Solusi Membuat Hari Anda Berlimpah Rezeki

Rezeki anda begitu-begitu aja?

  • Setiap hari anda keluar rumah, banting tulang, pergi pagi pulang sore buat nyari rezeki. Tapi sekian lama berusaha dan berikhtiar hidup anda gak berubah. Rezeki anda ya segitu-gitu aja. Pengen juga ada rezeki lebih sih supaya bisa jalan-jalan, bisa naik haji / umroh atau bisa lunasin cicilan motor yang tiap bulan jadi beban.
  • Gimana ya.. supaya hari-hari kita tak berlalu begitu saja? Gimana supaya tiap hari kita bisa terus berlimpah rezeki? 

Solusi hari berlimpah rezeki.

(1) Perbaiki niat.
  • Mungkin hadits di bawah ini sangat populer. Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits).
  • Niat itu apa sih? Kebulatan hati buat melakukan sesuatu demi tujuan tertentu. Niat makan ya..biar kenyang. Niat tidur biar istirahatnya cukup. Niat belajar biar nilai bagus. Tapi kalo tiap hari kita niatnya cuma pengen kenyang, pengen istirahat, pengen nilai bagus, gak salah cuma gak sempurna.. Baca tahapan niat di sini..
  • Kalo pengen rezekinya berlimpah tiap hari, ya... apapun yang dikerjain kudu diniatin agar dapat rezeki berlimpah, agar bisa cukup ngasi makan keluarga, agar bisa ngasi kesehatan, ngasi penghidupan yang baik, ngasi tambahan pundi-pundi amal.. Jangan asal ngantor, asal jualan, asal ngobjek aja. Tapi niatkan agar ngantor, jualan, objekan bisa membawa rezeki yang berlimpah.
  • Kalo niatnya udah bener, ikhtiarnya kudu bener juga. Niat pengen rezeki berlimpah tapi jualannya narkoba ato miras oplosan. Ya.. mungkin duit masuknya banyak tapi gak berkah.. Artinya rezekinya juga gak berkah. Yang kita inginkan pastilah rezeki yang banyak dan berkah, bukan? (Baca : Tips merengkuh rezeki yang banyak lagi berkah.) Kalo gak sia-sialah rezeki itu.

(2) Tenangkan hati.
  • Miliki ketenangan hati, jangan galau saat rezeki susah dan jangan kalap saat rezeki lagi banyak. Kalau mau rezeki berlimpah setiap hari yakinkan diri kalo rezekimu gak bakalan di caplok orang lain. Rezeki udah ditentukan bagi setiap mahluk, gak mungkin ketuker ama mahluk lain. Misalnya nih, rezeki kita ketuker ama rezeki kura-kura. Ya.. gak mungkinlah wong kebutuhan kita ama kebutuhan kura-kura beda. Maha Suci Allah dari kesalahan seperti itu.
  • Rezeki kita gak bakalan nyasar di rumah orang lain. Kalo emang udah rezeki gak akan kemana, pasti nyampe, cepat atau lambat. Bisa diberi lewat kita atau lewat tangan orang lain. Begitu juga kalo bukan rezeki, ya..gak bakalan dapet. Meski udah susah payah, bersimbah peluh, banting tulang peras keringat, bahkan ada yang pake tipu-tipu dan manipulasi, rezeki itu pasti pergi kembali ke pemiliknya..
  • Jadi, kalo mau rezeki berlimpah setiap hari, kudu tenangin hati, usahanya yang bener, karena rezeki gak akan kemana. Fokus aja pada nyiapin hati, nyiapin diri menerima dan memanfaatkan rezeki Allah itu.

(3) Sibuklah beramal saleh.

  • Jika pengen kehidupan yang berlimpah rezeki dan baik ya kudu kerjakan amal saleh. Tau kan yang wajib-wajibnya jangan sampe bolong, tambain dengan yang sunat. Hidup kita kan hanyalah menunggu dari waktu shalat yang satu ke waktu shalat yang lain. Selang antara kedua waktu itulah kita pake kerja, berusaha, ikhtiar, bisnis. Di luar waktu shalat inilah kita bekerja sambil beribadah. Agar kerjanya berkah. Niatkan ibadah, kerjakan ibadah dan harapkan keridhaan Allah.
  • Amal kita yang bakal ditanyain dan dipertanggung jawabkan di hari akhir nanti kan, bukan amalan si bos, orang tua, presiden, bukan amalan orang lain. Dan gak ada yang bisa ngerjain amal itu kecuali kita. Jadi bekal akhirat, KITA yang harus ngumpulin, bukan orang lain. Jadi gak usah sibuk menghisab dosa orang lain, sementara kita sendiri gak tau apa amal kita cukup buat masuk surganya Allah ato malah jadi penghuni neraka? Naudzubillah..

(4) Say No to Maksiat.
  • Kalo sekarang ada slogan say No to Narkoba, Say No to Korupsi, Say No to Pungli, kalo dikumpulin semua itu narkoba, korupsi, pungli sebenarnya adalah maksiat kan? Jadi kita bikin slogan untuk diri sendiri agar berkata tidak pada maksiat ( Say No to Maksiat). 
  • Tau gak penghalang rezeki nomor satu? Ya..dosa ! Dosa yang bikin siapa? Ya kita-kita yang suka maksiat. Bagaimana bisa begitu nyamannya berbuat dosa sementara kita masih berharap dapat rezeki berlimpah dari Allah? Padahal Allah setiap saat merhatiin kita lho. Apa gak malu hidup di buminya Allah, makan dari rezekinya Allah, minta rezeki dibanyakin tapi maksiat juga di bumi Allah sambil diperhatiin Allah lagi?????
  • Kalo pengen rezekinya berlimpah setiap hari, jauhi maksiat dan banyak-banyakin istighfar dan taubat. Karena mana tau hati kita tergelincir di saat iman lagi rapuh-rapuhnya terlanjur berbuat dosa. Mengapa istighfar itu begitu istimewa? Baca uraiannya di sini.

KESIMPULAN.

  • Membuat hari berlimpah rezeki itu sebenarnya gak susah. Kita udah tahu sejak di bangku sekolah dulu, masalahnya kita hidup gak fokus, kebanyakan mikir, akhirnya kebablasan, keburu dijemput kematian..!! Kita fokusnya pengen rezeki banyak dan berkah, tapi gak dibarengi dengan niat dan usaha yang bener. Ya.. wajar kalo rezekinya cuma segitu-gitu aja.
  • Pertanyaan yang sebenarnya bukan berapa banyak rezeki yang bisa kita kumpulkan dan dapatkan setiap hari, tapi apa kita sanggup menjawab pertanyaan Allah tentang dari mana sumbernya dan kemana rezeki itu dibelanjakan? Jawabnya juga gak boleh ngasal lho ya, soalnya terkait dengan nasib apakah jadi penghuni surga atau malah jadi penghuni neraka?
  • Jadi silakan beraktivitas, nyari rezeki Allah yang banyak, tapi pastikan kalo kita siap menjawab pertanyaan Allah kelak di Hari Perhitungan nanti..
Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki