Tips Meraih Berkah Saat Rezeki Sulit

Saat rezeki sulit pasti mengeluh.

  • Mengeluh adalah hal umum yang dilakukan oleh sebagian besar kita saat rezeki sulit. Tagihan banyak yang harus dibayar, cicilan yang jatuh tempo, bahan makanan semakin menipis, tabungan kosong melompong. Seolah hidup jadi kiamat. Karena rezeki selalu diidentikkan dengan harta, materi dan kekayaan, sehingga saat semua itu kurang kita jadi merasa rezeki lagi sulit nih, Allah lagi gak bersahabat dengan kita nih, lagi dicoba, lagi  diuji, lagi dihukum padahal gak tau salah apa?
  • Mengapa mesti mengeluh? Karena saat kesulitan hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengeluh. Melaporkan pada diri sendiri dan orang lain kalau kita sedang susah. Lebih fokus pada kesusahan itu bukan pada solusinya, sehingga membuat diri jadi makin merana, merasa termalang di dunia... Padahal di balik kesulitan banyak mutiara yang tersimpan menunggu untuk ditemukan.

Meraih berkah saat rezeki sulit.


(1) Menerima Kenyataan.
  • Memang tidak mudah untuk menyikapi kondisi yang sedang terpuruk dan susah rezeki. Tapi tahap pertama untuk mendapat berkah saat rezeki sulit adalah menerima kenyataan. Yang bikin kita menderita seringkali adalah karena kita tak bisa menerima kenyataan kalau hidup berubah. Kita lebih suka mengeluh, bertanya mengapa ini terjadi bahkan memprotes Allah karena diberi kesulitan.
  • Menerima kenyataan artinya berhenti mengeluh, bertanya apalagi protes tapi masuk dalam tahap menerima kondisi sebagai ketentuan Allah SWT. Memang banyak gaya hidup yang harus dikorbankan dan disesuaikan dengan kondisi itu. Tapi itu jauh lebih baik dibanding memaksakan sesuatu yang tak bisa diakomodir. Tadinya bisa belanja sesuka hati, sekarang harus irit. Tadinya bisa makan-makan di luar lebih sering sekarang harus masak sendiri. Ini namanya menyesuaikan.

(2) Pahami kondisi itu.
  • Bukan hanya sekedar menerima tapi pahami mengapa kita diberi kesulitan? Begitu banyak manusia di dunia ini, kok kita yang dipilih? Tahukah kalau Allah memberi ujian/cobaan banyak hikmah yang bisa kita dapatkan yang tak bisa dikira-kira saat pertama diberi. Hal itu biasanya kita tahu setelah kesulitan berlalu dan jadi paham karenanya. Bisa jadi kita malah bersyukur telah diberi kesulitan.
  • Memahami kesulitan juga dapat dilakukan dengan introspeksi diri. Daripada terus mempertanyakan pada Allah mengapa kita diberi kesulitan, lebih baik tanya pada diri sendiri. Karena kita lah yang paling tahu kelakuan kita. Jika ketemu penyebabnya, jika harus diubah, ubahlah, jika perlu perbaikan, perbaikilah..

(3) Lihat secara proporsional.
  • Jangan terlalu terbawa suasana atau baper saat kesulitan mendera. Kesulitan itu menghantam nafsu yang selama ini selalu menjadi ukuran. Saat kita dilimpahi kesenangan hidup yang ada hanyalah nafsu untuk terus bersenang-senang. Dengan kesulitan Allah ingin kita kembali padaNya, melepas baju nafsu, merasa terhina, malu, menderita dan dipaksa untuk menerima keadaan yang tak mengenakkan.
  • Saat nafsu turun maka sisi spiritual kita naik, karena hidup cenderung untuk mencari keseimbangan. Saat sisi spiritual naik saat itulah kita butuh Allah, mengadu padaNya, menceritakan semua keluh kesah dalam doa, ibadah, shalat malam, shalat hajat, zikir dan lantunan ayat suci Al Quran. Allah rindu pada kita, sementara kita terlalu sibuk mengejar dunia. Allah memberi kesulitan agar kita kembali ingat dan mendekatkan diri padaNya. Allah cmburu karena kita terlalu mencintai ciptaanNya. 

(4) Ikhlas.
  • Setelah menerima kenyataan, memahami kondisinya, melihat secara proporsional akhirnya sampailah kita ke tahap ikhlas.. Menyerahkan urusan hanya kepadaNya, membiarkan Allah menanganinya dan kita tunduk pada kepasrahan atas kehendakNya.
  • Biasanya di titik ini kita mulai mendapatkan kemudahan mengatasi masalah rezeki, Allah mengirim bala bantuan yang tak disangka-sangka bahkan Allah sendiri membisikkan jalan keluar di telinga kita sehingga berkata, "mengapa kok tak terpikir ya?".
  • Yang paling susah adalah setelah kesulitan itu berlalu, kita kembali diberi kesenangan sementara sisi spiritual kembali tertekan digantikan oleh dominasi nafsu. Kembali lagi Allah menguji dengan kesulitan agar kita kembali ingat padaNya. 
  • Yang terbaik tentu saja sisi spiritual tu tidak pudar, tapi begitulah manusia, kadar imannya naik turun.. Tapi harus tetap berusaha.
Itulah tips meraih keberkahan saat rezeki lagi sulit.

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus