan tempat (bagi orang masuk dalam shaf) dalam sholat."_ (Targhib wa Tarhib 1/234)_
Jangan suka tamak dan tak peduli pada orang lain. Memberi tempat dan keleluasaaan bagi orang lain dalam shaf shalat berja‎maah meskipun space kita jadi sempit karenanya adalah tindakan mulia.
Waspadai rezeki yang sia-sia.

8. Umurnya tak sia-sia
"Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amal perbuatannya."_(Shahih al-Jami' 3297)_

Umur digunakan sebaik dan seefisien mungkin. Tiada hari tanpa kebaikan dan tanpa manfaat. (baca : meraih rezeki lewat umur)

9. Bermanfaat bagi sesama
"Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain."_(Shahih al-Jami' 3289)_
‎ 
(baca : rezeki berkah berhasil bersama Allah)


10. Baik hati pada orang terdekatnya.
"Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap sahabatnya. Sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap tetangganya"_(Shahih Adabul Mufrod : 84)_

baca : meraih rezeki lewat tetangga.

11. Jujur dan bebas dengki
"Sebaik-baik manusia adalah orang yang memiliki hati yang makhmum dan lisan yang jujur."
Para sahabat bertanya : Lisan yang jujur kami paham, maka apa yang dimaksud dengan hati yang makhmum?
Beliau bersabda : "orang yang memiliki hati bersih dan bertaqwa, tidak ada dosa, tidak berbuat zhalim, serta tidak ada kebencian dan hasad"_(Shahih al-Jami' 3201)_

12. Pejuang agama.
"Sebaik-baik manusia ketika berhadapan dengan zaman fitnah adalah orang yang memegang tali kekang kudanya untuk menghadapi musuh-musuh Allah. Ia menakuti-nakuti mereka, dan merekapun menakut-nakutinya. Atau seseorang yang mengasingkan diri ke lereng-lereng gunung, demi menunaikan apa yang menjadi hak Allah (uzlah)”_(HR. Al Hakim 4/446, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/311)._

Semoga Allah ta'ala menjadikan kita semua sebagai orang yang terbaik, yang baik pula rezekinya,  amin...._
Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)