Posts

Showing posts from April, 2018

Alam Mengajarkan Banyak Hal

Image
ARTIKEL KE 705  Guru terbaik  Kalo pengen nyari guru terbaik, gak perlu cari di kampus, di sekolah ato di tempat kursus. Tapi belajarlah lewat alam.. Karena alam ngajarin banyak kebijaksanaan yang hanya terlihat buat mereka yang mau mikir.. Apa yang diajarin alam ke kita?


1. Kedermawanan Pada tau kan apa itu kedermawanan? Ya..bersikap murah hati.. Bukan hatinya yang harganya murah...diobral... Tapi karena gampang tergerak buat nolongin orang, gak jual mahal, gak sombong, gak angkuh..itu sebabnya disebut murah hati.. Tapi seringkali perasaan murah hati bikin eneg.. Terutama kalo orang yang ditolongin gak tau berterimakasih.. Kala susah aja nyari-nyari kita, menghiba-hiba minta dibantu Begitu masalahnya selesai eh dianya ngilang entah kemana.. Jangankan balas budi, ngomong terima kasih aja kagak ! Eneg kan? Itu kalo kita gak belajar dari alam.. Dalam hal kedermawanan dan menolong orang, jadilah seperti sungai.
(Biarkan mengalir memberi manfaat tak henti-henti dan tanpa mengharap kembali).
Pernah gak m…

Berdakwah Tak Hanya Dengan Dalil

Image
ARTIKEL KE 704  Dakwah lewat perbuatanSeringkali kita terjebak dengan dakwah yang dipenuhi dengan dalil dan jargon-jargon. Perintah dan larangan pakemnya udah jelas. Hitam putih itu tegas gak ada abu-abu. Tapi dakwah yang terbaik sesungguhnya bukan hanya dengan dalil dan jargon saja tapi dakwah lewat perbuatan. Orang lain gak akan tahu gimana mualianya Islam kalo pemeluknya bertingkah laku gak islami. Hal ini yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Beliau bukan hanya menebar dakwah lewat dalil saja tapi beliaupun menebar dakwah lewat perbuatan (akhlak). 


Berikut ini cerita seorang imam masjid di London yang mempraktekkan dakwah lewat perbuatan. Imam masjid di London ini biasa naik bus untuk berpergian. Karena transportasi di kota ini sangat nyaman dan lancar. Kadang-kadang ia membayar ongkosnya langsung pada sopir bus (bukan kondektur). Suatu kali ia membayar ongkos bus, lalu segera duduk setelah menerima kembalian dari sopir. Setelah dihitung-hitung, ternyata uang kembalian dari sopir ada ke…

Berbakti Pada Orang Tua itu Melipatgandakan Keuntungan

Image
ARTIKEL KE 703  5 kali sehari semalam mendoakan orang tua itu kurang !!Uztad Arifin Nugroho bercerita kalo dirinya pernah ke Kairo dan nemu buku seperti judul di atas tulisan seorang Syekh terkenal. Dan dalam satu bab di buku tersebut ngebahas "Adab kepada orangtua". Dimana tulisan di buku itu bikin Uztad penasaran, bunyinya seperti ini,"Sungguh durhaka seorang anak yang hanya mendoakan kedua orangtuanya hanya 5 kali dalam satu hari." Gimana ceritanya kita jadi durhaka kalo ngedoain orang tua 5 kali sehari seamalam (artinya doain mereka setiap kita habis shalat fardhu)? Bukannya durhaka itu kalo gak ngedoain? Karena penasaran Uztad balik ke mesjid tempat buku itu dijual dan nanya ke pengurusnya gimana menghubungi penulis buku tersebut. Akhirnya Uztad dapat nomor kontaknya dan menemui Syekh tersebut secara langsung di mesjid saat beliau sedang ngasi kajian..

Selesai kajian, Uztad nanya, "Kenapa kok seorang anak yang sudah ngedoain kedua orangtuanya 5 kali sehari,…

Terapi Kanker Lewat Wudhu

Image
ARTIKEL KE 702  WUDHU DAN GETAH BENING Admin pernah menulis tentang dahsyatnya wudhu mendatangkan rezeki. Hubungan wudhu dan rezeki memang gak terkait langsung. Tapi kalo wudhu kita bagus dan bener, ibadah kita jauh lebih sempurna dan Allah Sang Pemberi Rezeki insya Allah melihat upaya kita dan memudahkan jalan kita menggapai rezekiNya. Lagipula rezeki bisa berupa apa aja, gak mesti berupa duit, harta atau materi yang bisa lihat dan diraba dengan tangan. Tapi kesehatan juga rezeki. Kalo gak sehat jadi susah berikhtiar dan beribadah..


Ternyata agama kita adalah agama yang sempurna.. Sanpai wudhu pun yang keliatannya kek buang-buang air membasuh anggota tubuh tertentu dengan cara tertentu ternyata punya manfaat yang begitu besar. Bersyukurlah bagi mereka yang sering *berwudhu dengan benar*, selain untuk membersihkan diri sebelum melakukan sholat, ternyata Allah Subhaanahu Wata'ala, membebaskan kita dari sakit kanker.... 
Lho kok bisa...!!? Di mana keterkaitannya??

Informasi yang admin da…

Bisnis yang Paling Bagus Adalah.....

Image
ARTIKEL 701  Hukum alam Menjual sesuatu.      Tulisan kemarin saya sudah ngebahas tentang belajar dari kesuksesan google. Kalo mau jadi pengusaha, pebisnis atau pedagang ulung kudu banyak belajar. Gak mesti sekolah formal sih, tapi yang penting belajar dari orang yang sudah sukses (baca : posisi menentukan rezeki). Gak ada tempat belajar yang paling ampuh kecuali pada mereka yang udah sukses di bidangnya karena mereka udah terbukti mampu meraih puncak..
Nyontek tips sukses orang gak dilarang kok...
Yang dilarang nyontek saat ujian hehe...


Disadari atau pun tidak, sebenarnya dunia ini ada 2 hal yang akan mempengaruhi hidup kita

Pertama adalah sesuatu yang bisa kita kendalikan (kontrol). Seperti pikiran kita, tingkah laku kita, kemalasan dan kerajinan, keputusan kita, semuanya bisa kita kendalikan. Persoalannya meski bisa dikontrol tapi seringkali lepas kontrol.. Karena kita mengendalikannya ke arah yang salah. Ibarat remote, sensornya gak mengarah ke target (TV) tapi ke lemari, jadinya TV…

Belajar Dari Kesuksesan Google

Image
ARTIKEL KE 700  Tempat Kerja paling nyenengin....Konon kantor Google di Amrik sono adalah tempat kerja yang paling membahagiakan di planet bumi ini. Kedengarannya lebay bingit ya..? Tapi ini cerita yang saya dapetin dari searching di internet. Kenapa Google sukses besar?
Karena petinggi-petinggi Google tau banget kalo kesuksesan mereka adalah kerja tim, bukan hanya kerja keras pemiliknya yaitu Sergey Brin dan Larry Page aja. Jadi tim yang sangat important ini kudu dibahagiain, dibikin senang biar kerjanya juga nyaman dan bisa nambahin pundi-pundi perusahaan.




Tempat kerja yang nyenengin.
Fokus utama buat ngebahagiain tim adalah...ngasi gaji, makan dan istirahat yang bikin nyaman... Gajinya gede (yah...nilainya di atas rata-rata lah), di kasi makan besar sampe cemilan gratis (asik kan...kerja sambil ngunyah cemilan), disediain tempat tidur siang segala (kalo ngantuk, gak perlu sungkan tinggal pasang posisi dan ngorok deh), diberikan berbagai sarana olahraga dan games biar gak gampang jenuh d…

Jenis Manusia yang Paling Bangkrut

Image
ARTIKEL KE 699  Hukuman untuk Pembully?Mau tau manusia yang paling bangkrut di dunia ini? Mereka ini adalah para pembully. Kalo dari segi kata Wikipedia bilang bully adalah gunain kecaman, kekerasan, ancaman, intimidasi buat mendominasi seseorang. Jadi apapun namanya klo itu udah ngecam, ngancam dan ngeganggu orang lain agar bisa ditaklukin dan dimanfaatin, semua itu adalah bully. Apa ada hukuman untuk pembully dalam Islam? Gimana ceritanya pembully dibilang bangkrut?


Apa kata Uztaz soal bully..? Ustaz saya mau nanya, kira-kira apa balasan bagi orang yang suka ngebully? Jawab: Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du, Sebenarnya ada banyak dalil yang ngelarang kita untuk saling menzalimi. Baik zalim secara fisik, zalim lisan, maupun zalim perasaan. Tak terkecuali menghina orang lain di depan umum, agar dia jadi bahan tertawaan, bahan guyonan. Seperti tradisi bulliying di masyarakat kita. Bagi sebagian orang, bisa ngebully itu prestasi. Apalagi jika banyak yang ikut menertaw…

Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil

Image
ARTIKEL KE 698  KAMU SENSI YA..?? Kamu gampang tersinggung dan marah alis "sensi"?
Baca deh tulisan ini.. Diceritain konon seorang pria sedang berbeda paham dengan seorang Guru Spiritual. Perbedaan paham itu bikin si pria sebut saja A sangat gusar. Saking gusarnya dia sampe ngeluarin kecaman dan kata-kata kasar. Boleh dibilang seluruh isi kebun binatang semua dikeluarin demi meluapkan kebenciannya pada Sang Guru.


Diperlakukan begitu kira-kira reaksi sang Guru gimana? Sang Guru hanya diam, mendengarkan makian, kecaman, kata-kata kasar yang keluar dari mulut pria itu dengan sabar, tenang dan gak ngomong apa-apa...
Sampe akhirnya si pria kasar tadi capek sendiri dan memilih berlalu.

Begitu pria tersebut pergi, muridnya yang merhatiin peristiwa itu jadi penasaran dan nanya: "Kok Guru diam aja diperlakukan begitu. Kenapa Guru gak balas makian pria kasar itu?.. Omongan kasar kek gitu gak bisa dibiarin begitu saja, harus dibalas supaya dia tahu berhadapan dengan siapa?"
Sambil te…

Ciri-Ciri Rezeki Macet

Image
Artikel ke 697  Rezeki macetTiap hari keknya jalanan udah langganan macet. Apa volume kendaraan lebih banyak yang wara wiri ya daripada lebar jalanannya? Ato pak polisinya gak becus ngatur lalu lintas? Atau pengemudinya yang suka seenak udel, gak punya etika berlalu lintas? Anyway apapun penyebabnya pasti kemacetan itu gabungan dari berbagai masalah, ya jalan, ya aparat, pengguna jalan dan sistem transportasi....

Bukan hanya jalan raya ataupun lalu lintas yang macet, tapi rezekipun bisa macet. Saya pernah nulis tentang rezeki macet karena kebanyakan menunggu. Tulisan yang mungkin bisa membuat kamu mikir lebih dalam mengapa kok rezekiku macet? Barangkali kamunya gak nyadar kalo penyebab rezeki macet itu ada di kamu. Kok bisa? Kamu mungkin protes... Sabar....baca tulisan ini sampe selesai..
Rezeki macet melulu!!! Kenapa ya Allah?? Kamu pasti menggerutu dan menyalahkan keadaan... Lha iya... wong kamu gak salah kok!!  Kamu bilang kamu udah ikhtiar.. Kamu juga bilang udah ibadah, doa siang malam.…

Bila Ajal Itu Tiba

Image
ARTIKEL KE 696  Mari berandai-andai Tulisan lalu juga saya berandai-andai, andaikan ajal tiba betapa ruginya kita yang kala hidup banyak kawan tapi pada saat meninggal tak ada yang bersedia menshalatkan jenazah kita...
Kali ini saya masih berandai-andai...(karena cepat atau lambat kita semua akan mengalami yang namanya mati)..
Jika saja seorang manusia meninggal dunia... Ketika ia menyadarinya kalo rohnya berpisah dengan jasad, ia melihat sesosok cahaya mendekati dirinya dengan sambil memegang sebuah koper di tangannya.


Sesosok cahaya itu berkata, "Mari kita pergi." Dan sang arwah begitu kebingungan tak tahu harus berbuat apa dan hanya bisa berucap. "Begitu cepat? Tapi sebenarnya saya masih memiliki banyak rencana." Cahaya itu bersikeras dan berkata "Maaf, waktumu sudah habis, saatnya untuk pergi." Akhirnya si arwah pasrah. Tapi penuh rasa ingin tahu diperhatikannya apa yang dipegang sesosok cahaya itu dan bertanya"Apakah isi koper yang dipegang itu?" Se…