Ada Umur Ada Rezeki, Rumus Kaya Ala Ippho

Gak perlu kuatir.

  • Selama ada umur selama itu rezeki akan didapat. Ular buta aja di jamin rezekinya. Non muslim juga rezekinya udah dijamin Allah meski mereka ini gak beriman padaNya dan gak beribadah seperti halnya kita-kita. Bahkan maling pun rezekinya dijamin Allah, selama ada umur selama itu pula rezekinya akan datang. Rasulullah sendiri pun mengatakan bahwa rezeki bergerak lebih cepat dibanding kematian..
  • Artinya selama hayat masih dikandung badan, selama umur masih diberi maka selama itu pula rezeki masih ada. Jadi tak perlu susah hati apalagi sampai berprasangka buruk pada Allah SWT.

Rezeki Allah itu luas.

  • Kalo terkait dengan rezeki, biasanya kita lebih sering mengait-ngaitkannya dengan uang atau materi, meskipun rezeki Allah itu luas (baca : makna rezeki). Terkait dengan rezeki, ada yang namanya uang, harta, kepemilikan dan rezeki. Isteri dan anak kita adalah milik kita di dunia, tapi hakikatnya mereka itu milik Allah. Punya teman yang selalu mengingatkan untuk melakukan kebaikan itu juga rezeki. Udah 6 bulan gak sakit, sehat terus menerus juga adalah rezeki. Kalaupun dikasi sakit bisa menerima itu sebagai rezeki, syukur dikasi sakit, siapa tau lewat sakit ini Allah menggurkan dosa. Sakit juga bisa jadi sarana menambah pahala karena pada sakit kita biasanya jauh lebih sabar. (baca : berbahagialah karena sakit itu rezeki)

Rumus kaya ala Ippho Santosa

  • Ippho Santosa adalah penulis buku terkenal tentang Tujuh Keajaiban Rezeki dan Percepatan Rezeki. Dia mengemukakan dalam sebuah seminarnya kalo mau kaya itu gampang, rumusnya sederhana, masalahnya mau atau tidak melakukannya? 
  • Menurut Ippho, rumus kaya itu gak banyak, 'cuma' 4 :
(1) Mau Jualan.
  • Jualan apa aja yang penting jangan jual diri ato jual organ tubuh. Jual apa aja yang dibutuhkan orang (yang halal ya, jangan yang haram sebangsa sabu-sabu, narkotika, pil koplo, miras yang memang banyak dibutuhkan tapi bisa bikin teler.), gak perlu buka toko konvensional sih, bisa jualan online, lewat aplikasi bbm, wa, instagram juga bisa. 
  • Harus suka jualan itu sunnah nabi. Tau gak sekarang ini ketimpangan ekonomi sangat besar, 1 % orang Indonesia menguasai 40 % aset negara. Siapakah yang 1 % itu? Mereka yang jualan alias para pengusaha sukses. Sisanya itulah yang kita perebutkan.. 
  • Jadi kalo mau kaya, rumus yang paling pertama adalah jualan.

(2). Hemat.
  • Pernah dengar pepatah rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya? Menurut Mas Ippho rumus kaya yang kedua adalah hemat. Bedain ama irit ato pelit ya.. Kalo irit apa-apa ditahan biar gak cepet habis. Makan kue dicicil (bisa basi dong...). Nah kalo pelit, punya sih punya cuma gak pengen berbagi, ngerasa semua yang dia punya itu mutlak hasil usahanya dan orang lain kalo mau juga gak boleh minta karena gak bakalan dikasi, ya.. harus usaha sendiri.
  • Hemat di sini hemat atas segala sesuatu yang konsumtif. Makan 20 ribu udah cukup ngapain maksain makan 100 ribu udah gitu gak habis, mubazir, makanan dan uang terbuang percuma. Bukan berarti gak boleh boros, tapi borosnya harus jelas. Boleh banget boros, borosnya tuh kalo ada kepentingan nambah pahala di situ. Untuk sedekah, berbakti ama ortu, nuntut ilmu yang bermanfaat silakan deh boros, jor-joran kalo perlu...

(3) Investasi.
  • Bagi yang gajinya senantiasa kurang coba deh gaji yang sedikit itu sebagian diinvestasikan.
  • Investasi, bisa dilakukan oleh karyawan atau PNS agar gaji tak tergerus inflasi. Usahakan 10 % gajinya silakan diinvestasikan. Bisa lewat emas (batangan), properti atau reksadana syariah, bisa juga investasi pada bisnis orang lain, bisnis beneran bukan money game ya..atau yang gak halal..
  • Kalau gak suka tiga-tiganya Insya Allah pasti kere. Ini secara dunianya..

(4) Sedekah 
  • Kalo secara dunianya 3 hal yang di atas, kalo ditambah dengan perintah Allah, mau kaya ya... kudu sedekah. Balasannya gak tanggung-tanggung 700 kali lipat ! Dan yang ngebalas tuh Allah, Yang Maha Kaya..

  • Sedekah ini anehnya luar biasa..Kira-kira mengapa sedekah bisa menolak bala? Kita ngasi 1 dan Allah balas dengan 700 kebaikan. 700 kebaikan inilah yang menahan kita dari bala.
  • Mengapa sedekah bisa melipatgandakan rezeki? Misalnya anda sedekahin anak yatim uang 100 ribu, buat beli buku, beli pensil, beli kebutuhan sekolah. Bayangin lewat sedekah itu toko buku bisa hidup, pabrik kertas hidup, usaha kayu hidup, penjual kain, penjahit baju seragam semua hidup karena ada yang butuh dan beli. Sedekah menyentuh 700 sisi kehidupan dan 700 kebaikan itu itu akan kembali ke kita...
  • Suka atau gak suka, yakin ato gak yakin mau atau gak mau, iman atau gak beriman, 700 kebaikan itu pasti balik ke kita. Meski gak ikhlas pun pasti di balas. Gak ikhlas aja dibales apalagi ikhlas? Bukannya ikhlas gak penting ya, tapi kalo nunggu ikhlas dulu baru sedekah wah bisa-bisa gak sedekah. Karena itu sedekah gak perlu ikhlas...Lakuin aja, biasain.. Waktu kecil kita juga gak ikhlas puasa, gak ikhlas ngaji dan gak ikhlas masuk mesjid, mesti disuruh-suruh pake diancam lagi ama ortu, tapi dilakuin juga terus menerus akhirnya jadi kebiasaan...lama-lama jadi betah melakukannya. Sama juga dengan sedekah. Kalo sering dikerjain lama-lama jadi kebiasaan akhirnya jadi betah bersedekah. Sehari aja gak sedekah seperti ada yang kurang.
  • Rumus kaya yang keempat adalah biasakan sedekah. Untuk sedekah ini kita bakal ngebahas di tulisan selanjutnya..
  • Gampang kan jadi kaya? Baca juga udah sedekah kok rezeki masih macet?
Wallahu alam...

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)