Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil

ARTIKEL KE 698  

KAMU SENSI YA..??

Kamu gampang tersinggung dan marah alis "sensi"?
Baca deh tulisan ini..
Diceritain konon seorang pria sedang berbeda paham dengan seorang Guru Spiritual. Perbedaan paham itu bikin si pria sebut saja A sangat gusar. Saking gusarnya dia sampe ngeluarin kecaman dan kata-kata kasar. Boleh dibilang seluruh isi kebun binatang semua dikeluarin demi meluapkan kebenciannya pada Sang Guru.


Diperlakukan begitu kira-kira reaksi sang Guru gimana?
Sang Guru hanya diam, mendengarkan makian, kecaman, kata-kata kasar yang keluar dari mulut pria itu dengan sabar, tenang dan gak ngomong apa-apa...
Sampe akhirnya si pria kasar tadi capek sendiri dan memilih berlalu.

Begitu pria tersebut pergi, muridnya yang merhatiin peristiwa itu jadi penasaran dan nanya: "Kok Guru diam aja diperlakukan begitu. Kenapa Guru gak balas makian pria kasar itu?.. Omongan kasar kek gitu gak bisa dibiarin begitu saja, harus dibalas supaya dia tahu berhadapan dengan siapa?"
Sambil tersenyum gurunya bilang :
“Aku mo nanya sama kamu, kalo seseorang ngasi kamu sesuatu,  dan kamu ogah menerimanya, lantas punya siapa pemberian itu..?”
“Tentu kembali ke pemiliknya, si pemberi," jawab si murid dengan bangga.
“Betul...... begitu juga dengan kata-kata kasar dan makian pria tadi" kata Sang Guru.
“Karena aku ogah menerima kata-kata itu, maka kubiarin dia ngomong sendiri dan kata-kata tadi kembali jadi miliknya. Dia harus menyimpannya sendiri._
Dia gak nyadar, kalo nanti dia bakal menanggung akibatnya di dunia atau pun akhirat. Dia harus mempertanggung jawabkan di depan Allah apa yang pernah terucap dari bibirnya. Ya..karena aku gak ngomong apa-apa buat bales dia, artinya aku bebas dari tanggung jawab..

Kamu tau gak kalo energi negatif muncul dari pikiran, perasaan, perkataan, dan perbuatan hanya akan membuahkan penderitaan hidup?"
Kemudian, lanjut Sang Guru:  ”Sama seperti orang yang pengen ngotorin langit dengan meludahinya. Ludah itu hanya akan jatuh ngotorin wajahnya sendiri, bukan?"
"Begitu juga, kalo di luar sana ada orang yang marah-marah sama kamu... biarin aja … karena mereka sedang ngebuang SAMPAH HATI mereka.
Kalo kamu diam saja, maka sampah itu bakal kembali pada diri mereka sendiri. Tapi kalau kamu tanggapin, artinya kamu bersedia menerima sampah itu.....”
“Hari gini begitu banyak orang di jalanan yang hidup dengan membawa sampah di hatinya (sampah kekesalan, sampah amarah, sampah kebencian, dan lainnya) … maka harusnya kita jadi orang yg BIJAK”

Sang Guru melanjutkan nasehatnya:
BIJAK dalam arti kata :
“Kalo kamu gak mungkin ngasi, ya jangan ngambil”
Karena hidup itu harus seimbang. Gak mungkin kita terus yang nerima sesuatu sementara orang lain ngasi kita melulu. Emang gak malu apa? Selalu terima pemberian orang? Teman pergi minta oleh-oleh, ketemu teman lama minta ditraktir, liat teman bawa mobil minta tebengan, kalo beli barang udah minta diskon minta bonus pula. Tapi seumur-umur kamu gak suka dimintain oleh-oleh dan gak pernah ngasi oleh-oleh ke orang. Kamu suka ngumpet kalo ada yang minta traktir. Kamu balap mobil kamu sekencang mungkin biar gak ada yang minta tebengan..Kamu paling benci kalo jualan sesuatu trus pembeli minta diskon..
(baca : rezeki ngacir karena doyan minta gratisan)
Kalo memang memang gak punya apa-apa buat dikasiin ke orang atau gak suka ngasi apa-apa ya...jangan ngambil, ya jangan minta.. Biar orang gak nuntut balas jasa (hari gini mana ada yang gratis ya..?).

“Kalo kamu sulit mengasihi, ya jangan membenci”
Kalo kamu gak bisa bermulut manis dan berpura-pura suka sama orang yang kamu gak suka (yang nyebelin) minimal kamu jangan membencinya. Beda gak suka sama benci lho ya.. Gak suka ya gak bisa nyaman deket dia tapi hanya sebatas itu, tapi kalo benci udah gak nyaman pake banget sampe ngeliat mukanya aja mau muntah dan kamu bakal ngelakuin apa aja agar terhindar darinya dan kalo perlu ngajak orang lain buat ikutan benci ama dia serta melakukan apa aja asal dia jadi susah..
Tau gak rasa benci bagai tomat busuk?
Jadi ngapain tomat busuk di bawa-bawa?
Gak punya rasa benci bikin hidup jadi tenang...

“Kalo kamu gak bisa ngibur hati orang, ya jangan bikin sedih”
Kalo kamu bikin sedih orang maka kamu bertanggung jawab buat ngembaliin suasana hatinya ke mode normal. Kalo kamu gak bisa ya kamu bikin dia tambah sedih, bikin dia benci sama kamu dan bisa jadi kamu didoakan jelek. Emang enak kalo kemana kamu melangkah orang jadi sedih, jadi susah, jadi merana karena kamu? Berapa banyak dosa yang kamu tanggung karenanya? Berapa banyak orang teraniaya yang ngedoain rezekimu macet, misalnya?
Kalo kamu gak ahli dalam urusan hibur menghibur ya..minimal jangan bikin orang sedih..!!

“Kalo kamu gak bisa muji, ya jangan menghujat”
Hari gini hujat menghujat keknya udah jadi hal yang biasa. Orang saling sindir dan saling ejek hanya karena persoalan remeh. Tapi muji juga serba salah, kadang orang menganggap pujian gak ikhlas, lebih ke hinaan, bully, ada maunya, pasti ada apa-apanya..
Jadi ya mending cari aman. Gak usah muji kalo kamu gak ahli dan gak betul-betul tulus, menghujat apa lagi. Apa gunanya menghujat orang? Meski ribuan hujatan yang kamu lontarkan kalo takdirNya orang itu bakal berhasil dan sukses maka hujatan kamu gak akan ngerubah apa-apa. Hujatanmu juga gak bikin kamu tampak lebih baik dari yang kamu hujat. Malah sebaliknya. Jadi mending stop deh...

“Kalo kamu gak bisa ngehargain orang, ya jangan menghina”
Kamu gak bisa menghargain karena takut dibilang lebay...
Ya, minimal kamu jangan menghina orang. Biarkan orang lain dengan kehidupannya. 
(baca : hati-hati dengan kantong bocor)

“Kalo kamu gak suka bersahabat, ya jangan nyari musuh”
Bisa jadi kamu tipe orang yang suka sendirian. Kalo gak suka bersahabat, damailah dengan kesendirianmu. Jangan amlah buat onar hidup orang lain. Kalo kamu gak suka diganggu jangan juga ganggu orang lain..

Inilah saatnya - kita melatih diri untuk membuang semua sampah yang ada di hati dan memutuskan untuk menolak sampah orang lain. Semoga bermanfaat dan menarik rezeki yang baik-baik pula....

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)