Syukur Hanya di Bibir Saja, Tapi Mau Banyak Rezeki,? Ngacalah !

Sudahkah update bacaan Quran mu hari ini?

  • Coba tanya kembali dirimu berapa kali dalam sehari kamu update status di medsos? Seolah kamu pengen ngumumin ke seluruh dunia apa yang kamu lakuin, apa yang kamu pikirin, apa yang bikin kamu eneg, makan apa kamu hari ini. Jawabannya bisa macam-macam, ada yang sering banget updet status, ada juga yang kadang-kadang, tapi kamu pasti punya lebih banyak waktu buat mengecek status di medsos, berapa like yang kamu dapat, berapa komen yang bikin semangat?
  • Tapi sudahkan kamu membaca Quran hari ini? Apakah kamu sudah update bacaan yang kemarin? Apakah hari ini kamu dapat like dari Allah, ada gak zikir-zikir yang kamu semangat, ada gak ibadah tambahan semacam tahajud, dhuha, sedekah, yang kamu lakukan hari ini?
  • Mari kita berandai-andai, jika jumlah waktu yang kita pake' buat update status dipake buat update bacaan Quran, sehingga tiap hari bacaan kita tambah maju, syukur-syukur kalo selesai 1 juz, pasti keren.. Ya iyyalah... dapat like dari Allah, pake bonus pahala, dan janji grand prize surga lho... !! Yook ngaji yook !



Ayat-ayat Syukur

  • Di blog ini saya mencoba buat terjemahan dari Al Quran dengan ilustrasi yang enak diliat, agar baca Quran jadi menyenangkan.
  • Kalo sebelumnya kita udah lihat ayat-ayat Al Quran tentang rezeki di sini dan di sini, juga hadits-hadits petunjuk keberlimpahan rezeki, kali ini kita akan lihat ayat-ayat tentang syukur. Sebenarnya banyak sekali ayat-ayat yang tersebar dalam Al Quran yang bercerita tentang syukur. Akan kita bahas secara bertahap ya...

1) Al Baqarah ayat 152.

  • Apa kata Allah pada ayat di atas? 
  • 1) Allah ingin agar kita selalu ingat padaNya. Kalau kita ingat pada Allah, Dia juga akan kepada kita. Jadi pada saat pembagian rezeki, pasti yang diingat kebagian lebih banyak kan..??
    • Bagaimana cara kita mengingat Allah? Tentu saja dengan berzikir, memuji namaNya. Zikir yang terbaik adalah saat kita berzikir memuji Allah bukan hanya lewat lisan tapi hati ikut memuji.
  • 2) Allah menyuruh kita juga untuk bersyukur. Karena begitu banyaknya rezeki yang diberi pada kita. Kalau belum paham bagaimana cara bersyukur yang benar, baca lagi artikel  sudah betulkah cara kita bersyukur?
    • Syukur itu adalah pengakuan akan kenikmatan dan rezeki yang telah kita terima dari Allah, kemudian lisan kita melantunkan puji-pujian syukur seperti "alhamdulillah ya Allah", hati kita membenarkan dan tubuh kita membuktikannya dengan ketaatan atas perintahNya. Jika baru sebatas lisan saja artinya syukur kita baru hanya sekedar lip service saja alias di bibir saja. Bagaimana mau rezeki di tambah kalo syukurnya gak sungguh-sungguh???
  • 3) Jangan mengingkari nikmat Allah. Gimana caranya? Gunakan nikmat / rezeki di jalan Allah. Dikasi uang yang banyak, jangan ditumpuk, jangan dipake foya-foya, mubazir, beli barang-barang haram kaya' narkoba, minuman keras atau togel. Di kasi harta, ya jangan disimpan dan dipake sendiri, bagi sama yang butuh, tunaikan hajat sesama muslim, bangun tempat ibadah dan sekolah yang manfaat. Di kasi anggota tubuh yang lengkap ya..dipake ibadah, mata dipake meliat yang bener, telinga pake denger yang bener, kaki dipake melangkah ke jalan yang bener.

2) Al Baqarah ayat 172.

  • Apa yang Allah kemukakan dari ayat di atas?
    • 1) Allah ingin kita makan rezeki yang baik-baik yang diberikan pada kita. Begitu besar limpahan rezeki makanan yang diberi Allah kepada kita, tinggal kita memilih mana yang baik untuk dimakan. Kategori rezeki yang baik adalah yang diperoleh dari sumber yang halal, kondisinya bagus, kalo makanan dia halal (tidak haram seperti babi, bangkai, darah dan nanah atau makanan yang meragukan kehalalannya) dan thayib (tidak rusak/basi/berjamur). (baca : mau hidup berkah, makanlah yang baik-baik)
    • 2) Rezeki yang diberi oleh Allah itu banyak tapi saat ingin mengkonsumsinya kita harus pilih-pilih, yang jelas kehalalannya. Ingatlah ada konsekuensi yang kita terima saat makan rezeki haram selain berdosa tapi juga amalan tertolak selama 40 hari (baca : efek dari rezeki haram)
    • Apa sebenarnya yang dimaksud dengan halal? Halal artinya tidak terikat atau lepas. Maksudnya lepas dari ikatan bahaya duniawi dan bahaya ukhrawi. Secara ilmu kesehatan makanan itu sehat untuk dimakan serta tak dilarang oleh agama.
    • 3) Bersyukurlah kepada Allah. Tentu saja karena kita sudah diberi begitu banyak nikmat, termasuk makanan yang tak pernah habis-habis. Sehingga sebagai ucapan terima kasih, kita perlu bersyukur. Bukan untuk kepentingan Allah karena tanpa kita bersyukur pun, Allah tetaplah Tuhan, semua itu untuk kepentingan kita, agar rezeki yang kita terima tidak saja bermanfaat untuk menjaga kelangsungan hidup tapi juga berkah.

3) Lukman ayat 12

  • Seperti dikemukakan pada ayat ini bahwa Allah SWT memberi hikmah kepada Lukmanul Hakim karena keimanannya dan pesan-pesan Lukman kepada anaknya diabadikan dalam Al Quran, agar jadi pembelajaran buat kita semua.
  • Syukur adalah untuk kepentingan manusia. Meski kita punya banyak rezeki dan tak bersyukur takkan mengurangi kekayaan Allah. Kekayaan kita hanyalah seujung kuku dan jika Allah ingin mengambil kekayaan kita bukanlah hal yang sulit.
  • Kitalah yang butuh Allah, kitalah yang lemah, bukan sebaliknya. Karena itu kita butuh Allah. Dan Syukur adalah ungkapan terima kasih atas kebaikan yang kita terima.

4) Ibrahim ayat 7

  • Dari ayat di atas Allah menjanjikan penambahan nikmat / rezeki jika kita bersyukur. Contoh kongkritnya begini, jika kita ngasih sesuatu pada seorang teman, dan teman itu tampak gembira dengan pemberian kita, mengucap terima kasih dengan tulus, barang pemberian kita itu dipake dan dimanfaatkannya dengan baik, sudah itu pemberian itu juga dijaga dengan baik, gimana perasaan kita? Pasti senang kan...? jadi kalau kita punya barang yang ingin dibagi pada seseorang pasti kita akan teringat teman yag pandai berterima kasih tadi bukan?
  • Apalagi Allah, Dia Maha Kaya, jika dilihatnya kita bersyukur atas rezeki yang diberiNya, memanfaatkan di jalanNya dan memenuhi hidup dengan ketakwaan padaNya.. pasti Allah ridha dan tambahan rezeki akan diberiNya gak pake lama...!!!

5) Al Imran ayat 145

  • Dari ayat ini sudah jelas bahwa kematian itu adalah ketentuan Allah dan semua yang bernyawa pasti mati. Jika tiba ajal seseorang Allah akan memerintahkan Malaikat Maut untuk mencabut nyawanya.
  • Jika kamu suka dengan pahala dua silakan berusaha dan kamu akan dapat pahala dunia. Tapi jika kamu ingin pahala akhirat, silakan berusaha di dunia maka akan kau dapatkan rezeki dunia dan pahala akhirat sekaligus. Hal ini terkait dengan niat seseorang. Meskipun setiap shalat kita menyebut kalo shalat, hidup dan mati kita untuk Allah, tapi kenyataannya kadang ada yang hidup dan matinya demi dunia, demi uang, demi pangkat, demi kekuasaan..??
  • Allah akan memberi balasan pada orang yang bersyukur, seperti yang dikemukakan di Surah Ibrahim ayat 7 di atas, bahwa balasannya adalah tambahan nikmat plus jaminan surga. 
Yakinkah kalo kamu orang yang bersyukur? Untuk mengeceknya silakan lihat kriteria orang yang bersyukur dan orang yang kufur nikmat. Kamu masuk yang mana?

Wallahu alam.

WASPADA, Inilah Penghalang Rezeki Nomor Satu !

Rezeki ku kok susah?

  • Apakah anda merasa hidup anda susah? Rezeki seolah hanya di awang-awang, tinggi tak tergapai, tak juga sampai di tangan kita? Atau rezeki gampang masuk tapi gampang keluar juga. Baru hari ini dapat rezeki, eh sebentar sore rezekinya itu habis, ada-ada saja jalannya rezekinya keluar. Apa yang terjadi? Mungkinkah kita ini jago.... JAGO MAKSIAT ????


Rezeki adalah kelengkapan hidup manusia

  • Tidak ada manusia yang lahir tanpa satu paket dengan rezekinya. Perhatikan ayat Allah di bawah ini :
  • Jadi rezeki itu memang kelengkapan yang pasti dikaruniakan Allah kepada setiap manusia yang lahir di bumi ini. Hanya saja ada yang rezekinya banyak, sedikit, seret, lancar, terhambat, ada yang sulit ada yang mudah. Semua itu ada ukurannya, Allah yang lebih tahu. 
  • Tapi meskipun dijamin oleh Allah, manusia tetap harus mengusahakan menjemput rezekinya dengan ikhtiar yang pantas. Karena rezeki tidak turun begitu saja tanpa ada proses atau jalan. Ada proses bekerja, berdoa, ketekunan, ketabahan, kegigihan, kesabaran dan sebagainya.
  • Yang jelas kita takkan mati, kembali menghadapNya jika belum habis semua rezeki kita dibagi. Ibaratnya rezeki terus mengejar kita sampai habis kita terima dan tanda bahwa ajal sudah siap menjemput.

Maksiat penutup rezeki dan hidup hina

  • Yang jadi masalah adalah cara-cara atau ikhtiar yang kita gunakan untuk menjemput rezeki Allah yang diperuntukkan bagi kita. Disinilah manusia diuji apakah dalam ikhtiarnya itu dia melakukan cara yang benar (halal) atau lebih menyukai jalan pintas (haram)? Apakah kita bersyukur saat menerima rezeki yang banyak atau bersabar saat rezeki lagi seret?
  • Karena itulah manusia harus pandai-pandai melangkahkan kaki di bumi Allah ini. 
  • Ingatlah ini :
    • Pakailah cara-cara yang benar dalam mencari rezeki. Mungkin hasilnya lebih sedikit tapi lebih berkah.
    • Hindari jalan pintas yang salah. Mungkin hasilnya jauh lebih banyak, tapi meminta banyak konsekuensi seperti menghilangkan ketenangan hati, diadili oleh peradilan manusia dan peradilan Allah kelak.
    • Jangan mengabaikan aspek ibadah dalam mencari rezeki. Jadikan semua aktivitas menjemput rezeki Allah itu bernilai ibadah. Mulai dari niat yang bener, proses yang bener, hasilnya dimanfaatkan ke jalan yang bener.
    • Kalau mulai dari niatnya salah, prosesnya lebih salah, hasilnya dimanfaatkan ke jalan yang salah pula, artinya kita sudah berbuat maksiat kepada Allah. 
  • Inilah penyebab hidup sengsara dan tertutupnya rezeki. Berkata Imam Ibnu Qayyim, " Maksiat mempunyai pengaruh yang membahayakan bagi hati dan badan di dunia dan akhirat. Diantara pengaruh maksiat itu adalah : (1) maksiat yang bersifat menular dari satu orang ke orang lainnya, (2) Maksiat membuat orang berani terhadap orang lain yang tak bersalah, (3) Maksiat meninggalkan tabiat dalam hati yang jika semakin banyak dilakukan menjadikan pelakunya termasuk golongan orang yang lalai. (baca : 15 daftar dosa yang menjauhkan rezeki dan pertolongan Allah SWT)
  • Jika dosa dilakukan terus menerus dan berulang-ulang membuat hati jadi membatu, keras tak bisa menerima petunjuk sampai menghitam karena maksiat. Hati yang sudah menghitam tidak bisa dipakai dekat pada Allah. Sementara rezeki ada di tangan Allah, bagaimana mau rezekinya bagus jika semua tindakan berhias dosa dan maksiat? (baca : awas rezeki terhalang karena 10 dosa besar ini)


Perbuatan yang dosanya terus mengalir

  • Sebagian manusia bisa dengan mudah melakukan dosa dalam kehidupan sehari-hari. Karena terlalu seringnya melakukan jadi terbiasa dan sudah menganggap biasa. Pdahal dosa bukan perkara sepele, balasannya neraka. Jika hati tidak disikat dengan taubat supaya kembali putih bercahaya, lama kelamaan hatinya akan meranggas mati dan sampai ajal memanggil dosanya akan terus mengalir.
  • Mungkin anda sudah ngerti dengan amal jariyah? Yaitu amalan yang pahalanya terus mengalir meskipin kita sudah meninggal. Tapi ada juga doa yang terus mengalir meskipun kita sudah tak ada lagi di dunia ini. Karena selama perbuatan maksiat itu masih berdampak dan berpengaruh pada orang lain, maka dosanya akan terus mengalir pada pelakunya, meski ia sudah dipanggil Allah menghadapNya.

Apa saja itu?

1) Pelopor Maksiat
  • Orang pertama yang melakukan suatu dosa / maksiat kemudian diikuti oleh orang lain itulah disebut pelopor dosa/maksiat. Pengikutya terus meniru apa yang dilakukan pelopornya baik dengan paksaan maupun sukarela.
  • Mungkin saja para pelopor ini tidak turun langsung mengajak dan menghimbau orang lain mengikuti kesesatannya, tapi ia berhasil menginspirasi orang lain melakukan kesesatan serupa. Seperti halnya putra Nabi Adam, Qabil yang merupakan pelopor pembunuhan di bumi ini seperti kata Rasulullah SAW,
Tidak ada satu jiwapun yang terbunuh secara zalim, melainkan Anak Adam yang pertama kali membunuh akan mendapat dosa karena pertumpahan darah tersebut. (H.R. bukhari)
  • Apa anda bisa membayangkan para pelopor dan pendesain rok mini, penyebar video porno (termasuk para pemain dan sutradaranya), narkoba dan tindakan maksiat lainnya. Sebagai pelopor maksiat maka dosa mereka akan terus mengalir sampai mereka meninggal.


2. Mengajak orang lain melakukan dosa dan maksiat.
  • Berbeda dengan pelopor yang hanya menginspirasi orang lain berbuat maksiat yang sama, sementara para pengajak ini memang terang-terangan mengajak orang lain untuk sesat bersama-sama. Mereka inilah juru dakwah kesesatan atau mempropagandakan kemaksiatan. Seperti yang sementara ini lagi jadi buah bibir masyarakat kita yaitu adanya organisasi bernama Gafatar, yang mengajak orang Islam keluar dari agamanya dan membuat paham baru, yang telah dinyatakan sesat oleh MUI.
  • Perhatikan firman Allah berikut ini :
  • Hal ini serupa dengan hadits Rasulullah SAW,
Siapa mengajak pada kesesatan, dia mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikitpun (H.R. Ahmad)
Masihkah anda mau berbuat maksiat? Sudah di dunia rezekinya seret, eh di akhirat timbangan amal buruknya terus bertambah berlipat-lipat. Naudzubillah min dzalik. (baca juga : ahli maksiat kok rezekinya malah lancar?)

Wallahu alam..

Hadits-Hadits Petunjuk Keberlimpahan Rezeki

Jika sebelumnya kita membahas beberapa Ayat Al Quran yang membahas tentang rezeki di sini dan di sini, kali ini kita akan bahas mengenai beberapa hadits petunjuk keberlimpahan rezeki. Jika ingin memiliki rezeki yang berlimpah lakukan beberapa amalan sebagaimana yang ditunjukkan oleh hadits di bawah ini ;


1. Melanjutkan haji dengan umrah.
  • Fadhilahnya : 
    • menghilangkan kefakiran 
    • menghilangkan dosa 
    • serta pahalanya adalah surga.

hadits rezeki


2. Bantulah orang lemah.
  • Fadhilah menolong yang lemah, Allah akan menolong mereka, termasuk bagi mereka yang susah rezekinya dengan doa, shalat dan ikhlasnya.

hadits rezeki


hadits rezeki

3. Tawakkal
  • Siapa yang bertawakkal akan diberi rezeki seperti Allah memberi rezeki pada burung yang tak berakal.

hadits rezeki


4. Tunaikan Hajat orang Lain
  • Apapun hajat kita bisa terwujud dengan catatan wujudkan dulu hajat orang lain.
hadits rezeki


5. Tolonglah orang lain dan tutupi aibnya.
  • Jangan suka menyebarkan aib orang lain, supaya kelak Allah menutup aib kita bukan hanya di dunia tapi di akhirat juga. 
  • Siapa yang suka menolong seseorang, maka Allah juga akan menolongnya saat berada dalam kesusahan, termasuk saat susah rezeki.

hadits rezeki


6. Berbuat baik kepada orangtua.
  • Jangankan durhaka, berhenti mendoakan orangtua saja bikin rezeki kita terputus. Dan berbakti pada orangtua akan memberikan kebahagiaan dan panjang umur.

hadits rezeki


7. Menjauhi dosa.
  • Dosa yang banyak membuat rezeki diharamkan baginya. Dosa adalah penghalang rezeki terbesar.

hadits rezeki


8. Rutin berinfak.
  • Infak, sedekah, zakat, pemberian, atau apapun namanya adalah kesediaan berbagi rezeki dengan orang lain. Jika kita rajin berbagi maka Allah tak segan-segan membukakan jalan rezeki kita, seperti hadits berikut ini :

hadits rezeki


9. Rajin baca quran
  • Al Quran adalah petunjuk yang diberikan kepada manusia agar tak sesat dan bisa menemukan jalan yang lurus. Bahkan membaca Al quran bisa mencegah kefakiran.
hadits rezeki


10. Jangan Kikir
  • Kikir itu sifat setan, barangsiapa yang menjaga diri dari sifat kikir akan dimurahkan rezekinya.
hadits rezeki


11. Mengekalkan berwudhu.
  • Mengekalkan berwudhu maksudnya selalu berada dalam keadaan bersuci (wudhu), meskipun tidak melakukan shalat.

hadits rezeki


12. Membiayai penuntut ilmu

hadits rezeki


13. Rajinlah beribadah.

hadits rezeki


14. Pusatkan ibadah hanya pada Allah

hadits rezeki


15. Silaturahim
  • Silaturahmi bisa memperpanjang umur dan melapangkan rezeki.
 hadits rezeki


16. Utamakan Akhirat.
  • Pilihlah akhirat dibanding dunia, supaya kamu emndapat dua-duanya, mendapat dunia sekaligus akhirat (pahala).
  • Utamakan mencari rezeki dengan jujur. Kejujuran akan memberikan kita rezeki yang baik.

hadits rezeki


17. Rutin bershalawat.
  • Siapa yang suka bershalawat akan dicukupkan rezekinya dan akan dihilangkan kesusahannya.

hadits rezeki


18. Berdoalah !
  • Jangan pernah malas untuk berdoa. Orang yang enggan berdoa adalah orang yang sombong.

Wallahu alam...

20 Amalan-Amalan Sakti Pembuka Pintu Rezeki (2)

Melanjutkan tulisan sebelumnya 20 amalan-amalan sakti pembuka rezeki (1), ini dia 10 amalan berikutnya yang bisa kita lakukan untuk membuka pintu rezeki.


11. Menjalin silaturrahim


12. Mengekalkan wudhu.
  • Mengekalkan wudhu maksudnya membiasakan tubuh selalu dalam keadaan berwudhu. Begitu banyak faedah dan manfaat dari berwudhu (baca : dahsyatnya wudhu mendatangkan rezeki). Sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini :
wudhu


13. Rutin Bersedekah.
  • Kita sudah tahu bahwa sedekah adalah penderas rezeki, tapi banyak yang melakukan sedekah hanya sesekali saja. Jika ingin menjadikan sedekah sebagai pembuka pintu rezeki maka lakukan secara rutin, misalnya setiap jumat, setiap keluar dari mesjid. Lakukan setiap jangka waktu tertentu insya Allah rezeki pun lancar.
  • Jangan takut bersedekah dalam jumlah besar. Banyak orang yang ikhlas bersedekah dengan jumlah kecil tapi bersedekah dalam jumlah besar tidak berani, atau tepatnya tidak rela. Padahal Allah yang Maha Kaya bisa memberi ganjaran yang lebih besar dari uang yang ditahannya itu.
Rasulullah SAW berkata kepada Zubair bin al awwam : " Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hambaNya sekedar nafkahnya. Maka barangsiapa yang membanyakkan pemberiannya oada orang lain, niscaya Allah membanyakkan baginya. Siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya (Riwayat ad Daruquthni dari Anas ra).


14. Rutin Shalat Tahajud
  • Banyak yang belum tahu manfaat shalat tahajud sebagai pembuka pintu rezeki. Shalat tahajud adalah salaha sarana mendekatkan diri kepada Allah dan Allah akan mempermudah hamba-hambaNya yang selalu ingin dekat denganNya. 
Tirmidzi meriwayatkan dari Amru bin Anbasah ra bahwa ia pernah mendengar Nabi SAW bersabda, " Keadaan paling dekat seorang hamba denga RabbNya adalah di tengah malam terakhir. Jika engkau bisa menjadi bagian dari orang yang berdzikrullah ketika itu, lakukanlah.
  • Tentu shalat tahajud yang bisa membuka rezeki adaah yang rutin dilakukan, bukan hanya pada saat ingat atau ingin saja. Memang kedudukannya adalah sunat dan sebagai ibadah tambahan, tapi ini salah satu shalat sunat yang utama.

15. Rutin shalat dhuha

16. Bersyukur pada Allah.



17. Merutinkan zikir, asmaul husna dan membaca Al Quran.
  • Zikir adalah senantiasa mengingat Allah. Beberapa zikir yang telah teruji memperlancar rezeki lahir dan bathin dapat dibaca di sini.
  • Asmaul husna adalah nama-nama baik yang dimiliki oleh Allah. Nama-nama yang jumlahnya 99 itu mencerminkan sifat-sifat Allah. Salah satu zikir asmaul husna yang sering saya amalkan saya cerita di sini.
  • Fadhilah membaca Al Quran besar sekali. Terkait dengan rezeki, inilah hadits Rasulullah.
quran



18. Rutin berdoa.
  • Di bagian lain dari tulisan ini saya sudah mengemukakan betapa pentingnya doa bagi seorang hamba. Kaitannya dengan rezeki bisa dibaca bagaimana seseorang bisa diguyur rezeki dengan doa. Manusia itu pada dasarnya lemah dan butuh Allah untuk memenuhi kebutuhannya. Bukankah rezeki itu dari Allah, manusia bisa minta rezekinya ditambah lewat doa-doa yang dipanjatkan pada Allah. (baca : cara agar doa menjadi senjata efektif penarik rezeki)



19. Berikhtiar.
  • Rezeki memang sudah dijamin tapi rezeki tak bisa datang hanya dengan doa saja. Manusia tetap harus berikhtiar, berusaha menjemput rezeki yang telah dijamin Allah tersebut. (baca : mengapa rezeki wajib dicari?)
  • Bacalah firman Allah di bawah ini :
ikhtiar


20. Bertawakkal.
  • Tawakkal adalah menetapkan dan berserah diri kepada Allah SWT atas semua ketentuan atau kejadian yang terjadi padanya, dengan keyakinan bahwa Allah apsti menghendaki yang terbaik untuk hambaNya. Tawakkal adalah salah satu pintu pembuka rezeki seperti apa yang dkemukakan dalam hadits Rasulullah berikut ini :
tawakkal

Itulah 20 amalan-amalan sakti pembuka pintu rezeki. Jika rutin mengamalkannya, insya Allah rezeki kita akan terbuka lebar-lebar dan melimpahi kehidupan kita..

Wallahu alam...

20 Amalan-Amalan Sakti Pembuka Pintu Rezeki (1)

Rezeki terkait erat dengan amalan yang kita lakukan

  • Rezeki memang sudah ditentukan Allah, tapi manusia tetap wajib berkhtiar untuk menjemput rezekiNya. Selain bekerja mencari nafkah, salah satu wujud ikhtiar yang dilakukan manusia untuk membuka pintu rezeki adalah melakukan amalan-amalan yang sekiranya dapat mendatangkan rezeki yang lebih banyak dan berkah. Apa saja amalan itu, berikut penjelasannya.

Amalan sakti pembuka pintu rezeki

  • Kenapa saya menyebutnya sakti? Karena amalan ini jika diniatkan dengan benar, dilakukan secara konsisten, tanpa kenal menyerah dan senantiasa memperbaiki diri nyata bisa menarik rezeki. Dan itu didukung oleh janji Allah lewat firman yang disampaikanNya kepada manusia, baik yang diabadikan lewat Al Quran maupun hadits Nabi. Ini dia beberapa amalan sakti pembuka pintu rezeki.

1. Rajin beribadah.
  • Arti kata rajin menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia adalah suka bekerja (belajar dan sebagainya), getol, sungguh-sungguh bekerja, selalu berusaha giat, kerap kali melakukannya, dan terus menerus mengusahakannya.
  • Jadi dari pengertiannya saja kita sudah tahu bahwa rajin beribadah itu artinya :
    • Suka beribadah. Beribadah bukan aktivitas yang sifatnya hanya menggugurkan kewajiban, terpaksa, kadang tidak dilakukan, karena kalau suka pasti melakukannya dengan sukarela disertai keriangan hati. Contohnya kita suka traveling, tidak ada yang bisa memaksa kita untuk traveling karena kita suka. Pasti kita akan mengusahakannya karena traveling membuat hati kita senang.
    • Getol beribadah. Artinya, tiada hari tanpa ibadah. Karena ibadah menjadi rutinitas keseharian yang kalau tidak dilaksanakan serasa ada yang kurang.
    • Bersungguh-sungguh beribadah. Artinya saat melakukan ibadah kita serius, menjalankan rukunnya dengan benar, mengerti syarat sahnya dan tidak menjadikan ibadah sebagai lelucon dan main-main belaka. Mungkin selama ini kita gak nyadar kalau sholat lebih sering mikirin dunia ketimbang fokus menghadirkan Allah dalam shalat kita. Itu tandanya kita tak sungguh-sungguh dalam shalat.
    • Berusaha dengan giat beribadah. Sadar bahwa umur itu misteri, dan kita tak tahu ibadah mana yang diterima atau cukupkah ibadah yang kita lakukan untuk jadi penyelamat kita dari api neraka? Minimal kalau kita giat beribadah, ada pahala yang kita tunggu.
    • Kerap kali melakukan ibadah. Artinya tiada hari dan tiada waktu yang kosong tanpa diisi dengan ibadah. Bukan hanya ibadah yang bersifat fisik seperti shalat, puasa, sedekah, haji, tapi juga menjadikan ibadah sebagai gaya hidup, seperti senantiasa jujur, tepat waktu, menepati janji, tidak mengurangi takaran timbangan dan sebagainya.
    • Terus menerus mengusahakan beribadah. Tidak ada halangan yang bisa membuatnya berhenti melakukan ibadah. Bahkan saat sakit mendera tubuh, saat berada di negeri non muslim, saat menghadap penguasa yang zalim, tak menyurutkan tekad untuk terus mengupayakan ibadahnya.
  • Allah tidak menyia-nyiakan pengabdian hambaNya yang rajin beribadah ini dengan anugerah rezeki yang berkah, membuat hatinya kaya dan tertutup dari kefakiran.

ibadah


2. Perbanyak istighfar
  • Saya sudah pernah menulis tentang keutamaan istighfar kaitannya dengan rezeki. Silakan dibaca kembali untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
  • Istighfar akan menghapuskan segala masalah dan kedukaan kita, menyelesaikan semua masalah, dan rezeki datang  dari arah yang tak disangka-sangka.

3. Menjauhi dosa
dosa

4. Senantiasa Ingat pada Allah.
  • Apa keuntungan mengingat Allah? Banyak mengingat Allah membuat hati tenang dan kehidupan terasa lapang. Jika kehidupan anda terasa sempit, termasuk rezekinya sempit, mungkin anda sudah lama tak mengingat Allah. Anda disibukkan dengan aktivitas dunia dan mencari pertolongan selain Allah, tak heran maka rezeki anda pun seret.

takwa


5. Berbakti pada orang tua
  • Orangtua adalah manusia keramat yang dihadirkan oleh Allah buat kita, silakan baca kembali tulisan hadirkan manusia keramat itulah rahasia pengabulan rezeki yang ekspres. Orang tua adalah manusia yang dititipkan Allah pada kita di masa tuanya, untuk kita rawat, kita kasihi, kita santuni karena hal itu juga telah dilakukannya saat kita masih kecil. Tak mampu kita membalas kasih sayang orangtua, karena tak ada uang yang mampu membelei air susu ibu, dekapan hangatnya serta belaian kepala dari ayah kita.
  • Ridha Allah ada pada keridhaan orang tua. Jika Allah ridha maka apa saja yang ada dalm hidup kita akan dimudahkan, termasuk rezeki. Jadikanlah orangtuamu raja maka rezekimu akan seperti raja.

6. Berbuat baik pada yang lemah.
  • Definisi orang lemah adalah orang yang memiliki kemampuan lebih kecil dari kita. Mereka bisa saja fakir miskin, anak yatim, anak terlantar, orang yang kesusahan dan sebagainya, karena lewat mereka inilah kran rezeki dan pertolongan Allah akan mengalir kembali kepada kita.


7. Tunaikan kebutuhan orang lain.
  • Menunaikan hajat orang lain akan menjadi sebab Allah menunaikan hajat, keingiannya dan memberi kita kelapangan rezeki.
  • Jika anda mengalami kesulitan seperti misalnya terlilit utang dan kebingungan bagaimana harus membayarnya, jangan tinggal galau di rumah saja. Keluarlah, carilah keluarga miskin yang terlibat utang dan juga tak mampu membayarnya, misalnya utang di rentenir 100 ribu rupiah karena membeli beras, bayarkan utang tersebut. Mungkin anda berpikir, logikanya di mana sih? Kita sendiri sedang kesulitan keuangan kok malah sok-sok an membantu keuangan orang lain? Dengan harapan menunaikan hajat orang lain (membayarkan utangnya), Allah akan memberi kita jalan keluar (membayarkan utang kita).
  • Perhatikan hadits Rasulullah berikut ini :

hajat


8. Banyak bershalawat.
  • Jika kita mencintai seseorang maka sedapat mungkin kita akan mengirim salam cinta yang dalam untuknya agar dia tahu kecintaan kita padanya. Demikin pula kecintaan kita pada Rasulullah. Bukti kecintaan kita itu adalah dengan tak putus mengirim shalawat buatnya. 
  • Karena Rasulullah itu adalah kekasih Allah, maka Allah mencintai orang yang mencintai kekasihNya. Jika Allah sudah cinta siapa yang akan menghalangiNya untuk memberikan kita rezeki?

shalawat


9. Berbuat kebajikan yang banyak.
  • Apa itu kebajikan? Segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan (keselamatan, keberuntungan, dan sebagainya). Menilik dari pengertiannya, kebajikan adalah hal-hal yang membawa kebaikan pada kita dan pada orang lain. Bersikap jujur, amanah, bersedekah, menolong orang, tidak menyakiti orang lain, bahkan menyingkirkan duri dari jalanan adalah contoh-contoh kebajikan.
  • Ini kata Ibnu Abbas :
Sesungguhnya kebajikan itu memberi cahaya pada hati, KEMURAHAN REZEKI, kekuatan jasad dan disayangi oleh mahluk lain. Manakala kejahatan pun bisa menggelapkan rupa, menggelapkan hati, melemahkan tubuh, SEMPIT REZEKI dan mahluk lain mengutuknya.

10. Berpagi-pagi dalam beraktivitas.


BERSAMBUNG ke bagian 2.

Perintah Allah Untuk Urusan Rezeki "Hanya" Berjalanlah !

Perintah Allah dalam aspek kehidupan manusia.

Perintah Allah pada setiap aspek kehidupan manusia termasuk dalam mencari rezeki berbeda-beda. Perintah itu sifatnya menyuruh kita bergerak, tapi kecepatannya berbeda-beda. Silakan cermati beberapa ayat Al Quran berikut ini.

1. SHALAT


  • Perintah shalat itu adalah BERSEGERALAH atau boleh dibilang BERLARILAH.
  • Tak ada tawar menawar, jika azan berkumandang, mukmin yang masih melakukan aktivitas harus segera menghentikan aktivitasnya dan bersegera melangkahkan kaki ke mesjid.
  • Bahkan bagi mereka yang sibuk melakukan jual beli agar segera meninggalkannya. Meskipun keuntungan dunia yang didapat dari hasil jual beli itu menggiurkan tapi keuntungan pahala shalat dari Allah itu jauh lebih baik seperti diterangkan pada ayat di atas, Surah Al Jumuah ayat 9.
  • Kaitannya dengan rezeki adalah banyak sujud banyak rezeki.

2. KEBAIKAN
  • Urusan kebaikan perintahnya adalah BERLOMBALAH-LOMBALAH.
  • Anda semua pasti maklum apa yang dimaksud dengan berlomba, yaitu saling berkompetisi untuk membuat kebaikan yang paling banyak. Bukan untuk riya tapi untuk menjadikan diri rahmatan lil alamin. Menjadikan diri orang yang memberi manfaat bukan hanya bagi diri sendiri tapi bagi orang lain dan mahluk Allah yang lainnya. Usahakan setiap hari membuat kebaikan, dan sekecil berusaha menghindarkan diri dari dosa dan maksiat.
  • Kaitannya dengan rezeki, orang baik rezekinya juga baik, orang yang banyak dosa rezekinya pun seret, karena tabir penghalang rezeki adlah dosa dan maksiat. (baca : 15 daftar dosa yang menjauhkan rezeki dan pertolongan Allah)

3. AMPUNAN
  • Urusan memohon ampunan adalah BERSEGERALAH, tidak pake tunggu nanti atau ntar besok saja. Karena tidak ada yang bisa menjamin, apakah umur kita sampai besok atau tidak.

  • Orang yang berdosa rezekinya pun tak berkah, sebelum ia meminta ampun dan taubat kepada Allah, maka dirinya akan terus menerus dicatat melakukan dosa dan amal keburukan akan terus menghiasi dirinya.
  • Kaitannya dengan  rezeki, hanya taubat lah yang bisa membuat seseorang dilimpahi rezeki. Taubat artinya mengaku bersalah atas kesalahannya, memohon ampun pada Allah dan berjanji takkan mengulanginya. Orang seperti ini disukai Allah, karena tadinya dia menjauh dariNya, kemudian sadar dan kembali pada Allah. (baca : taubat berkaitan erat dengan kelnacaran rezeki).

4. MENUJU ALLAH

  • Urusan menuju Allah, perintahnya adalah BERGEGASLAH KEMBALI kepadaNya. Bergegas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bercepat-cepat, berlekas-lekas, bergegas-gegas, tergesa-gesa.
  • Saat seorang hamba terjatuh ke dalam dosa syirik, mempersekutukan Allah dengan yang lainnya bergegaslah kembali kepada mentaati Allah, taubat dan menghentikan kebiasaan syirik itu. Karena syirik adalah dosa yang tak terampunkan, kecuali jika kita benar-benar menyesali dan tak kembali melakukannya.
  • Jangan menunggu besok atau lusa. Sadarilah diri jangan sampai selama ini kita terjebak dalam dosa syirik tanpa kita sadari. Syirik adalah satu dari 10 dosa besar yang menghalangi rezeki masuk dalam hidup kita.

5. MENJEMPUT REZEKI.


  • Perintah Allah untuk urusan rezeki "hanya" BERJALANLAH. Seperti pada ayat di atas. Allah menjelaskan kalau Dia dengan kemahakuasaanNya telah menjadikan bumi ini mudah untuk kita urusi, atau urusan-urusan kita di dunia pun akan dipermudah Allah.
  • Tapi kemudahan itu tetap membutuhkan usaha (ikhtiar) untuk menjemput rezekiNya. Kita di suruh berjalan kalau perlu sampai diujung dunia demi mencari rezekiNya. Itupun rezeki yang diperintahkan untuk kita makan hanya sebahagian saja. Kemana lagi sisanya? 
  • Sisanya itu harus dibelanjakan di jalan Allah entah lewat sedekah, infaq dan  seperti ayat berikut ini :

  •  Dari tulisan di atas jelaslah perintah yang terkait langsung dengan Allah sifatnya adalah URGENT, DARURAT, SEGERA, TIDAK PAKE DITUNDA DAN TIDAK PAKE LAMA. Tapi yang terkait dengan manusia dalam hal ini rezeki perintahnya NYANTE AJA, BERJALAN. Berjalan itu ibaratnya bisa cepat dan bisa lambat. Berjalan cepat, tiba di tujuan dengan cepat. Berusaha keras akan dapat rezeki cepat, malas-malasan maka rezeki akan menjauh.
  • Coba hitung berapa banyak dari waktu kita habiskan untuk bersegera menghadap Allah (ibadah)? Bukankah selama ini waktu kita habis mencari nafkah, menjemput rezeki dari Ilahi Rabbi? Sementara shalat, memohon ampun, kembali pada Allah, kita tunda-tunda terus karena bisa nunggu besok, lusa sampai akhirnya lupa sama sekali.
  • Itulah manusia..harusnya dibalik yang disegerakan, pergegaslah. Yang disuruh pelan, santai aja. Jadi jangan terlalu ngoyo mencari rezeki. Yang harus ngoyo ya.. ibadah !!! Karena itulah teman sejati yang akan menemani kita bersaksi di hadapan Allah di pengadilan akhirat nanti. Kalau rezeki harta, akan jadi pertanyaan yang bisa meringankan atau memberatkan kita nanti, tergantung pemanfaatannya. Makin banyak harta makin banyak pertanyaan.
  • Renungkan, adakah yang salah dengan kita selama ini?
Wallahu alam 

Dahsyatnya Wudhu Mendatangkan Rezeki

Islam adalah agama paripurna.

  • Apa itu paripurna? Ya... Islam adalah agama yang sempurna, yang mengatur umatnya dari urusan yang sekecil-kecilnya sampai urusan yang sebesar-besarnya.
  • Persoalan kebersihan juga dimasukkan sebagai bagian yang penting. Bukankah kebersihan sebagian dari iman? Umat Islam selalu diajarkan untuk senantiasa menjaga kebersihan. Salah satu cara agar kita senantiasa bersih adalah dengan berwudhu.

Makna Wudhu

  • Wudhu bukan hanya sebagai salah satu hal yang kita lakukan agar ibadah kita sah, tapi juga memiliki makna yang jauh lebih dalam, yaitu agar kita senantiasa memiliki hati dan pikiran yang bersih.
  • Wudhu juga diartikan sebagai proses pembersihan diri menuju penyucian spiritual.
  • Tahukah anda bahwa anggota tubuh yang kita basuh saat berwudhu adalah anggota tubuh yang paling sering melakukan sesuatu yang kotor. Allah berfirman..

Pengaruh Positif Wudhu

1. MERANGSANG PUSAT SYARAF
  • Seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Austria, Prof. Leopold Werner menemukan sesuatu yang menakjubkan tentang wudhu.
  • Wudhu yang dimulai dengan pembasuhan wajah sampai kaki ternyata dapat merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia, itu terjadi karena ada keselarasan antara air wudhu yang dialirkan dan titik syaraf, yang membuat badan selalu bugar dan sehat.
  • Penemuan ini membukakan pintu hidayah baginya untuk memeluk Islam.

2. MENYEHATKAN KULIT
  • Beberapa penelitian menyatakan bahwa virus kulit banyak menjangkiti kulit yang tidak terjaga kebersihannya. Anggota tubuh yang sering berhubungan dengan dunia luar adalah wajah, tangan, rambut dan kaki harus dibasuh segera, agar selalu bersih dan tidak dijangkiti penyakit menular. 
  • Ajaran ini telah menjadi bagian dari kehidupan Muslim 1400 tahun lalu sebelum ilmu kedokteran modern mengajarkannya.
  • Rasulullah SAW wajahnya selalu bersih merona, tangannya bersinar dan kuat, rambutnya bersih dan pekat, serta kakinya tangguh dan indah, serta tak pernah terjangkit penyakit kulit.
  • Mokhtar Salim dalam bukunya Prayers for the body and soul menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh kotoran dan zat kimia yang menempel di permukaan tubuh secara terus menerus. Wudhu yang dilakukan minimal 5 kali sehari bisa dengan segera membasuh permukaan tubuh yang terpapar kotoran dan zat berbahaya itu tadi.

3. MENCEGAH INFEKSI LEWAT LUBANG HIDUNG
  • Saat berwudhu disarankan untuk menghirup air masuk ke dalam hidung, kemudian mengeluarkannya kembali. Hal ini dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh kuman yang masuk lewat saluran pernafasan yang dimulai dari lubang hidung. Orang-orang yang teratur berwudhu membuat hidungnya tampak cemerlang, bersih dan tak berdebu.
  • Kuman bisa menempel pada rongga hidung melaui udara yang dihirup yang mengandung partikel berbahayadan lama kelamaan bisa masuk ke dalam saluran pernafasan dan menyebabkan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas).
  • Ketahuilah bahwa hidung, menurut Prof Hembing merupakan reseptor penciuman yang jauh lebih peka dibanding lidah yang merupakan reseptor pengecap. Karena hidung mampu membedakan sampai 10 ribu macam bau.

4. MENGHILANGKAN DOSA.
  • Secara psikologis perintah berwudhu dengan membasuh anggota tubuh tertentu, alasannya karena bagian tersebut sering berhubungan dengan dosa manusia.
  • Wajah dimana terdapat mata yang seringkali melihat sesuatu yang diharamkan. Demikian juga tangan yang kadang mengambil sesuatu yang bukan haknya, seringkali memukul orang lain, menyentuh hal-hal yang dilarang. Kaki yang harusnya berjalan ke tempat-tempat mulia, seperti mesjid, tempat ibadah dan majelis ilmu seringkali melenceng dan membuat manusia malah melangkah ke tempat-tempat maksiat.
  • Semua kemaksiatan yang dilakukan oleh anggota tubuh manusia memerlukan terapi psikologis untuk mensucikan kembali langkah-langkah salah tersebut. Di sinilah pentingnya wudhu secara psikologis.


Wudhu lahir dan bathin

Itulah pentingnya wudhu yang dianggap dapat menbersihkan tubuh secara lahir dan bathin. Itulah mengapa wudhu bisa mendatangkan rezeki. Rezeki berupa kesehatan jiwa dan raga.
  • Wudhu lahir adalah membasuh senua anggota tubuh yang diperintahkan dengan air atau debu yang suci.
  • Wudhu bathin adalah membasuh diri dengan 7 perkara :
    • Bertaubat
    • Menyesali dosa yang telah dilakukan
    • Tidak tergila-gila pada dunia
    • Tidak mengharapkan pujian orang lain (riya).
    • Tinggalkan sifat khianat dan menipu
    • Tinggalkan sifat dengki.
  • Kemudian segera masuk mesjid, berdiri dengan khidmat dan meresapi beberapa hal beriut ini :
    • Aku merasa sedang berhadapan dengan Allah.
    • Aku merasa surga ada di sebelah kananku.
    • Aku merasa neraka ada di sebeah kiriku.
    • Aku merasa malaikat maut berada di belakangku.
    • Aku bayangkan seolah aku berada di titian siratal mustaqim, lalu katakan :
Shalatku iniadalah shalat terakhir bagiku, kemudian aku berniat dan bertakbir dengan baik. Setiap bacaan dan doa di dalam shalat aku pahami dan resapi maknanya, kemudian aku ruku dan sujud dengan tawadhu. Aku bertasyahud dengan penuh pengharapan dan aku memberi salam dengan ikhlas.
Apa kata Rasulullah SAW tentang wudhu?
Umatku kelak pada hari kiamat akan bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu.
Wallahu alam

Followers

Pages

About Me

My photo

Saya  apa adanya, senang baca buku, mikir, nulis dan berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. Harapan saya sih  ilmu yang sedikit itu bermanfaat, setidaknya untuk saya sendiri. Saya juga menulis blog pribadi lancarrezeki.blogspot.com, berbagidanjadikaya.blogspot.com catatanngocol.blogspot.com, hanya-love.blogspot.com dan belajarlewatquotes.blogspot.com