Mengapa Kebaikan Menarik Rezeki?

Kebaikan kadang dimanfaatin orang.

  • Pernahkah anda merasa berhutang budi pada seseorang yang berbuat baik pada anda? Misalnya mobil anda rusak di tengah jalan dan tidak ada bengkel dalam jarak dekat. Anda tidak tahu bagaimana memperbaikinya dan anda juga tak tahu nomor telepon tukang derek yang bisa menderek mobil anda menuju bengkel. Anda merasa putus asa dan terus berharap dalam hati ada orang yang berbaik hati singgah dan membebaskan anda dari kesulitan.
kebaikan

  • Tapi semakin anda melambaikan tangan, meminta orang lain untuk berhenti dan memberikan bantuan, semakin kencang mereka memacu mobilnya, meninggalkan anda dalam keputus asaan. Di era yang penuh tipu daya seperti sekarang ini, semua orang berhati-hati dengan orang yang tak dikenal, meskipun mereka kelihatannya kesulitan, tapi bisa saja itu kedok atau modus operandi kejahatan yang mereka lakukan. Banyak perampok dan begal yang berhasil memperdaya korbannya dengan pura-pura minta tolong. Seperti halnya kejadian yang saya alami beberapa waktu lalu di mesin ATM. Saya menceritakannya di artikel ini 6 langkah agar tak ditipu dan rezeki melayang. Meskipun tak menjadi korban tapi banyak oknum yang memanfaatkan kebaikan orang lain untuk mengambil keuntungan. Kebaikan kita disalahgunakan oleh mereka yang tak bertanggung jawab. Tapi itu tak harus menghentikan kita untuk terus menebar kebaikan.

Alasan mengapa kebaikan menarik rezeki.

(1) Kebaikan adalah energi yang positif.
  • Rezeki adalah energi yang positif. Rezeki akan sejalan dengan energi yang positif pula, artinya kebaikan dan rezeki akan saling tarik menarik. Coba pikir baik-baik apa yang anda rasakan setelah berbuat baik? Tenang, puas, bahagia, merasa berguna? Itu karena kebaikan itu memancarkan energi positif yang bisa mempengaruhi perasaan kita. 
  • Bandingkan jika anda melakukan dosa, maksiat dan kejahatan. Sebelum melakukannya anda was-was dan setelah melakukannya pun anda merasa tidak tenang. Karena maksiat dan dosa itu memancarkan energi negatif. Karena tidak berada di frekuensi yang sama maka dosa akan menolak rezeki dan rezeki tak mendekati para pendosa.
  • Pernah dengar kisah keajaiban sedekah? Betapa keikhlasan memberi, mendatangkan balasan yang jauh lebih baik dan tak menunggu lama pula! Karena sedekah itu kebaikan, yang memancarkan energi positif dan menarik rezeki menuju ke arah kita. 
baca : Petunjuk praktis menarik rezeki Ilahi ke arah kita.

(2)  Kebaikan menarik kebaikan.
  • Pernah dengar hukum tarik menarik? Apa yang kita pikir kita punyai, kita bayangkan kalau kita memilikinya maka itulah yang kita dapatkan. Jika kita melakukan kebaikan maka kebaikan juga yang akan kita dapatkan. Karena kebaikan menarik kebaikan.
  • Dalam Islam kita tidak mempercayai hukum karma. Tapi apa yang kita tanam, maka itulah yang akan kita panen. Jika kita menanam kebaikan maka kita akan panen kebaikan. Percaya pada hal itu.
  • Jika kita pernah menolong orang, maka suatu ketika kita butuh pertolongan maka kita juga akan ditolong, karena Allah akan mengirim pertolongan untuk kita. Jika kita memudahkan urusan orang, maka urusan kita pun bisa dipermudah, Allah memberikan jalan keluar bagi masalah kita. 
  • Saya dan keluarga sangat percaya bahwa kebaikan menarik kebaikan. Melihat orangtua yang terjatuh di jalanan, kami menolongnya. Kami berharap jika orangtua kami pun terjatuh ada orang lain yang juga menolongnya. Jika ada anak-anak yang ingin menyeberang jalan, kami membantu menyeberangkannya. Siapa tahu anak-anak kami kesulitan menyeberang jalan, maka ada orang juga yang membantu menyeberangkannya. Jika melihat ada korban kecelakaan di jalan raya, sedapat mungkin kami membantu, jangan sampai ketidakpedulian kita membuat seseorang kehilangan nyawa. Kami tidak ingin jika kami atau keluarga kami yang kebetulan mengalaminya, tergeletak sendirian di jalan raya, harusnya masih bisa mendapat pertolongan tapi tak ada yang peduli sehingga harus meregang nyawa di jalanan.
  • Kebaikan bukan hanya dilakukan pada sesama manusia tapi juga pada binatang. Jika kita punya binatang peliharaan, perlakukan dengan baik, beri makan yang cukup, jangan pernah disakiti maka balas budi kebaikan kita adalah kepatuhannya pada perintah kita, tuannya. Punya ternak yang dipelihara dengan baik, penuh kasih sayang dan dilimpahi kebaikan, maka balas budi atas kebaikan kita adalah ternaknya tumbuh sehat memberi kita telur, daging, susu, bahkan kulit atau bulu yang banyak untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual. Kebaikan kita mengalirkan rezeki yang diberi Allah lewat binatang tersebut.
baca juga : mengapa orang baik rezekinya lancar?

