Dosa Kecil Akhirnya Menenggelamkan Rezeki Anda

Dosa adalah penghalang rezeki terbesar.


  • Mengapa kita banyak berbicara tentang dosa di blog lancarrezeki.blogspot.com ini? Karena dosa sangat erat kaitannya dengan rezeki.
  • Penghalang rezeki yang paling besar adalah doyannya kita berbuat maksiat dan dosa. Kebohongan kecil, fitnah kecil yang kita fikir hanya candaan. Mencela dandanan orang lain, gosipin tetangga yang baru naik pangkat, semuanya kita anggap kecil saja. Yang penting tidak zina, tidak membunuh dan shalat tetap rajin, kita anggap bukan soal kalo dosa kecil-kecilan. 


Jangan abaikan dosa kecil

  • Jangan abaikan dosa kecil, karena dosa kecil lama-lama bisa menenggelamkan kita sampai megap-megap kehabisan nafas alias mati dalam kondisi melakukan dosa. Naudzu billah.Karena dosa erat kaitannya dengan aliran rezeki maka kudu diperhatikan baik-baik. Termasuk dosa kecil yang sering kita anggap remeh temeh. Karena kalau tidak diperhatikan bisa jadi kita terbiasa melakukannya, alias enteng saja melakukan dosa. Kalo rezeki tiba-tiba terhalang, kita belum tentu sadar bahwa itulah penyebab kemandekan rezeki kita.

Kapan dosa kecil perlu diwaspadai?


(1) kalau kita jadi terbiasa alias terus menerus melakukan dosa.

  • Karena kita anggap kecil maka dosa itu jadi biasa aja buat kita. Bohong kecil-kecilan biar keliatan hebat atau untuk melengkapi cerita itu gak papa. Kita lupa bahwa bohong itu dosa mau kecil atau bohong besar tapi intinya kita melakukan dosa, terus menerus tanpa risih dan tanpa takut. Tapi bukan berarti tak ada manusia yang menyadari kekeliruannya.
  • Surah Al Imran 135 menjelaskan sesuatu tentang hal ini. Bagaimana manusia yang memang tak pernah lepas dari dosa menyadari kekeliruannya dan meminta ampun kepada Allah SWT. Lewat doa yang dilakukan secara ikhlas dan istiqamah bisa melebur dosa.

  • Dosa kecil kalau dilakukan dengan rajin dan istiqamah lama-lama kan jadi besar juga. Akhirnya sama saja kita berbuat dosa besar yang akan dicatat dan dimintai pertanggung jawaban di akhirat nanti. 

(2) kalau kita tak peduli (cuek) dan nganggap enteng melakukan dosa.

  • Ala bisa karena biasa. Kalau sudah sering melakukannya lama kelamaan jadi mahir. Kalau urusan keterampilan yang mempengaruhi kualitas kehidupan itu bagus. Misalnya terbiasa menggunakan bahasa inggris sehari-hari, meski awalnya masih gagu dan belepotan tapi lama kelamaan jadi lancar dan bisa sefasih bule.
  • Tapi kalo urusan dosa mendingan jangan deh. Karena ada kesempatan selingkuh dan ada orang yang bersedia diselingkuhin, jadinya selingkuh. Karena ketagihan akhirnya jadi sering melakukannya. Meski katanya hanya untuk selingan saja dan nganggap enteng karena tak sampai melakukan perzinahan (persetubuhan). Padahal saling memandang dan berpegangan tangan itu sebenarnya sudah zina, zina mata dan zina hati.
Rasulullah SAW bersabda :
Orang beriman melihat dosanya seperti ketika duduk di bawah gunung, takut jangan sampai gunung itu menimpanya. Sementara orang yang fasik melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat depan hidungnya.

  • Maksudnya orang beriman itu sangat takut berbuat dosa. Hal-hal kecil saja bisa bikin dia malu dan takut pada Allah sehingga langsung tersungkur minta ampun sebelum murka Allah mengenai dirinya.
  • Sementara orang yang fasik dia cuek saja dengan dosanya, ibarat ada lalat yang terbang melintas depan batang hidungnya dia tetap tak pedul. Mahluk kecil tak berguna tidak ada urusan dengannya, begitu mungkin pikirnya.

(3). Malah senang dengan dosanya.

  • Ada orang yang doyan minum khamar, karena minum membuat hatinya senang dan dia lupa kepahitan hidup yang dialaminya. Toh segelas atau dua gelas saja tak apa-apa, karena tak bikin mabuk. Dia suka nonton film porno, karena perbuatannya itu membuatnya happy, yang penting dia tidak melakukan zina. Ada orang yang suka memungut riba, baginya itu menyenangkan karena bisa membantu orang lain dan dapat imbalan dari usahanya tersebut. Padahal Allah jelas-jelas melarang riba.
  • Saking jeleknya riba itu disamakan dengan orang yang kemasukan setan dan gila. Banyak jalan menuju kaya, memungut riba bukan salah satu diantaranya. Kalaupun ada orang yang kaya karena riba maka kekayaannya itu gak berkah.
Jika kita berada dalam 3 kondisi tersebut, artinya kita harus mewaspadai perbuatan maksiat kita yang bisa menenggelamkan rezeki kita karena kita ternyata menggampangkan berbuat dosa.

Sadarlah, sebelum kematian mendatangi kita, pada saat kita lagi nyaman dengan dosa-dosa kita dan tak sempat bertaubat. Naudzubillah min dzalik.

Wallahu alam...

Mengapa Jin Merasuki Tubuh Kita, Sehingga Menghambat Rezeki?

Jin bisa masuk dalam tubuh kita.

  • Sebelumnya kita sudah membahas penyebab rezeki anda terhambat mungkin saja karena tubuh anda dikuasai jin kafir? Penjelasannya silakan baca kembali di sini.


Alasan kenapa jin merasuki tubuh manusia.

ALASAN PERTAMA
Ingin menang perang.
  • Jin merasuki tubuh manusia karena ingin memenangkan perang yang telah lama terjadi antara kelompok manusia dan jin. Jin menganggap lebih mudah mengalahkan manusia jika mereka merasukinya. Akhirnya tingkah laku manusia menjadi tidak terkontrol karena pengaruh jin dalam tubuhnya.
  • Jadi mereka sengaja mencari teman untuk menemaninya di neraka, jadi penghuni kekal selamanya.

ALASAN KEDUA
Ingin balas dendam
  • Kadang juga jin merasuk ke dalam tubuh manusia karena ingin melakukan pembalasan (balas dendam) atas perbuatan manusia yang menyakiti mereka dengan mengencingi, menumpahkan air panas atau membunuh sebagian mereka (kerabatnya) sementara manusia tidak mengetahui kesalahan tersebut.
  • Balas dendam yang mereka lakukan bisa dengan membuat lumpuh (membuatnya malas ibadah), buta (membuatnya tak bisa melihat kebaikan), tuli (membuatnya tak bisa mendengar kebenaran), mendorongnya untuk melakukan bunuh diri dan sebagainya.

ALASAN KETIGA
Karena cinta.
  • Jin sama seperti manusia yang punya nafsu dan keinginan serta bisa jatuh cinta. Selain jatuh cinta pada sesama kaumnya mereka juga bisa jatuh cinta pada manusia. Mereka ini gak ada yang homo ato lesbi ato penganut LGBT. Jin laki biasanya suka sama manusia yang berjenis kelamin wanita, demikian pula sebaliknya. Kenapa jin bisa jatuh cinta, biasanya karena sering melihat manusia telanjang. Karena itu Allah menyuruh kita untuk tak putus zikir terutama saat masuk ke kamar mandi yang merupakan tempat kesukaan jin dan saat berhubungan badan dengan isteri/suami, senantiasa ingat Allah dan mohon pertolongan Allah .
  • Jin bisa jatuh cinta pada manusia karena sering terlihat auratnya oleh mereka. Dan biasanya kita kalau masuk kamar mandi kan telanjang, jadi biar auratnya tidak terlihat langsung oleh jin kita harus berdoa sebelum masuk kamar mandi.
jin

ALASAN KEEMPAT
Ingin manusia bertaubat.
  • Banyak juga jin baik tapi nyeleneh. Jin masuk ke dalam tubuh manusia karena dia ingin agar manusia tersebut bertaubat kepada Allah Subhaanallahu wa Ta’ala. Sebagian jin senang berbuat kebaikan, akan tetapi dia jahil sehingga dia melakukannya dengan cara masuk ke dalam tubuh manusia untuk mendorong orang tersebut bertaubat kepada Subhaanallahu wa Ta’ala. Sehingga jin ini pun menyakiti manusia ketika manusia ini hendak melakukan perbuatan – perbuatan maksiat.

ALASAN KELIMA
Menemukan kesamaan.
  • Jin kafir memang doyannya buat maksiat pada Allah, itu sudah karakternya. Dan dia senang kalo manusia ikutan berbuat maksiat. Jin tersebut terjatuh ke dalam perbuatan maksiat dan bid’ah. Kemudian dia mendapati sebagian manusia juga terjatuh pada perbuatan yang sama, akhirnya dia merasa memiliki kesamaan dengan manusia tersebut, sehingga masuklah dia ke dalam tubuh manusia untuk mendorongnya agar selalu berbuat maksiat dan bid’ah.

ALASAN KEENAM
Belajar sihir.
  • Banyak manusia yang tujuan hidupnya mencari kesaktian agar dimuliakan manusia. Dan untuk mencarinya, tidak melulu lewat jalan yang benar, jalan yang sesat (lewat bisikan dan petuah jin) pun ditempuhnya dengan berguru ilmu yang sesat, mempelajari kitab-kitab sihir.
  • Sebagian jin masuk ke dalam tubuh manusia dengan sebab orang tersebut membaca kitab – kitab sihir. Jika hal itu terjadi, sebagaian jin mengambil kesempatan untuk masuk ke dalam tubuh orang yang membaca kitab sihir dan menghadirkan jin. Dia melakukannya karena jahil dan iseng. adapun Jika orang ini memang ingin mempelajari sihir dan ingin menghadirkan jin, maka lebih memungkinkan lagi bagi jin untuk masuk ke dalam tubuhnya. Maka, hati – hatilah ! Jangan mendekati kitab – kitab sihir dan jangan pula membaca isinya ! Kecuali bagi orang alim, yang bertujuan untuk membantah kebobrokan para syaitan dari kalangan jin dan manusia.

ALASAN KETUJUH
Mengajak maksiat dengan mempraktekkan sihir.
  • Jin adalah pakarnya ilmu hitam dan dia suka mengajak manusia untuk mempraktekkannya bersama-sama, agar manusia lain dibuat takjub olehnya.
  • Sebagian jin masuk ke dalam tubuh manusia karena dia ingin mengajak orang tersebut melakukan sihir dan ilmu nujum. Syaitan memiliki berbagai jenis tipuan yang sangat berbahaya buat manusia. Misalnya, dia mengaku bahwa mereka adalah malaikat yang di utus oleh Allah Subhaanallahu wa Ta’ala kepadanya, kemudian jin ini pun melakukan aksi -aksi heroik sehingga dengan makar dan tipu daya mereka inilah dia menyangka bahwa jin -jin tersebut benar serta cara-cara alias amalan – amalan yang diserukan oleh jin itu juga benar dan bermanfaat. Contohnya adalah mereka yang suka belajar ilmu kebal, mencari ilmu pemikat wanita, bahkan beberapa diantaranya adalah menjadikan sihir sebagai seni pertunjukan (magician / tukang sulap yang meminta bala bantuan jin, untuk membuat pertunjukannya spektakuler).

ALASAN KEDELAPAN
Ingin menghinakan manusia.
  • Sebagian Jin masuk ke dalam tubuh manusia karena hanya mempermainkan dan menghinakan manusia. Dibuatnya manusia tampak hina dengan menjadikan maksiat sebagai penghias hidupnya. Anda pikir kenapa ada orang yang keranjingan nonton film porno, mengunjungi rumah bordil dan mengencani wanita dan mengajaknya melakukan zina, belum lagi mereka yang doyan mabuk ganja dan mabuk minuman keras? Karena jiwa mereka telah dikuasai oleh jin yang membuat mereka jatuh paad kehinaan dan kerendahan.

ALASAN KESEMBILAN
Menuruti kesepakatan
  • Jin masuk ke dalam tubuh manusia karena adanya kesepakatan antara jin dan tukang sihir/ pengguna ilmu hitam untuk masuk ke dalam tubuh manusia yang ingin disihir oleh tukang sihir tersebut. ini merupakan bentuk yang paling masyhur diantara sebab masuknya jin ke dalam tubuh manusia. Allah Subhaanallahu wa Ta’ala berfirman tentang para tukang sihir : 
  • ” Maka mereka mempelajari dari keduanya (Harut dan marut) itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang dengan isterinya. Dan mereka itu tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan Izin Allah.” (QS. Al-Baqarah : 102).

ALASAN KESEPULUH
Manusia berada dalam kondisi tertentu.
  • Ada kondisi tertentu dimana jin masuk ke dalam tubuh manusia. Kezaliman jin terhadap manusia seperti mengganggunya tanpa sebab. Dalam hal ini jin tidak bisa mengganggu manusia kecuali dalam salah satu dari empat keadaan berikut : Marah sekali, Takut sekali, Senantiasa bernafsu syahwat, lalai sekali.
baca : waspadai 17 pintu masuk setan dalam tubuh manusia

BAGAIMANA JIN DAN SYAITAN ITU MASUK KE DALAM TUBUH MANUSIA?

  • Jin dan syaitan itu memiliki jasad, tubuh seperti halnya manusia. Hakekat ini sudah diketahui dan tidak ada yang mengingkarinya,  kecuali bagi orang yang jahil atau sombong. Bagaimana cara jin itu bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan hewan,  sedangkan mereka itu berjasad?.
  • Jawabannya adalah,  bahwa Allah Subhaanahu watala, telah memberikan kemampuan kepada jin dan syaitan untuk berubah diri dari penciptaan asal mereka,  dan perubahan ini bisa menjadi bentuk jasad yang lain. Misalnya, jin bisa berubah bentuk menjadi manusia, dan kadang-kadang berubah bentuk menjadi angin dan udara. Jin itu juga mampu berubah menjadi angin dan udara dengan izin Allah Subhaanahu watala, sehingga mereka mampu  masuk ke dalam raga manusia dan berjalan di setiap urat dari urat-urat manusia,  sebagaimana mengalirnya air didalam urat-urat. 
  • Dalil yang menunjukkan tentang hal ini adalah sabda Rasulullah Shallallohu alaihi wa sallam,:
 Sesungguhnya syaitan berjalan dalam tubuh manusia di tempat peredaran darah.(HR. Al Bukhari).
  • Dalam hadits Anas Radiallohu anhu, yang diriwayatkan oleh Muslim (2611), Ahmad (3/229) dan selain keduanya bahwa Rasulullah Shallallohu alaihi wa sallam,bersabda :
Ketika Allah membentuk Adam di surga, Allah pun meninggalkannya sesuai dengan kehendak-Nya. Maka Iblis pun mengintari (Adam) dan memperhatikan bagaimana keadaannya. Ketika melihat ada sisi yang kosong, maka dia pun mengetahui bahwa Allah telah menciptakan satu ciptaan yang tidak mampu untuk menahan diri.
  • Bukti nyata akan hal itu tatkala orang yang kerasukan mendapati waswas dalam dirinya yang bukan merupakan kehendak jiwanya yang diluar keinginannya. Bahkan sebagian manusia dikuasai oleh syaitan dengan waswas sampai syaitan bisa menguasainya secara keseluruhan sehingga dia melakukan berbagai perbuatan yang memudharatkan dirinya seperti memukul, membunuh dan yang lainnya.
  • Jadi peliharalah diri dan keluarga agar tidak menjadi sarang jin. Baca Al Quran dan lakukan ibadah dengan benar, ikhlas, bukan sekedat menggugurkan kewajiban. Jin itu harus kita perangi bukannya kita jadikan teman. Karena mereka pasti mengajak ke neraka.
  • Wallahu alam....

Alasan Mengapa Para Dermawan Non Muslim Tak Bisa Masuk Surga.

Siapa itu kafir?

  • Orang kafir adalah orang yang menyembunyikan atau mengingkari kebenaran, berasal dari kata kufur yang artinya ingkar, menolak atau menutup. Jadi siapa saja yang mengingkari kebenaran Islam disebut sebagai kafir.
dilaknat


Siapa philantropist itu?


  • Philantropis adalah orang yang liberal, murah hati, dermawan dan berpaham bebas. Kesimpulannya mereka yang punya banyak duit dan suka bersifat dermawan, membagi-bagi sebagian duit miliknya untuk orang lain masuk kategori ini.
  • Bill Gates orang terkaya di dunia dan membuat sebuah yayasan bersama isterinya untuk menolong orang lain. Mark Zuckerberg bos facebook yang masih muda lebih memilih hidup sederhana padahal mampu untuk bergaya hidup mewah dan memilih untuk menjadi philantropist. Belum lagi artis, presenter dan wanita kulit hitam terkaya di dunia Oprah Winfrey pun melakukan hal yang sama. Kaya, punya banyak duit dan dermawan.
  • Kalau mereka ini rajin berbuat baik, dermawan dan jago sedekah apakah mereka bisa masuk surga? Masalahnya mereka bukan muslim. Tapi kan amal kebajikannya melebihi orang muslim....
baca : mengapa orang yang dermawan, rezekinya terus bertambah?


Dermawan kafir tak bisa masuk surga, mengapa?

  • Ada seseorang yang bertanya pada uztaz apa para philantrophist non muslim yang kaya raya dan menyumbangkan uangnya dalam jumlah besar untuk kemanusiaan, termasuk memberi bantuan pada muslim yang teraniaya punya peluang untuk masuk surga?
  • Mereka rajin sedekah dan suka berbuat baik, apakah Allah berbaik hati menempatkan mereka di surga meski mereka itu non muslim?
  • Jawaban si uztaz adalah tidak. Mengapa? Bukankah dia berbuat amal kebajikan, membantu sesama?
  • Uztaz tersebut memberikan penjelasan seperti ini. Andai anda mencari ilmu di suatu perguruan tinggi terkemuka di Amerika, katakanlah Harvard University, setiap hari ikut kuliah, mengerjakan tugas-tugas dengan baik, memiliki prestasi yang cemerlang, nilai-nilai yang bagus, dan diakui oleh dosen dan profesornya TAPI dia tidak pernah mendaftar secara resmi sebagai mahasiswa Harvard, apakah dia boleh diwisuda sebagai sarjana di bidang ilmunya dan mendapat gelar lulusan Harvard University di Amerika? Jawabannya tentu tidak! Hanya mereka yang resmi terdaftar di kantor administrasi universitas, menjalani perkuliahan, menyelesaikan kewajibannya sebagai mahasiswa dengan baik yang boleh diwisuda dan menerima gelar. Kalau tidak terdaftar artinya kan penyusup alias ilegal dan tak berhak menerima ijazah seperti rekan-rekannya yang resmi. Meskipun dia jauh lebih cemerlang, jauh lebih cerdas, tapi ada prosedur awal yang tidak diikutinya yang membuatnya tak pantas menerima gelar dari tempatnya belajar.
  • Begitu juga dengan manusia. SYAHADAT ibarat pendaftaran resmi menjadi seorang muslim. Jika seseorang telah mengucap syahadat dia sudah pasti Muslim dan jika dia berbuat amal saleh dan kebajikan maka selain mendapatkan pahala dunia dia juga dijanjikan pahala akhirat yang bisa mengantarkannya masuk surga. Tapi bagi mereka yang tak pernah syahadat imbalannya hanya pahala dunia, kesenangan hidup di dunia tapi tak ada bagiannya di akhirat.
baca : mengapa orang kafir tetap diberi rezeki padahal mereka tak menyembah Allah?
  • Saya tutup tulisan ini dengan ayat Allah, Surah Al Imran 145 berikut ini :
pahala dunia
  • Jadi kalo mau masuk surga kudu masuk Islam dulu. Masuk Mekkah aja harus Muslim kok, apalagi masuk surganya Allah.
  • Wallahu alam.. 

4 Sikap Yang Paling Sering Kita Lakukan yang Ternyata Menjauhkan rezeki.

Sikap bisa jadi penentu rezeki anda!

  • Masih merasa rezeki anda susah? Jangan salah, sikap kadang menjadi penghambat rezeki masuk. Kita pikir sikap tidak menentukan rezeki anda? Perhatikan tulisan di bawah ini, beberapa sikap yang paling sering kita lakukan yang ternyata mengusir rezeki, membuatnya menjauhi kita. Sikap apa saja itu?
rezeki

(1). SUKA MENCELA
      
       a. Cuaca.
  • Kondisi cuaca sering menimbulkan ketidaknyamanan bagi kita. Kita pun kadang berharap cuaca adem tapi yang diberi Allah malah cuaca panas yang menyengat atau hujan lebat berhari-hari sehingga menghalangi aktivitas kita. Tapi kan tidak mungkin Allah mengkondisikan cuaca sesuai kehendak kita. Tidak mungkin kehendak Allah harus mengikuti kehendak kita. Jangan sampai ketidaknyamanan itu membuat kita marah dan tidak terima dengan takdir Allah. Jaga lisan baik-baik, jangan sampai kita tergelincir melakukan celaan terhadap cuaca yang tidak bersahabat. 
  • Hadits Rasulullah " Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang mengundang ridha Allah yang tidak sempat dia pikirkan, namun Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu. Sebaliknya ada hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang membuat Allah murka dan tak pernah memikirkan bahayanya lalu dia dilemparkan ke dalam jahanam (H.R.Ahmad).
Mencela cuaca = mencela Zat yang menciptakan dan mengendalikan cuaca. 
  • Protes seorang hamba saat Allah menetapkan takdir, sejatinya protes pada Allah. Dalam sebuah hadits qudsi Allah melarang kita untuk protes pada keadaan yang Dia ciptakan.
  • Rasulullah SAW bersabda, Allah Taala berfirman, "manusia menyakiti Aku, dia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik masa, Akulah yang mengatur malam dan siang". (H.R. Bukhari Muslim). 
  • Mencela cuaca sama saja dengan mencela waktu karena keduanya ketentuan Allah. Tidak apa-apa mengomentari cuaca, asal hanya sekedar memberitakannya saja. Seperti "Hujan membasahi sepatuku. Atau cuaca sedang panas, sebaiknya memakai pelindung saat keluar rumah." Tapi jangan mencela, dengan kalimat seperti "ngapain juga hujan turun terus, bikin banjir mana jalanan macet lagi! Sebel deh sama hujan, gak malam, pagi, siang sore gak pernah absen, rajin banget, istirahat napa?"
baca : mengapa tukang kritik jauh rezeki?
      
    b. Makanan.

  • Jangan mencela makanan, karena makanan lah yang menunjang tubuh anda agar bisa bertahan hidup, bisa kuat melaksanakan aktivitas, bisa ibadah, bisa menikmati dunia. Bayangkan jika harus menahan lapar, tubuh jadi lemas, tak bisa beraktivitas, ibadah malas. Mencela makanan berarti mencela yang memberi makan. Bukan karena anda yang masak, anda yang beli dengan uang sendiri lalu merasa jumawa, seolah-olah anda yang memberi makan diri sendiri. Padahal siapa yang menumbuhkan padi, sayur, buah sebelum masuk ke perut anda? Siapa yang memenuhi laut dengan ikan, menciptakan hewan ternak untuk jadi sumber protein anda? 

Jika anda mencela makanan artinya anda mencela Allah. 
  • Jika makanan itu tak sesuai selera, tak usah dimakan, cukup diberi kepada orang yang menyukainya. Jika diundang dan masakan tuan rumah tidak enak, sekedar mencicipi sedikit untuk menghormatinya tidak apa-apa ketimbang menghabiskan tapi sudah itu mencela habis-habisan (di belakangnya). 
  • Tahukah anda begitu banyak orang yang terlibat sampai makanan itu terhidang di atas meja makan anda. Ada petani yang menanam, memelihara dengan susah payah kemudian memanen tanaman itu. Ada peternak yang bersimbah peluh memelihara ternaknya agar siap untuk diperdagangkan. Ada pedagang yang memproses kemudian menjualnya. Anda tinggal datang ke pasar, bawa duit kemudian mengolahnya, tinggal makan.
baca : mau rezeki berkah, bersyukurlah atas makanan kita
   
    c. Manusia
  • Fisiknya. Lihat orang jelek dicela, liat orang cacat diejek, liat orang penyakitan dikatain, liat orang gendut diketawain, liat orang kurus kerempeng dibilangin. Bahkan yang cantik pun dicurigain, jangan-jangan operasi plastik.Tak ada yang luput dari celaan kita, padahal kita pun tak sempurna.
  • Kelakuannya. Lihat orang pintar dibilangin sok tau alias kepo, liat orang bodoh dibilangin gak pernah makan sekolahan, lihat orang jahat didoain biar semaput, liat orang malas dibully, liat orang baik dibilang pencitraan, liat orang kalem dibilang jaim. Tak ada kelakuan yanh luput dari celaan kita. Padahal kelakuan kita belum tentu bagus. Mencela sesama manusia = mencela penciptanya. Siapa Dia? Allah Taala.
  • Pekerjaannya. Liat orang ngemis dibilangin malas, liat psk dikatain gak bermoral, liat pejabat kaya dicurigain hasil korupsi, liat PNS dibilangin cuma bisa terima gaji buta. Tak ada pekerjaan yang bagus di mata kita, semua punya kekurangan yang pantas untuk dicela.
  • Pemerintah. Kita tak pernah puas dengan kinerja pemerintah, selalu saja ada kurangnya. Semua kebijakan yang dibuat pemerintah selalu salah sasaran menurut kita. Tak pernah ada yang pas. Padahal jadi pemerintah yang mengurus rakyat itu tak mudah. Belum tentu kalau kita duduk menggantikan bisa berbuat lebih baik.
  • Pemberian. Saat diberi sesuatu oleh orang lain kita tak pernah puas, selalu saja ada kurangnya. Mulai dari harganya yang dianggap murahan, bentuknya yang tak menarik hatimu, macamnya yang tak sesuai keinginanmu, si pemberi tak kamu sukai orangnya dan sebagainya. Padahal pemberian itu rezeki. Kita tak pernah minta dikasi kado trus tiba-tiba ada yang kasi (meski isinya tak sesuai harapan). Kita tak pernah minta traktir tiba-tiba makan ada yang bayarin (meski kita menuduhnya sok), kita tak pernah minta pujian trus ada yang muji(meski kita menuduhnya gak iklas). Kita tak pernah terima pemberian dengan rasa syukur, selalu saja ada ruang buat nyela.


(2). SUKA MENGELUH
  • Harga-harga yang melambung. Apa lagi yang bikin kita gerah kecuali soal harga? Harga naik bikin kita ngeluh berkepanjangan karena daya beli berkurang.
  • Gaji tak naik. Setiap orang ingin punya uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Tapi meski harga-harga pada naik kita tetap harus menerima kenyataan kalau gaji kita tetap saja alias tak naik. Hal itu membuat kita mengeluh karena kurangnya duit yang bisa dibelanjakan.
  • Pendapatan yang seret. Tiada hari tanpa mengeluh, termasuk saat bisnis menurun, keuntungan menjauh, malah rugi melulu. Semua itu dikeluhkan dan mulai sibuk mencari kesalahan di luar dirinya. Mulailah mengeluhkan pemerintah yang tak becus mengurus negara sehingga pendapatan warganya menurun sebagai akibat dari resesi ekonomi yang berkepanjangan, banyak orang yang susah karenanya.
  • Sejuta daftar keluhan adalah hal-hal yang menghiasi hari-hari kita, seolah tiada hari tanpa keluhan. Keluhan menarik energi negatif dan menjauhkan rezeki. Mengapa bisa begitu? Keluhan identik dengan kekufuran, ketidak bersyukuran, ketidakmampuan menerima ketentuan Allah dengan baik.
baca : rezeki bakalan mandek jika anda selalu mengeluh

(3). SUKA MENGUMPAT.
  • Coba perhatikan hal-hal berikut ini, apakah anda sering melakukannya?
  • Hampir diserempet orang bukannya istighfar, malah mengumpat, ngata-ngatain orang kalo perlu mendoakannya celaka.
  • Saat terpercik air hujan karena kendaraan yang lewat di dekatnya bukannya sabar malah mengumpat dan mengatakannya sok / sombong karena naik mobil / motor.
  • Didahului orang lain saat antrean bukannya menegur dengan baik-baik malah keluar seluruh sumpah serapah dari mulut kita, kalau perlu ngajak duel orangnya.
  • Pokoknya tidak ada hal-hal yang tidak membuat kita kesal. Hal-hal yang membuat kesal itu mewarnai kehidupan kita sehari-hari. Perasaan kesal itu akan membuat kita tak bahagia, dan perasaan tak bahagia akan memancarkan energi negatif dalam diri kita dan energi negatif itu akan mengusir rezeki jauh-jauh. Orang saja ogah mendekat pada mereka yang pemarah, tukang mengumpat dan gampang kesal, bukan?

(4). PERHITUNGAN
  • Perhitungan beda dengan kikir. Kikir sama sekali ogah untuk mengeluarkan duit, sementara perhitungan mau mengeluarkan duit setelah menghitung untung rugi dsb.
  • Perhitungan dengan uang. Banyak orang yang perhitungan dengan uangnya. Mungkin termasuk anda dan saya. Kita sanggup beli pulsa atau kuota internet sampai ratusan ribu, tapi begitu masukin ke celengan mesjid paling besar 20.000 rupiah. Karena internet dan pulsa adalah kebahagiaan hidup kita, sementara celengan mesjid kita belum melihat urgensinya alias keuntungannya bagi kita. Kita sanggup makan di restoran mahal dengan biaya jutaan rupiah tapi memberi makan orang miskin dan anak yatim cukup pada saat bulan puasa saja atau pada saat ada keperluan (pencitraan, pilkada dsb).
  • Perhitungan dengan amal kebaikan. Kita pilih-pilih untuk melakukan amal kebajikan, kita berbuat baik pada orang yang akan memberi kita sesuatu. Sebelum melakukannya kita pikir untung ruginya, apa yang kita dapatkan dari perbuatan tersebut, bermanfaat atau tidak. Jika tidak ada imbalannya kita ogah melakukannya. Kita tak pernah ikhlas, kita pamrih dalam melakukan sesuatu. Pamrihnya bukan pada Allah tapi pada manusia yang lemah. Sadarkah bahwa kita sebenarnya melakukan syirik? Syirik adalah dosa besar yang tak terampunkan dan penghambat rezeki nomor satu.


Perbaiki sikap anda !

  • Itulah 4 sikap yang paling sering kita lakukan yang mengusir jauh-jauh rezeki dari kita. Bukan Allah berbuat zalim tapi sikap kita yang tanpa disadarilah yang membuat rezeki kita macet, terhambat dan mandek.
baca : rezeki terasa mandek, berhijrahlah !
  • Jika ingin rezeki lancar kembali, perbaiki sikap anda. Tahukah bahwa Allah senantiasa melihat apa yang anda perbuat, malaikat senantiasa mencatat apa yang anda kerjakan dan kematian bisa menjemput anda tiba-tiba. Maukah anda mati dalam kondisi melakukan perbuatan tercela dengan amal kebaikan yang minus? Naudzubillah min dzalik.
Wallahu alam..

Kurang Rezeki Jadi Merana? Gak Banget!

Kita selalu merasa kurang.


  • Banyak orang yang gak pernah puas dengan hidupnya, dengan rezekinya, dengan apa yang dipunyainya, dia selalu saja merasa kurang. Nanti kita bisa bahagia, bisa tersenyum dan mengucap syukur saat rezeki lancar masuk dalam hidup kita. Merasa begitu bahagia saat banyak rezeki yang kita miliki. 
  • Padahal apa sebenarnya arti memiliki kalo diri kita sendiri pun bukan milik kita? Sadar gak sih kalo semua yang kita punya di dunia ini adalah milik Allah, bahkan kita sendiri pun milik Allah. Tubuh yang molek sempurna, wajah yang menawan menggemaskan yang selalu kita rawat sepenuh hati itu punya Allah. 
  • Apalah lagi harta, jabatan, kesenangan hidup, pangkat, status sosial, semua itu ibarat daki yang nempel di badan, bisa lenyap seketika seperti daki yang tersapu air saat kita mandi. Lalu mengapa kita begitu bangga terhadap daki kotoran kita sendiri? (baca : mungkinkah kita salah fokus rezeki?)


Kesenangan hidup jangan bikin kita lalai.


  • Jadi harusnya kesenangan hidup dan rezeki yang banyak, yang tiap hari kita urus dan kita cari jangan sampe melenakan kita dari tujuan penciptaan kita, yaitu untuk mengabdi pada Allah SWT. Ujian kesulitan, musibah, penyakit, keterbatasan, kekurangan rezeki adalah urusan kecil sebenarnya, jika manusia mau memaknainya secara positif. Banyak ujian dan cobaan yang diberi adalah cara Allah mendewasakan kita, membuat kita mampu bertahan di tengah gempuran masalah. Allah suka jika kita datang mencariNya, memohon bantuan, bahkan merengek padaNya.


Pergunakan umur dengan baik


  • Itu sebabnya hidup di dunia adalah kesempatan yang diberi Allah pada kita untuk mengumpulkan bekal menuju kampung akhirat yang abadi. Jangan kita sia-siakan untuk melakukan kegiatan tak berguna apalagi yang berupa maksiat dan dosa. Jangan sampe ada penyesalan dalam dada saat di pengadilan Allah berharap agar dikembalikan ke dunia, agar bisa memperbanyak amal. Raihlah rezeki lewat umur yang Allah beri.


Kurang rezeki haruskah merana?


  • Hidup terasa begitu berat, rezeki seolah cuma lewat di tangan tak pernah singgah dalam waktu lama dan menjadi milik kita. Membuat kita jadi galau tak karuan.
  • Lalu kita mengadu pada sesama manusia (berkeluh kesah mengeluhkan keadaan yang serba sulit). Tahukah itu sama saja sebenarnya kita mengadukan Allah atas ketidak adilan dan kesusahan yang kita rasakan. Sangat tidak pantas kita mengadukan Allah kepada sesama manusia. Kenapa gak ngadu kepada Allah langsung?


  • Ngeluh atas keadaan diri artinya gak terima dengan ketentuan Allah, artinya protes kenapa Allah memberikan kesusahan, ketidakenakan dalam hidup? Itulah ciri-ciri orang yang kufur rezeki.
Ada hadits Rasulullah 
" Barangsiapa yang bangun di pagi hari dalam keadaan susah karena urusan-urusan keduniawian, maka sama halnya ia bangun dalam keadaan murka kepada Allah. Dan barangsiapa yang merendahkan diri terhadap orang hanya kepada kekayaannya maka hilanglah 2/3 dari agamanya."

  • Husnudzan lah pada Allah. Selalu berprasangka baik pada semua ketentuan yang telah diberiNya, maka rezeki akan menghampiri.


Untuk renungan kita bersama.


  • Tulisan ini ditutup dengan syair yang bisa jadi renungan kita semua.
  • Kuminta setangkai bunga segar yang indah, Allah beri aku kaktus berduri. Kuminta pada Allah diberi binatang kecil yang imut dan cantik, Allah beri aku ulat berbulu yang menjijikkan. Aku sedih, protes dan kecewa.Tapi kemudian kaktus itu berbunga indah dan ulat bulu itu berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.
  • Kadang Allah menyembunyikan matahari sejenak, kemudian dia datangkan guruh dan petir hingga kita kebingungan mencari matahari dan ketakutan dengan suara guruh dan petir itu. Ternyata dibalik kekelaman itu Allah ingin menghadiahi kita pelangi.
  • Itulah cara Allah mengajari kita pengharapan dan berpikir positif dalam segala sesuatu. Kadang kita terluka, sedih dan merana padahal Allah sudah menyiapkan sesuatu yang indah untuk kita temui.
  • Jangan putus asa, kita lebih besar dari masalah yang kita hadapi. Syukurilah apa yang kita punya. Banyak sedikitnya rezeki terimalah sebagai jatah kita yang dianggap terbaik olehNya pada saat ini. Jangan menunggu banyak rezeki dulu baru mau bersyukur. Harusnya kita bersyukur atas apapun yang kita punya, bukankah Allah akan menambah rezeki mereka yang bersyukur. Memang sih masuk akal. Syukur adalah perasaan positif yang memancar keluar dan akan menarik rezeki di sekelilingnya. Jika anda punya sekotak roti dan hendak memberikannya pada seorang anak dari 2 orang yang berdiri di depan anda. Satu orang tersenyum menatap anda sementara yang lainnya manyun, cemberut, seolah tak acuh pada anda. Kira-kira anda akan memberikan pada siapa? Pada anak yang tersenyum menatap anda penuh harap bukan? 
  • Begitu juga kita di hadapan Allah. Dia suka memberi mereka yang bersyukur dan senantiasa penuh harap pada RabbNya.


Syukurilah Rezekimu!

  • Perbanyak syukur, kurangi prasangka,  banyak atau sedikitnya rezeki itu tak penting, yang penting adalah kebermanfaatannya bagi diri dan orang lain. 
  • Ingatlah selalu kalo Allah tidak memberi apa yang kita inginkan tapi apa yang kita butuhkan. Allah tidak memberi apa yang kita minta tapi memberi apa yang perlu buat kita.
Wallahu alam....

Mengapa Orang Kafir Tetap Diberi Rezeki, Bukankah Mereka Tidak Menyembah Allah?

Allah itu Maha Pemurah.

  • Saking pemurahnya Allah, maka semua mahlukNya pasti diberinya nikmat, bahkan terhadap orang kafir sekalipun.Tapi, jangan salah! Apa yang diperoleh orang kafir tidak disebut rezeki tapi kesenangan dunia (mata'a). Karena hakikat rezeki adalah sesuatu yang halal yang digunakan untuk bersyukur dan untuk taat pada Allah Sang Pemberi Rezeki.
kafir

  • Kesenangan di dunia itu diberikan pada semua mahluk entah mereka beriman atau kafir, seperti yang Allah kemukakan dalam ayat berikut ini :
kafir


  • Ayat di atas jelas sekali menggambarkan betapa pemurahnya Allah, Dia memberi kehidupan duniawi bagi siapa saja yang menginginkannya, entah dia itu kafir atau beriman. Barangsiapa yang bekerja keras untuk merengkuh dunia maka Allah akan memberinya. Tapi bagi yang kafir hanya itu balasannya di dunia dan tidak ada lagi bagiannya di akhirat nanti. Beda dengan orang mukmin, jika berikhtiar dan kerja keras di dunia, maka pahalanya dia diberi dunia dan dapat balasan yang baik di akhirat. Sementara akhirat itu jauh lebih baik, karena abadi.
  • Perhatikan hadits Rasulullah berikut ini :
kafir
  • Jadi bagi orang yang berbuat baik pasti akan mendapatkan balasannya. Tapi bagi yang kafir hanya mendapatkan dunia saja, sementara orang mukmin memperoleh dunia dan akhirat sekaligus.
kafir
  • Allah adalah Tuhan yang Pemurah, bukan Tuhan yang suka menganiaya, orang memperoleh sesuatu sesuai dengan usahanya, itu sudah sunnatullah. Jadi jangan heran jika banyak orang kafir yang berkuasa di muka bumi, karena mereka lebih pintar, lbih gigih berusaha, lebih memaksimalkan potensinya dibanding para mukmin. Belum lagi karena mereka memiliki sumberdaya dan fasilitas yang menunjang mereka untuk berhasil.
ikhtiar



  • Dari surah di atas dijelaskan dengan gamblang bahwa manusia mendapat sesuai dengan apa yang diusahakannya. Disitu hanya disebut manusia secara umum, bukan orang-orang beriman. Jadi siapa yang berusaha dan berikhtiar dengan gigih akan mendapatkan balasan sesuai apa yang diusahakannya. Kecil usahanya kecil pula hasilnya, begitu pula sebaliknya. Jika orang kafir berusaha giat dan profesional, Allah akan memberikan balasan berupa hasil yang sesuai dengan usahanya.

kafir

  • Jadi jelas bahwa istilah rezeki hanya diberikan pada orang yang beriman, yang menyembah Allah dan percaya pada hari kemudian. Sedangkan bagi orang kafir tidak diberi rezeki tapi kesenangan dunia yang sifatnya sementara dan mereka tak akan mendapatkan apa-apa di akhirat nanti. 
  • Jadi jangan iri lagi dengan non muslim yang sukses di luar sana. Karena sebaik-baik mereka, masih lebih baik kita, karena kita punya Allah dan punya cadangan amal yang akan membantu kita di akhirat nanti. Jangan hanya sekedar iri, lakukan sesuatu! Berusahalah agar kita menjadi muslim yang sukses, yang berakhlak mulia, sehingga kita memiliki nilai lebih dibanding mereka yang tak mengenal Allah.
Wallahu alam..

12 Alasan Mengapa Tahajud Melancarkan Rezeki ?

Tahajud sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu

  • Shalat Dhuha bisa melancarkan rezeki, demikian pula dengan shalat tahajud. Shalat tahajud adalah salah satu shalat yang diutamakan, sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam. Mengapa tahajud bisa melancarkan rezeki? Berikut ini penjelasannya.


#1. Shalat Tahajud sebagai tiket masuk surga.
  • Siapa yang gak mau masuk surga? Pasti semua Muslim mencita-citakan masuk surga. Untuk masuk ke sana, mudah saja, yang penting kita punya tiketnya. Salah satu tiket untuk masuk surga adalah lewat tahajud.
Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).
  • Ini adalah salah satu amalan yang disukai oleh Allah, jika lewat tahajud surga aja diberi, apalagi cuma rezeki di dunia? 

# 2. Kebaikan yang menolong di akhirat.
  • Di akhirat nanti tidak ada yang akan menolong kita kecuali amal perbuatan yang telah kita lakukan di dunia. Sedapat mungkin umur yang kita miliki dipergunakan untuk menambah timbangan amal kebaikan dan meminimalisir dosa atau maksiat yang mengurangi amal kebaikan kita.
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)
  • Ayat ini menjelaskan bahwa orang yang senantiasa bertahajud Insya Allah akan mendapatkan balasan yang sangat menggembirakan di akhirat kelak. Kenapa? Karena Allah menyukai hambaNya yang mendekatkan diri kepadaNya, rela mengorbankan kesenangan waktu tidurnya untuk bercengkrama dengan RabbNya. Jika balasan di akhirat di dapatkan apalah lagi balasan di dunia, termasuk rezeki yang berlimpah.

# 3. Menyapu penyakit hati dan jasmani
  • Sebagai manusia kita memiliki kelemahan yaitu bisa terjangkit penyakit-penyakit jasmani dan penyakit hati. Penyakit jasmani yang terkait dengan badan kita, karena kelalaian kita menjaga kesehatan, karena gaya hidup kita yang tidak sehat, membuat kita menganiaya diri sendiri tanpa kita sadari, kita dengan sengaja mengundang penyakit masuk ke dalam badan dan menjajah kita. Kalau akhirnya kita meninggal karena sakit itulah bukti kekalahan kita terhadap penyakit.
  • Begitupun juga dengan penyakit hati. Kita membiarkan setan mengadu domba kita, membisiki kita, membangkitkan hawa nafsu kita sehingga kita jadi dengki, suka marah, suka mengeluh, galau, bimbang, tak bisa bersyukur. Kita terkena penyakit hati karena tidak membentengi diri dengan iman yang teguh, kita biarkan diri terombang ambing tak memmiliki keyakinan yang teguh, kita tenggelam dalam dosa dan kemaksiatan seolah akan hidup selamanya. Dan jika ini yang terjadi setan tertawa terbahak-bahak karena kita sudah kalah dalam pertempuran melawannya dan akan ikut bersamanya menjadi penghuni neraka. (baca : susah rezeki dan sial melulu, mungkin anda dikuasai jin kafir?)
Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad).
  • Rezeki yang terindah adalah tubuh dan jiwa yang sehat, sehingga kita bisa berkarya dan memaksimalkan ibadah kepadaNya. Bagaimana bisa fokus ibadah kalau tubuh digerogoti penyakit dan hati digerogoti nafsu angkara?

#4. Jalan meraih kemuliaan.
  • Siapa sesungguhnya manusia yang paling mulia itu? Bukan mereka yang rezekinya banyak sehingga kaya raya berlimpah harta, bukan mereka yang cantik, ganteng rupawan serta terkenal seantero jagat, bukan mereka yang dianugerahi jabatan tinggi, punya pengaruh dan pengikut yang banyak, bukan mereka yang keturunan raja, bangsawan, ningrat, darah biru. Tapi orang yang mulia itu adalah..
Rasulullah Saw bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi).
  • Jadi yang terpenting adalah bagaimana menjadi mulia di mata Allah, bukan di mata manusia. Jika kita berharta banyak belum tentu jadi jaminan mulia di mata Allah. Itulah rezeki terindah, memperoleh kemuliaan di hadapan Allah. 

# 5. Sarana mendapatkan rahmat Allah.
  • Rahmat adalah kasih sayang Allah yang hanya diberiNya pada orang-orang tertentu yang dikehendakiNya. Maukah anda menjadi kesayangan Allah? Jika ingin semua keinginan kita terpenuhi, dekati Allah dan jadilah kesayanganNya. Sama halnya jika kita menyayangi seseorang maka kita akan berusaha semampunya untuk menyenangkannya dan memenuhi kebutuhannya bukan? Apalagi Allah yang Maha Kaya. Jika Dia menyanyangi kita, apa mungkin dia tak memberi apa yang kita butuhkan?
Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)

# 6. Sarana Pengabulan permohonan.
  • Kita perlu berdoa pada Allah, karena pada dasarnya kita ini lemah, kita ini butuh padaNya dan Dia Maha Kaya dan Maha Mengabulkan permohonan hamba-hambaNya.
  • Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas. Rasulullah Saw Bersabda,
“Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim).
  • Jika merasa kesusahan rezeki, tidak usah mengadu pada manusia, paling-paling mereka cuma mengasihani kita. Bangkitlah dan mengadu pada Allah di sepertiga malam terakhir. Tak perlu merasa kalah jika kemenangan itu jaraknya cuma antara kening dan sajadah!

# 7. Pembersih dosa dan kesalahan.
  • Anda pasti sudah tahu apa penghalang rezeki nomor satu? Ya.. dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil yang terus menerus dilakukan. Rezeki tersumbat karena dosa. Jadi apa yang harus dilakukan agar rezeki kembali lancar? Membersihkan dosa dan kesalahan dengan taubat dan amal ibadah.
Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

#8. Jalan mendapat tempat yang terpuji.
  • Di manakah tempat terpuji itu? Itulah kedudukan mulia yang akan diperoleh hamba-hamba Allah yang bertakwa di akhirat nanti. Tempat terpuji juga bisa dianugerahkan kepada manusia selama hidup di dunia, yaitu diberi kemuliaan karena amal salehnya membuat dia dihormati dna dimuliakan oleh sesama manusia.
Allah berfirman,“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

# 9. Melepas ikatan setan.
  • Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia yang senantiasa membisikkan keraguan dan mengajak manusia berbuat dosa. Allah memerintahkan kita untuk melawannya. 

# 10. Waktu mustajab untuk berdoa.
  • Dalam artikel 5 tips agar hajat baik kemungkinan besar dikabulkan, saya sudah menulis agar doa dikabulkan oleh Allah, harus ada strateginya, salah satu diantaranya adalah pilihlah waktu berdoa yang tepat (alias timingnya pas). Berdoalah di waktu-waktu mustajab.
Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud)

# 11. Meraih kesehatan jasmani.
  • Sehat dengan shalat, sudah banyak literatur yang mendukung pernyataan ini. Shalat adalah sejumlah gerakanyang melibatkan otot-otot anggota tubuh tertentu, sehingga memberi kesempatan pada organ-organ tertentu dalam tubuh melakukan perbaikan. Belum lagi kondisi jiwa yang hampir menyerupai meditasi, pemusatan pikiran yang bisa menyehatkan jiwa pun dilakukan saat shalat yang khusyu'. 
“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi).
  • Shalat tahajud juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa ayat dan hadits telah mengklaim bahwa shalat tahajud mencegah datangnya penyakit dan menyembuhkan penyakit.  Ilmuwan berhasil mendapatkan kaitan mengenai hal ini dengan kesehatan. Pada waktu sepertiga malam terakhir, temperatur tubuh manusia akan turun hingga titik terendah, di waktu itu, sistem imun diproduksi dengan lebih baik, menggantikan imun lama yang sudah lelah melawan penyakit. Jika anda melakukannya setiap hari, anda dijamin sehat.
  • Perintah untuk tidur sebelum tahajud juga terbukti bermanfaat. Ilmuwan menemukan bahwa ketika bangun tidur di malam hari, otak manusia bergetar pada gelombang alpha dan theta (gelombang yang dikaitkan dengan pengalaman spiritual). Pada tingkat aktivitas ini, manusia paling mudah masuk ke pikiran superconscious (lawan dari subconscious atau alam bawah sadar). Kita menjadi sangat rileks, dan fokus karena tubuh kita mengeluarkan hormon bahagia dalam jumlah yang banyak. Perasaan tenang ini menyebabkan tubuh anda beristirahat dan tidak ada otot yang berkontraksi kecuali otot involunter, artinya pembuluh darah akan lebih lebar dan darah mengalir lancar. 

# 12. Penjaga kesehatan rohani
  • Allah SWT menegaskan bahwa orang yang shalat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).
  • Orang yang memiliki kesehatan rohani yang lebih bagus, mampu menyikapi kondisi rezekinya dengan bijaksana, orang ini tak pernah berhenti bersyukur, bahkan saat kesulitan datang menderanya. Orang seperti inilah yang mendapatkan rezeki yang berkah.
Siapkah anda tahajud sebentar malam?

Wallahu alam...

Susah Rezeki dan Sial Melulu, Mungkinkah Anda Dikuasai Jin Kafir ?

Jin itu tidak luar biasa.

  • Betul, jin itu bukan mahluk super, mereka biasa aja, cuma kelebihannya kita tak bisa melihat mereka, sehingga kita bisa diperlakukan seenak udelnya. Jin itu mahluk Allah yang sama seperti kita, tujuan penciptaannya adalah menyembah Allah. Hanya saja misi kita berbeda dengan jin karena visi alias tujuan hidup kita juga berbeda.
  • Yang membuat mereka luar biasa adalah anggapan kita yang menganggapnya punya banyak kekuatan dan dengan mudah mengalahkan kita. Secara tidak sadar kita bukannya takut pada Allah tapi takut pada sesama mahluk ciptaan Allah, yaitu jin kafir. Bahkan kita pun menyembahnya dengan memberi sesajen dan minta pertolongan padanya.
susah rezeki

  • Jin kafir alias syaitan, karena keingkarannya pada perintah Allah, telah divonis oleh Allah untuk jadi penghuni neraka selamanya, tidak ada tawar menawar lagi. Tapi mereka, karena dengki pada keturunan Adam, memohon agar diberi kesempatan untuk menyesatkan manusia dan Allah memperkenankannya. Jadi visi mereka jelas, hidup untuk menyesatkan manusia.
  • Sementara manusia visinya adalah masuk surga karena itu misinya adalah melakukan ibadah agar menjadi ahli surga. Tapi dalam perjalannya menjadi ahli surga manusia harus berhadapan dengan musuh yang nyata, itulah syaitan.
musuh yang nyata

Pahami agama dengan benar.

  • Itu yang diinginkan Allah dari ayat di atas ( Al Baqarah ayat 208). Agar kita bisa masuk Islam, memahami agama secara keseluruhan dan bukan hanya setengah-setengah. Agar kita tidak memilih syariah dan hukum-hukum Allah secara pilih kasih. Yang tidak sesuai dengan hawa nafsu kita, tak kita indahkan. Padahal kita wajib untuk mengamalkan agama termasuk syariah dan hukum-hukumnya secara keseluruhan.
  • Jangan ikuti langkah-langkah setan yang mengajak melakukan kebathilan, membujuk ke jalan kemaksiatan, hidup bergelimang dosa. Karena memang itu tujuan hidup mahluk dari api ini, visi yang akan terus dijalankannya sampai akhir zaman. Tujuan penciptaan dan tujuan hidupnya berbeda jauh. Dia menyembah Allah mengakui kebesaranNya tapi di sisi lain dia juga ingkar padaNya.

Siapa itu jin kafir / syaitan itu?

  • Menurut sebagian ulama syaitan berasal dari syathana' yang artinya jauh. Maknanya jauh dari segala kebaikan dan kebajikan. Mereka ini sosok yang jauh dari kebenaran, karena itu siapa saja yang jauh, berpaling dan menentang kebenaran baik dari golongan jin dan manusia adalah syaitan.
  • Jadi bukan hanya jin kafir yang tak kasat mata yang disebut syaitan tapi banyak juga syaitan yang wujudnya sama dengan kita, manusia-manusia fasik.

Apakah jin kafir (syaitan) bisa bikin sial?

  • Apa itu kesialan? Sial menurut versi manusia adalah kondisi ketidak beruntungan, entah itu tidak beruntung dalam pekerjaan, rezekinya susah, jodohnya jauh, sakit-sakitan, bisnisnya selalu rugi dan sebagainya. 
  • Banyak orang yang menghubung-hubungkan antara kesialan dengan perhitungan hari kelahiran (weton), tanda-tanda yang terjadi di alam, hari baik dan hari buruk, tata letak ruangan (feng shui) dan sebagainya. (baca : hati-hati dengan mitos tentang rezeki, cek faktanya di sini).
  • Secara umum Islam melarang kita untuk mempercayai kesialan yang ditimbulkan oleh faktor di luar diri. Kejatuhan cicak katanya bakalan sial. Ada suara burung gagak katanya akan ada yang mati. Itu semua pertanda yang disebut Tathayur. Tathayur ini adalah perbuatan syirik karena mempercayai ada kekuatan lain selain Allah SWT yang menentukan nasib sial atau beruntungnya seseorang. 
  • Kalau begitu syaitan tak bisa bikin sial manusia? Betul, secara langsung syaitan tidak menyebabkan manusia jadi sial, tapi ia membisikkan pada antek-anteknya, yaitu dukun, paranormal sesat dan para tukang ramal tidak jelas yang kita percaya omongannya. Setan membisikkan kepada mereka apa yang harus diucapkannya dan bodohnya kita semua percaya kata-kata para antek-antek setan ini. Kita jadi tak melakukan apa yang seharusnya kita lakukan karena mempercayai omongan antek-antek syaitan ini. Kita menghalangi rezeki masuk dalam hidup kita karena praktek syirik itu tadi malah juga mengundang kesialan dalam hidup kita. Jadi rezeki gagal masuk, yang masuk malah serentetan kesialan.

Bagaimana cara jin (kafir) menghalangi rezeki kita?

(1) Lewat antek-anteknya.
  • Jin kafir tahu bahwa kita tak dapat mendengar suaranya secara langsung karena itu dia meminjam suara manusia lewat antek-anteknya seperti kita bahas di atas. 
  • Kok bisa menghalangi rezeki? Karena kita melakukan dosa besar, yaitu syirik yang tidak terampunkan. Silakan baca kembali 10 dosa besar penghalang rezeki. Kita mau rezeki, kok datangnya ke dukun, paranormal, tukang ramal, bukannya mengadu kepada Allah, yang Maha Kaya?
  • Tapi kok apa yang diomongin dukun itu kadang benar? Rasulullah menjelaskan hal ini karena kegemaran mereka mencuri dengar berita langit dan membisikkan pada dukun dengan ditambahi kebohongan di sana sini.

(2) Lewat bisikan-bisikan dalam dada manusia.
  • Jin berusaha membisikkan keraguan, kebimbangan dalam melangkah dan memulai usaha mencari rezeki Allah yang halal. Sulit untuk berfikir jerih, seolah ada dorongan yang kuat untuk mencari rezeki yang haram, sulit bergaul, susah konsen, mudah putus asa, lemah semangat, gampang salah paham, mendorong kita untuk tidak jujur dan berbuat tidak amanah.
  • Intinya jin berupaya agar kita lemah dalam berikhtiar dan berupaya mencari rezeki. Dia berusaha memanipulasi hati kita agar mengikutinya dan menjauhkan Allah dari pikiran dan akal sehat kita.
  • Akhirnya perasaan yang dikuasai jin jadi malas. Malas berusaha, malas mencari rezeki yang halal, malas bangun, malas ibadah dan sebagainya. Akhirnya rezeki juga malas masuk. Kalaupun masuk rezekinya tidak berkah karena dicari dengan jalan yang salah.


(3). Lewat godaan.
  • Setan menggoda manusia untuk melakukan dosa, mengantarkan seseorang pada keraguan dan kerusakan akidah. Akhirnya manusia jadi lupa Allah dan tenggelam dalam kemaksiatan.
  • Manusia yang asyik dengan dosanya sebenarnya secara tidak sadar menghalangi masuknya rezekinya.

(4) Lewat Hembusan (Al nafs).
  • Berupa syair yang buruk, ucapan-ucapan kotor yang biasa digunakan sastrawan untuk membangkitkan naluri kebinatangan dan bukan emosi (keindahan). Dengan syair-syair tersebut, setan mengobarkan birahi pendengarnya dan bukan menonjolkan keindahan syair.
  • Anda mungkin pernah memperhatikan lirik-lirik lagu barat kesukaan anda, bahkan lirik lagu Indonesia pun juga banyak yang mengobarkan perasaan cinta yang bernafsu pada seseorang. Bahkan beberapa lirik lagu barat secara terang-terangan menerangkan bagaimana seseorang ingin berhubungan seksual dengan kekasihnya dan bagaimana proses persetubuhan itu terjadi pun dijelaskan dalam syair-syair lagunya.
  • Bagi anda penikmat musik yang bisa mendengarkan lagu-lagu sampai berjam-jam tapi ogah mendengar murottal al quran, enggan untuk mengaji tapi hapal semua lirik lagu barat yang susah, artinya setan sudah menguasai telinga dan jiwa anda untuk lebih condong pada musik daripada bacaan Al Quran. Padahal bacaan Al quran justru bisa menarik rezeki (baca : mau beruntung dan banyak rezeki, bacalah Al quran).


(5) Lewat kehadirannya secara fisik
  • Setan hadir secara fisik di rumah-rumah yang kotor (tidak terjaga kebersihannya), penghuninya selalu bergelimang dosa, banyak melakukan perbuatan yang bertentangan  dengan syariat Allah SWT, misalnya menggantungkan gambar-gambar mahluk hidup, meletakkan patung-patung, memelihara anjing, minum khamar, makan makanan haram. 
  • Kehadiran setan-setan tersebut yang menguasai rumah dapat menghilangkan berkah, mengusir rezeki dan menyebabkan malaikat enggan datang. (baca : ciri-ciri rumah yang berezeki baik).

(6) Menyusup dalam peredaran darah.
  • Setan sudah masuk ke dalam tubuh seseorang, mengalir dalam darahnya dan menguasai jiwanya, sehingga setan dengan leluasa mengendalikan dirinya untuk menjadi pembangkang agama nomor satu. Ini yang kita kenal sebagai kerasukan jin.
baca : mengapa jin merasuki tubuh kita, sehingga menghambat rezeki?

KESIMPULAN

  • Allah dengan jelas melarang kita untuk mengikuti langkah-langkah syaitan karena langkah syaitan adalah langkah yang sesat dan mengajak ke neraka. 
  • Dan memerintahkan kita agar senantiasa meminta perlindungan pada Allah dari godaan dan bisikan syaitan yang terkutuk. Jadi waspadalah, jika rezeki anda susah dan senantiasa dirundung sial, bisa jadi anda dikuasai jin kafir (syaitan/iblis)?.
baca juga : waspadai 17 pintu masuk setan
Wallahu alam..

Followers

Pages

About Me

My photo

Saya  apa adanya, senang baca buku, mikir, nulis dan berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. Harapan saya sih  ilmu yang sedikit itu bermanfaat, setidaknya untuk saya sendiri. Saya juga menulis blog pribadi lancarrezeki.blogspot.com, berbagidanjadikaya.blogspot.com catatanngocol.blogspot.com, hanya-love.blogspot.com dan belajarlewatquotes.blogspot.com