Posts

Showing posts from January, 2017

Mengapa Mesti Matre Sih?

Image
Matre = MaterialismeBanyak yang bilang hari gini kalo gak matre, susah ! Apa-apa sekarang kan pake duit, kencing aja bayar. Gak ada sesuatu yang gratis. Orang nolongin gak ada yang ikhlas pasti ada maunya. Orang minta tolong juga kudu ngerti, gak boleh hanya sekedar ucapan terima kasih tapi harus ada wujud terima kasih itu dalam bentuk nyata. Itu artinya materialisme udah merasuk dalam sendi-sendi kehidupan kita. Materialiasme itu sangat mendewakan materi, pokoknya materi di atas segala-galanya...
Ada curhatan dari seorang cewek di medsos yang mungkin bisa jadi inspirasi buat kita. Ditambah sedikit modifikasi dari admin agar sesuai dengan tema blog ini. Selamat membaca.Gue perempuan tapi kurang setuju sama kalimat ini. "udah dandan cantik-cantik, baju udah bagus, rambut udah badai eh diajak makan di pinggir jalan". Gak level ama dandanan. Dandan tujuannya untuk mempercantik diri dan gak ada kaitannya dengan tempat makan. Karena gak ada tempat makan yang mensyaratkan tamunya h…

Rezeki dan Truk Sampah

Image
Inspirasi dari seorang supir taksi Mungkin kisah di bawah ini bisa jadi inspirasi buat kita. Bukan kisahnya admin sih, kisah orang lain yang bagus buat jadi pelajaran.Suatu hari saya naik taksi menuju ke Bandara. Taksi melaju pada  jalur yang benar, ketika tiba-tiba sebuah mobil jeep hitam meluncur keluar dari tempat parkir tepat di depan kami. Supir taksi refleks menginjak pedal rem dalam dalam hingga ban mobil berdecit dan berhenti hanya beberapa cm dari mobil tersebut. Tabrakan berhasil dihindarkan.
Pengemudi mobil jeep hitam yang ngawur itu mengeluarkan kepalanya dan mulai memaki maki ke arah kami. Supir taksi hanya tersenyum dan melambai pada orang tersebut. Saya sangat heran dan aneh dengan sikapnya itu.Karena penasaran campur sedikit kepo Saya pun nanya, "Kok bapak gak marah sama orang tadi bahkan tersenyum? Bukankah orang itu hampir merusak mobil bapak dan dapat saja mengirim kita berdua ke rumah sakit?"Ia pun menjelaskan, "Banyak orang seperti truk sampah. Mere…

Apa Bener Orang Baik Rezekinya Apes?

Image
Orang baik itu langka.Orang baik itu langka, yang banyak itu adalah orang yang merasa baik. Kalo mau tau bedanya baca tulisan ini yakinkah kalo anda orang baik? Orang baik dibutuhkan, karena jika dunia ini dipenuhi orang baik maka dunia bakal berhias kebaikan jauh dari kekacauan dan kejahatan. Begitupun sebaliknya, kalo dunia penuh dengan orang yang gak baik, pasti kita ngerasa hidup di neraka dunia saking kacaunya. Tapi dunia yang sempurna kek gini kan gak ada. Yang ada adalah dunia yang berimbang, ada orang baiknya tapi orang gak baiknya juga banyak. Akhirnya kita dihadapin pada satu pilihan pengen  jadi orang baik ato orang gak baik? Karena bukan takdir yang menentukan seseorang jadi baik atu gak, tapi karena secara sadar manusia bisa memilih. 
Dalam hati orang waras sih pengennya jadi orang baik. Ngapain jadi orang jahat, hati gak tenang, banyak yang musuhin belum lagi ancaman ketangkep polisi ato masuk bui. Tapi nyatanya masih banyak juga orang jahat yang berkeliaran dan nyari ma…

Doa Penarik Rezeki Dari Seorang Ulama

Image
Gak ada doa yang gak dikabulkan.Mungkin banyak yang gak percaya kalo admin bilang gak ada doa yang gak dikabulin Allah? Soalnya menurut pengalaman, biasanya kalo kita punya hajat kan pasti ikhtiar dan gak lupa doa kita panjatkan. Karena kita nyadar banget kalo ikhtiar itu gak ngejamin hajat kita bakal kesampean. Kita sih ngarep biar Allah berkenan memperkenankan hajat kita, kalo bisa sih tercapainya cepet, gak pake lama dan sesuai dengan keinginan kita. Tapi kejadiannya kadangkala di luar harapan kita. Pengennya sih A, kok gak terkabul ya, malah jadinya B? Artinya gak semua doa kita dikabulin Allah dong, begitu mungkin pikir kita.
Baca deh sabda Rasulullah di atas. Kalo kamu ngaku muslim dan berdoa pada Allah PASTI dikabulin. Gimana caranya? Tau gak sih kalo Allah itu punya cara sendiri ngabulin doa kita. Allah yang nyiptain kita tau banget apa yang kita butuhin dan apa yang terbaik bagi kita. Sementara kita kan gak tau. Kita tuh  kebanyakannya sok tau aja jadi orang, aku pengen A dan …

Ridha Suami dan Rezeki Istri

Image
Nilai ketaatan seorang isteri Menjadi isteri bukan perkara mudah. Gak ada sekolah yang khusus ngajarin kita gimana caranya jadi isteri yang baik dan solehah. Beda kalo mau jadi dokter, suster, arsitek dan profesi lainnya yang ada sekolahnya, ada ilmunya dan bisa dipelajari. Sementara menjadi isteri harus berdasarkan dari pengalaman melihat apa yang dilakukan oleh ibu kita dan isteri-isteri lain yang ada di sekitar kita. Saat menerima takdir menjadi isteri dari seseorang, saat itulah kita terus belajar dan berproses menjadi isteri yang baik.Laki-laki adalah pemimpin wanita. Meskipun seorang suami memiliki peran yang besar dalam keluarga yaitu sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah utama, tapi peran isteri pun gak boleh dikesampingkan. Rasulullah SAW pun memperhatikan hal ini. 
Ada sebuah riwayat diceritakan kalau suatu ketika Rasulullah saw. melihat Fatimah r.a, puteri tercintanya itu sedang menggiling gandum sambil menangis. Rasulullah pun menghampirinya, seraya bertanya mengapa dia…

Rezeki dan Sentilan Allah.

Image
Sentilan Allah.Kadang-kadang sebenarnya Allah menyentil kita tanpa kita sadari. Kenapa? Silakan baca kisah di bawah ini.Ada seorang mandor bangunan yang lagi ngerjain proyek bangunan bertingkat di suatu tempat. Mandor ini sebut saja namanya Amir lagi butuh sama pekerjanya untuk melakukan suatu pekerjaan. Amir yang kebetulan berada di lantai 5 berusaha memanggil pekerjanya yang lagi sibuk bekerja di bawah, katakanlah namanya Hasan.
Mulailah Amir memanggil-manggil nama Hasan. Setelah sang mandor berkali-kali berteriak memanggil namanya, si Hasan gak kunjung menoleh, tetap sibuk dengan pekerjaannya. Mungkin suara sang mandor Amir kurang keras dan gak terdengar oleh Hasan, belum lagi ditambah bisingnya suara alat bangunan yang riuh rendah menambah kegaduhan di proyek tersebut.Karena merasa perlu dengan pekerjanya tapi ogah buat turun ke lantai bawah mulailah sang mandor Amir mencari akal untuk menarik perhatian Hasan, pekerjanya. Sang mandor terus berusaha agar si pekerja mau menoleh ke at…

Mau Baik Rezeki? Perbaiki Dulu Akhlakmu !

Image
Baik rezeki dimulai dari diri.Seringkali orang beranggapan bahwa baik rezeki dikarenakan usaha atau pekerjaannya. Padahal baik rezeki tertarik oleh akhlak yang baik. Perhatikan amalan-amalan berikut yang membaikkan ahlak dan insya Allah membaikkan rezeki.
(1) Mulai hari dengan shalat fajar dan doa. Mulailah harimu dengan sholat fajr dan doa-doa di pagi hari agar kau mendapatkan keberuntungan dan kesuksesan. Mengapa harus shalat fajar? Karena shalat fajar itu lebih baik dari dunia dan isinya. Kita tiap hari bangun subuh dan bergegas pergi kerja dengan impian meraih dunia. Kalo kita mulai hari dengan shalat fajar (2 rakaat sebelum shalat subuh), kita dapat pahala yang jauh lebih baik dari dunia yang kita cari itu. Silakan baca penjelasan lanjutannya di sini.
Mengapa harus berdoa di subuh hari? Karena pada saat subuh itulah rezeki dibagikan. Jika hari diawali dengan doa pada Sang Pembagi Rezeki, bukankah besar kemungkinan kita dapat rezeki yang berkah hari itu?

(2). Lanjutkan dengan istighfa…

Rumah Tangga Seret Rezeki? Mungkin Ini Sebabnya.

Image
Rumahku surgaku.Pernah dengar ungkapan seperti ini? Rumahku surgaku, karena ada rumah tangga yang menentramkan hati sehingga pulang ke rumah itu ibarat masuk surga, saking nyamannya...Tapi banyak yang kita lihat dari sekitar kita, kalo rumah itu bagai neraka karena rumah tangganya sangat tidak nyaman, sangat mempengaruhi performanya di luar. Pada tulisan yang lalu admin udah mengupas apa penghambat utama rezeki dalam rumah tangga. Kali ini kita bakal fokus pada penyebab seretnya rezeki dalam rumah tangga.Menikah adalah salah satu pintu masuknya rezeki. Dengan menikah rezekinya harusnya lebih lancar dong, bukan sebaliknya malah seret dan terhambat. Kalo pun kejadian rezekinya bener-bener seret bukan perintah menikahnya yang salah, tapi CARA kita menjalani pernikahan itu yang belum tepat. Namanya juga nikah gak ada sekolahnya, pastilah ada trial and errornya. Tapi kalo hasilnya error melulu, pasti ada yang salah dong? Kira-kira apaan ya..??Perhatikan hadits Rasulullah SAW berikut ini, k…