6 Langkah Menarik Rezeki Kesembuhan Saat Sakit

Sakit bikin galau

  • Bagi anda yang sekarang ini sedang terbaring sakit atau memiliki keluarga dekat yang sedang sakit, mungkin hari-hari anda diisi dengan kegalauan, ketidaknyamanan, ketidaksukaan karena kondisi tubuh ataupun kondisi orang yang anda sayangi tidak sehat. Mungkin terlalu banyak pertanyaan dan kenapa serta kapan yang berkecamuk dalam kepala anda. 
  • Kenapa harus anda yang sakit? Kenapa bukan orang lain saja? 
  • Kenapa Allah harus menciptakan penyakit? Bukankah dengan kesehatan yang paripurna kita bisa beribadah secara lebih baik?
  • Kapan Allah memberikan kesembuhan? Katanya Allah tidak menurunkan penyakit jika tak ada obatnya. Lalu mengapa setelah ikhtiar dan obat yang terus diupayakan kesembuhan tak kunjung diberi dan tubuh yag sehat semakin jauh dari harapan?
  • Dan banyak pertanyaan lain yang tujuannya memang bikin galau. Padahal harusnya kita senang karena sakit itu rezeki.
baca : berbahagialah kalau sakit, karena sakit itu rezeki

Sakit adalah penggugur dosa.

  • Tak ada manusia yang bersih dari dosa, khilaf dan salah. Karena tabiat manusia yang suka alpa, sering lupa dan dikuasai hawa nafsu. Tentu sebagai orang yang beriman harapan terbesar kita adalah mendapatkan ampunan Allah. Allah SWT sudah memberikan mekanisme untuk mengampuni dosa-dosa kita. Salah satunya adalah lewat ujian. Tak ada orang beriman yang bebas dari ujian. Salah satu ujian yang diberinya adalah lewat sakit, agar penyakit itu bisa menggugurkan dosa-dosanya.
  • Jadi jangan pernah galau lagi saat sakit, jika taruhannya adalah sakit bisa menggugurkan dosa-dosa kita.
sakit
  • Meskipun demikian orang yang sakit tidak pernah ada yang mau lama-lama menderita dan terus menerus didera penyakit yang bertambah parah. Semua orang ingin sembuh, ingin cepat hilang penyakitnya, ingin cepat normal dan sehat kembali. Hanya kadang kita tak pernah tahu bagaimana menarik rezeki kesembuhan. Ataupun kita menariknya dengan cara yang salah, sehingga bukannya kesembuhan yang datang tapi malah komplikasi dengan penyakit lain yang memperparah kondisi tubuh kita.
  • Bagaimana caranya agar kita bisa menarik kesembuhan dengan cara yang tepat dan insya Allah mempercepat kesembuhan kita.


Tips menarik kesembuhan saat sakit.


(1) IKHLAS DAN MENERIMA.
  • Terimalah kenyataan. Kenyataan yang ada adalah tubuh kita dalam kondisi yang tidak fit, didera penyakit dan kenyataan bahwa Allah menguji kita dengan suatu penyakit. Tahap pertama untuk menarik rezeki kesembuhan adalah menerima kenyataan. Entah itu anda hanya kena penyakit ringan atau malah divonis dengan penyakit yang berat seperti kanker, tumor ganas dan penyakit yang belum ditemukan obatnya oleh kedokteran modern.
  • Menerima kenyataan bahwa anda terpilih untuk diberi penyakit oleh Allah, kenyataan bahwa penyakit itu ada dalam tubuh anda, kenyataan bahwa tubuh anda melemah, semua harus diterima. Penyakit hanya melemahkan tubuh anda tapi harusnya tidak melemahkan jiwa anda juga. Ikhlas menerima kenyataan adalah perlawanan pertama anda terhadap penyakit. Jiwa anda menolak untuk melemah dan kalah oleh penyakit. Anda menerimanya sebagai bagian dari diri anda.
  • Semakin anda menolak kenyataan dan semakin anda mempertanyakan ketentuan Allah atas sakit yang anda derita, semakin sakitlah anda, bukan hanya tubuh yang melemah tapi jiwa andapun dilemahkan penyakit. Jika anda tidak memperbaikinya maka lama kelamaan penyakit akan mengalahkan anda.
baca juga : 3 alasan mengapa sakit itu rezeki

(2) SABAR

Mengapa harus sabar?

a. Sabar membuat kekuatan kita menjadi 10 kali lipat.
  • Setelah ikhlas dan bisa menerima kenyataan dan ketentuan Allah dengan lapang dada, tahap selanjutnya adalah sabar. Tahukah anda kekuatan sabar itu? Silakan perhatikan firman Allah dalam surah Al Anfal ayat 5 berikut ini :
sakit
  • Konteks ayat di atas memang untuk peperangan. Tapi saat tubuh kita didera penyakit, bukankah kita juga sedang dalam kondisi berperang? Perang melawan penyakit dan perang melawan diri sendiri yang jiwanya terguncang.
  • Perbandingannya adalah 20 orang sabar bisa MENGALAHKAN 200 orang musuh. Jika ada 100 orang sabar bisa MENANG atas 1000 orang kafir. Kesabaran meningkatkan kekuatan kita menjadi 10 kali lipat. Jika tubuh kita didera penyakit yang ganas, kesabaran akan membuat jiwa kita lebih kuat 10 kali lipat untuk melawannya.

b. Tak sabar mengurangi rezeki.
  • Kita ingin rezeki kesembuhan bukan? Perhatikan hadits di bawah ini betapa ketidak sabaran akan mengurangi jatah rezeki kita.
sakit
  • Konteks hadits di atas memang untuk rezeki halal, tapi intinya tetap sama ketidak sabarannya dalam mencari rezeki halal membuatnya terjerumus menempuh cara yang haram sehingga membuat jatah rezeki halalnya berkurang.
  • Jika Allah sudah menetapkan rezeki kesembuhan bagi kita pada waktunya nanti, tapi kita malah tidak sabaran dan mulai mengeluh, protes, marah dan sialnya jika kemudian malah menjauhiNya dan meminta pertolongan pada selainNya, apa jadinya? Bisa jadi jatah kesembuhan yang tadinya akan diberi 100 % bisa berkurang menjadi 70 %, 50 % atau bahkan hanya 20 % nya saja?

c. Berita gembira akan diberi pada mereka yang sabar.
  • Apa berita gembira yang diinginkan oleh orang yang sakit? Kesembuhan tentunya ! Apa kata Allah bagi mereka yang sabar? Silakan baca Surah Al Baqarah ayat 155 - 156 berikut ini :
sakit
  • Dari ayat di atas jelas-jelas Allah menjanjikan berita gembira bagi mereka yang sabar. Siapakah mereka yang masuk kategori sabar ini? Yaitu mereka yang saat ditimpa musibah (termasuk sakit) mengucapkan Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, semua dari Allah dan akan kembali kepadaNya.
baca : bagaimana mendulang rezeki saat sakit.

(3) IKHTIAR 
  • Sabar dan "nrimo" bukan berarti diam tak melakukan usaha. Tahap ketiga jika ingin menarik rezeki kesembuhan adalah melakukan ikhtiar. Allah menurunkan penyakit beserta obatnya, tinggal kita yang berusaha berobat semaksimal mungkin.
  • Berobatlah ke ahlinya, dokter, ahli pengobatan, bukannya ke dukun atau paranormal yang dibantu kekuatan jin.
  • Selain ikhtiar melakukan pengobatan juga ikhtiar mendekatkan diri pada Sang Maha Penyembuh. Lakukan pertobatan, mohon ampun atas dosa-dosa anda, perbaiki ibadah, jika tadinya tak pernah shalat sunat, lakukan shalat sunat sebisa anda, shalat sunat rawatib, dhuha, tahajud, hajat. Jika memungkinkan untuk puasa, lakukan puasa sunat. Jika anda tak bisa berdiri, bisa duduk atau berbaring pun diperbolehkan. 


(4) PERCAYA KESEMBUHAN AKAN DATANG.

  • Tahap keempat untuk menarik rezeki kesembuhan adalah percaya bahwa kesembuhan akan datang. Jika kita percaya maka semua ikhtiar yang kita usahakan adalah menuju kesembuhan tersebut.
  • Kenapa kita rela makan obat yang pahit dalam jumlah banyak, rela disuntik habis-habisan oleh suster, rela melakukan beragam terapi dan tes, uji laboratorium karena kita percaya bahwa tim dokter akan berbuat yang terbaik untuk kesembuhan kita.
  • Jika pada tim dokter yang cuma manusia biasa seperti kita saja kita percayai, masa' kita tidak percaya pada Allah, yang jauh lebih kuasa memberikan kesembuhan dibanding tim dokter? Anda akan menerima apa yang anda percayai. Jika anda percaya akan sembuh, insya Allah kesembuhan akan datang.

(5) BELI KESEMBUHAN ANDA!
  • Jika anda ingin kesembuhan bantulah saudara-saudara kita yang sakit tapi tak sanggup untuk membayar biaya pengobatan. Anda memang sedang sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang tak sedikit, tapi di luar sana masih banyak orang lain yang tak seberuntung anda. Untuk membeli obat warung pun mereka tak mampu. Bantu mereka. Mereka memiliki hajat sembuh sama seperti anda, tunaikan hajat tersebut.
sakit
  • Anda telah membantu sesama menunaikan hajatnya untuk sembuh, Insya Allah Dia tidak akan membiarkan anda terus menderita dengan penyakit. Bukankah salah satu mukjizat sedekah adalah menyembuhkan penyakit dan memanjangkan umur?

(6) TAK PUTUS ASA DAN TERUS BERDOA.
  • Tahap akhir untuk menarik rezeki kesembuhan adalah menjauhkan rasa putus asa dan terus berdoa serta menaruh harapan pada Sang Maha Penyembuh. Cepat atau lambat kesembuhan akan diberi, pada saat dan waktu yang tepat menurut Allah SWT. Silakan juga baca doa memohon kesembuhan di bawah ini :
  • Melalui doa kita memohon pada Zat yang Maha Tinggi kasih sayangnya agar kita diberi kesembuhan dan terbebas dari penyakit. Doa adalah pengakuan kekuasaan Allah dan kelemahan kita sebagai manusia.
Itulah 6 langkah yang bisa kita upayakan untuk menarik rezeki kesembuhan. Mudah-mudahan bermanfaat dan bagi anda yang sedang sakit semoga dimudahkan kesembuhannya. Amin ya Rabbal Alamiin.

Wallahu alam..

Comments

  1. Masya Allah, ajaran islamlah yg paling mendetil, bahkan utk urusan kesehatan dan pengobatan sekalipun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas..berbahagialah menjadi muslim..karena agama ini komplit banget!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus