Efek Dari Rezeki Haram

Jangan sekali-kali makan rezeki haram karena efeknya berbahaya...

1) Amalan tertolak selama 40 hari.
  • Rugi kita beribadah, berharap belas kasihan Allah, berharap Allah akan menurunkan rezeki yang banyak pada kita, tapi kita tumbuh dari makan rezeki haram. Wajar saja jika ibadah kita tertolak selama 40 hari. Saat makan rezeki halal pun belum tentu ibadah kita diterima, apalagi kalau sudah jelas-jelas tertolak?
  • Hadits Rasulullah mempertegas hal ini.
... Dan demi jiwaku yang ada di tanganNya, sungguh jika ada orang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh drai hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak baginya (H.R.Thabrani)

haram


2. Hilangnya keberkahan rezekinya.
  • Nilai keberkahan harta bukan ditentukan oleh jumlahnya tapi oleh cara perolehannya dan cara pembelanjaannya. Inilah memang yang nantinya akan ditanyakan di akhirat nanti, hartamu sumbernya dari mana dan kemana kamu belanjakan.
  • Perolehan rezeki yang tidak syar'i maka keberkahannya akan hilang. Contoh paling sederhana adalah mencari rezeki dengan praktek riba. Allah sendiri menyatakan akan mencabut keberkahannya mereka yang suka mencari rezeki dengan riba. Hal itu difirmankan Allah pada Surah Al Baqarah ayat 275. 
riba

3. Mengikis keimanan

  • Pernahkah anda memperhatikan orang yang menyatakan dirinya sebagai orang Islam tapi tetap melakukan dosa, maksiat dan perbuatan keji? Ia tak malu-malu korupsi, tak segan berzina, tak merasa berdosa mengambil apa yang bukan haknya, suka sengaja meninggalkan ibadah. Bisa jadi yang bersangkutan sering mengkonsumsi makanan dan minuman haram, sehingga sudah tertutup hati nuraninya dari cahaya Ilahi. Dia sudah tidak bisa membedakan mana yang haram dan halal, bukan karena tidak tahu tapi sudah tak perduli lagi.
  • Rasulullah mengatakan, 
Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin (H.R. Bukhari Muslim).
  • Jadi seorang yang minum khamr pada saat meminumnya dia bukanlah seorang mukmin, melainkan hamba Allah yang melakukan dosa karena tertutup hatinya.

4. Kekal di neraka.

  • Selain surah Al Baqarah ayat 275 di atas yang tegas-tegas menegaskan bahwa para pemakan rezeki haram dalam hal ini riba akan masuk neraka dan mereka kekal di dalamnya, hadits Rasulullah pun mempertegas hal itu. 


5. Mengeraskan hati
  • Seseorang yang kita kenal sebagai orang baik tapi sangat susah untuk mendapatkan hidayah dan sulit menerima kebenaran bisa jadi hobinya makan dan minum dari yang haram, mencari rezeki lewat jalan yang haram, membelanjakan rezekinya (meskipun didapat dengan cara halal) secara haram (seperti upah menjadi pekerja dipakai beli narkoba / minuman keras dan teler bersama teman-teman). 
  • Imam Ahmad ra pernah ditanya oleh seseorang, apa yang harus dilakukan agar hati mudah sabar? Beliau menjawab, "dengan memakan makanan halal".

Melihat efeknya yang sangat berbahaya, jagalah diri dan keluarga dari rezeki haram dengan :
  1. Tidak mencari rezeki kecuali dengan jalan halal / yang dibolehkan agama. Sedikitpun tak apa-apa yang penting berkah.
  2. Tidak memakan makanan dan minuman yang diharamkan Allah. Periksalah selalu makanan yang anda makan, pastikan kehalalannya. Jika diragukan kehalalannya sebaiknya jangan dimakan atau diminum.
  3. Tidak membelanjakan rezeki halal di jalan yang haram. Seperti membeli narkoba, membeli senjata untuk membunuh orang, membeli motor untuk dijadikan kendaraan aksi kejahatan (begal motor, jambret, dsb).
Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki