Tips Memotivasi Anak Remaja Untuk Rajin Shalat

Anak itu investasi akhirat.

  • Satu-satunya investasi yang terus mengalirkan manfaat, terus ngasi kita rezeki berupa pahala yang tak putus bahkan saat kita sudah dikubur, adalah doa anak saleh. Jadi menghasilkan anak saleh itu keharusan, bukan hanya untuk kepentingan dirinya pribadi tapi juga bagi kepentingan kita, orangtua yang dititipi amanah memelihara anak ini..

  • Di mana ukuran kesalehan seorang anak? Mungkin ada yang bilang, kalo dia baik, nurut kata orang tua, gak nyusahin, udah pasti saleh / salehah dong ! Betulkah begitu? Ukuran kesalehan seorang anak adalah selain berbakti pada orangtuanya, juga shalatnya rajin, gak pake disuruh, gak pake diancam, gak pake disuap. Pokoknya denger azan, langsung ambil wudhu, ke masjid atau sholat sendiri. Shalatnya full gk ada yang bolong.
  • Keadaannya sekarang ini bagi anak-anak kita yang kebetulan sekolahnya sekolah islam shalatnya hanya saat di sekolah saja, setiba di rumah, udah malas-malasan lagi. Begitu juga bagi anak yang mondok di pesantren, saat mondok shalatnya rajin karena ikut aturan, tapi kalo udah pulang sholatnya belum tentu serajin saat mondok.
  • Gimana caranya memotivasi anak terutama yang remaja agar shalatnya rajin?
baca juga : 9 ciri anak yang membawa rezeki bagi orangtuanya


Tips memotivasi anak shalat.


(1) Bicara dengan bahasa yang dimengerti.
  • Hindari yang namanya pidato, ceramah, omelan panjang lebar, karena yakin 100 % gak ada yang masuk di otak, melainkan cuma nupang lewat dan gak ada yang tinggal di kepalanya. Yang dia terima adalah ummi/abi lagi marah karena aku gak shalat. 
  • Coba deketin dan ngomong biasa aja, katakan bahwa sekarang ini zaman teknologi. Semua akun pribadi entah itu medsos, email, perbankan semuanya butuh PIN / password. Ini merupakan salah satu cara mengamankan akun kita agar gak sembarangan orang bisa log in dan bertingkah laku seenaknya. Kalo paswordnya salah pasti ditolak kan?
  • Jelasin ke anak kalo shalat itu ibarat password buat masuk surga. Kalo udah ditentuin paswordnya adalah 24434 (rakaat shalat 5 waktu), trus yang dikerjain hanya 2444, pasti ditolak, wong passwordnya salah kok ! Begitu juga dengan shalat, kalo gak full 5 waktu, alias bolong-bolong pasti gak sempurna dan gak bisa lolos lewati pintu surga. Sementara tujuan kita beramal saleh supaya dapat ridhanya Allah yang mempermudah kita masuk surga.

(2) Bandingkan dengan sesuatu yang sering dia lihat.
  • Kalo shalat bolong-bolong ibarat ngangkut pasir dalam karung bocor bawahnya. Biar saat diangkut penuh begitu tiba ditujuan habis semua karena jatuh berceceran di jalanan. 
  • Begitu juga dengan amalan yang kita lakukan. Meski udah berbakti, jadi anak baik, rajin belajar tapi gak shalat, ibaratnya amalan itu kita angkut dalam karung bocor, terkumpul tapi akhirnya berceceran dan gak bisa kita gunakan untuk ngebela diri di pengadilannya Allah kelak.

(3) Tekankan pentingnya shalat dibanding ibadah lain.
  • Kenapa shalat itu perintahnya Rasul terima langsung dari Allah, sementara perintah ibadah lain hanya lewat malaikat Jibril saja? Hal ini nunjukin betapa pentingnya shalat itu. Sampe untuk menyampaikannya Allah gak mau pake perantara.
  • Cuma shalat aja satu-satunya amalan wajib yang gak bisa ditinggalin, HARUS dilakukan dalam kondisi apapun. Kalo gak bisa berdiri, duduk, kalo gak bisa duduk berbaring, gak bisa gerak, cukup dalam hati. Dalam perjalanan bisa di qashar atau di jama'. Intinya wajib..
  • Kalo puasa ramadhan kan bisa ditinggalkan bagi yang sakit ato musafir, zakat kalo udah sampe nisabnya, haji boleh ditunda nunggu sampe mampu. Tapi shalat gak ada pengecualian. Sakit, dalam perjalanan, kaya miskin, mampu ato gak mampu harus dilaksanain. 
  • Shalatlah yang paling pertama akan dihisab di hari penentuan nanti. Kalo shalatnya bagus, maka amalan yang lainnya boleh diperiksa. Tapi kalo shalatnya aja udah gak bagus, gak usah ngarep banyak sama amalan lainnya..
baca juga : Allah akan mencabut keberkahan rezeki mereka yang menyepelekan shalat.
Semoga tips ini membantu.

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki