Mengelola Ilmu

Sedikit Tentang Ilmu.  

Siapapun ingin jadi orang yang berilmu.
Saya selalu ingat kata-kata ini...
Jika engkau menguasai satu ilmu, bukan sebab engkau hebat. Tapi karena Allah telah memilih dirimu, lalu Allah memberikan padamu ilmu itu..
Maka gunakan ilmu itu untuk mengajak manusia menyembah Allah dengan baik dan benar. Dengan ilmu itu engkau bisa mengantarkan manusia jadi beriman.
Ilmu itu ibarat yang tumbuh dengan lebat
Ilmu itu pemberian Allah, karenanya jangan digunakan untuk menunjukkan kesalahan dan kekurangan orang lain seperti halnya tayangan infotainment, gosip-gosip di sekitar kita, tapi untuk mengajak mereka kepada kebaikan.
Ilmu itu pemberian Allah, untuk meninggikan kalimatNya, bukan untuk mengecilkan manusia, apalagi untuk menghinakan manusia, ilmu itu membuatmu memuliakan manusia.
(baca : 33 tahun belajar tapi cuma dapat 8 hal ini).

Bila engkau berjumpa dengan orang yang ilmunya lebih sedikit darimu, jangan engkau menyakiti hatinya dengan menunjukkan kelemahannya, bantulah, didiklah, ajarilah, berilah pemahaman sesuai kemampuanmu.
Bila engkau berjumpa dengan yang ilmunya lebih banyak, pujilah Allah, sebab Allah yang memberikannya, melebihkannya pada dirinya. Ilmu yang tinggi artinya amanahnya lebih besar juga
Ilmu bukan untuk menakut-nakuti orang lain, tapi agar jiwamu takut dan tunduk pada Allah. Sebab jika ilmumu tak membawa rasa tunduk dan patuh padaNya artinya ilmu itu penerapannya salah..
Kalau ilmumu membuatmu merendahkan manusia, berarti ilmu yang engkau miliki belum bisa meninggikan dirimu. Ilmu paling baik bila bisa bermanfaat buat orang yang lain. Yang memuliakan manusia siapapun dia. 
(baca : Carilah ilmu, jangan cari pacar)

Murid yang baik adalah yang mampu menghormati gurunya, bukan karena terpaksa tapi karena menyadari bahwa lewat gurunyalah Allah memberi ilmu padanya, sehingga dia lebih paham. Guru yang baik bukanlah yang arogan karena merasa diri lebih baik tapi bisa bekerjasama dengan murid untuk bersama-sama belajar. Jadi gurupun belajar agar bisa mengajarkan yang baik dan benar pada muridnya.
Jangan pernah merasa sedih karena tak tahu apa-apa. Karena semua cabang ilmu itu bermula dari rasa tidak tahu..
Semoga blog lancarrezeki.blogspot.com ini menjadi media pembelajaran buat siapa saja dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Insya Allah...

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)