(3) Kebaikan itu menggetarkan kalbu.
  • Kembali pada kisah di atas, saat kita sangat membutuhkan pertolongan, mobil mogok dan berhenti tiba-tiba, jauh dari bengkel dan tidak tahu nomor telepon derek, tiba-tiba ada orang yang singgah dan spontan menolong memperbaiki kerusakan mobil kita. Mobil akhirnya berhasil dihidupkan, sebagai ucapan terima kasih kita memberi sejumlah uang tapi orang itu menolaknya, ia segera berlalu, meninggalkan kita dengan perasaan syukur yang mendalam.
  • Beda jika kita menelepon bengkel dan membantu kita menyelesaikan masalah mobil itu. Kita memang merasa berterima kasih atas bantuannya, tapi getaran hati kita beda, karena jasanya kita bayar. Bantuannya tak berkesan, hanya kejadian hari-hari buat kita. Beda jika kita dibantu orang lain dengan ikhlas, kejadian itu membuat kita terkesan dan termotivasi untuk melakukan kebaikan yang sama. Karena perasaan yang kita rasakan saat butuh pertolongan terus ada yang tolong itu sangat mengesankan.
  • Jika kita menolong dengan niat ikhlas, hati bersih, penuh kasih sayang dan tanpa pamrih, pasti keajaiban-keajaiban dalam hidup akan kita rasakan. Percayalah doa orang yang kita tolong itu bisa menembus langit. Mungkin anda mengatakan bahwa orang yang kita tolong tidak berdoa hanya merasa terharu trus berucap terima kasih saja. Doa yang baik tak mesti harus selalu diucapkan. Bagi orang yang hatinya terharu, ia tak sanggup menyusun kalimat doa dan mengucapkannya tapi rasa terharu dan bergetarnya hati karena merasa berterima kasih itulah doa yang sangat kuat energinya. Hakikatnya ia sudah berdoa. Getaran kalbunya didengar oleh Allah dan dikabulkan. 
  • Bukan hanya manusia yang hatinya bergetar saat kita tolong, binatang pun demikian. Masih ingat riwayat yang diceritakan Rasulullah SAW kepada para sahabat, saat seorang pelacur yang kehausan di gurun pasir menemukan sumur dan bertemu dengan seekor anjing yang menjulurkan lidah karena kehausan. Pelacur itu sangat paham betapa tersiksanya saat tenggorokan kering karena haus dan betapa nikmatnya saat tenggorokan basah oleh air yang segar. Akhirnya diberinya minum anjing itu lewat sepatunya. Anjing itu tak bisa bicara tapi dalam hatinya ia mendoakan agar kebaikan pelacur itu dibalas oleh Allah. Konon pelacur itu akan terbebas dari api neraka di akhirat nanti, karena menolong seekor anjing.
baca juga : fenomena rezeki, mengapa kucing datangnya ke kita?.
  • Jangan pernah menyepelekan kebaikan, bisa saja kebaikan kecil beroleh balasan yang besar dariNya. Balasan Allah akan datang di lain kesempatan secara rahasia, bisa saja itu bebas dari api neraka dan mendapatkan surga???
Sudahkah anda berbuat baik hari ini?

Wallahu alam...

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki