Banyak Sujud, Banyak Rezeki

Banyak sujud supaya rezekimu juga banyak

  • Sujud adalah aktivitas keseharian seorang Muslim yang taat. Sujud adalah salah satu gerakan dalam shalat di mana kepala yang biasanya berada di atas, berpindah ke posisi paling bawah. Sujud adalah gambaran ketaatan dan kerendahan seorang hamba di depan Rabb-Nya. 
    sujud
  • Sujud itu bisa berupa :
(1) SUJUD FISIK
  • Sujud fisik sebagaimana gerakan yang kita lakukan dalam shalat. Betapa pentingnya perintah shalat itu sehingga Rasulullah SAW harus menerimanya langsung tanpa melalui perantaraan malaikat Jibril. Perintah ini diterima saat beliau melakukan peristiwa Isra Miraj.
  • Shalat adalah salah satu cara hamba berkomunikasi dengan Tuhannya, Penciptanya, Pemberi Rezekinya. Melalu shalat yang khusyu hamba memuji Tuhannya, mengakui kebesaranNya, mengakui kelemahanNya sebagai manusia. Zikir dan doa tak lupa pula kita lakukan setelah shalat selesai. Siapapun senang dipuji apalagi Allah SWT. Bukannya Dia mabuk pujian karena tanpa kita memujiNya pun takkan mengurangi kebesaranNya. Tapi Allah senang jika hamba datang kepadaNya, mengagungkan asmaNya, mendekatiNya dengan penuh cinta. 
  • Ulama mengatakan sujud pada saat shalat adalah waktu dimana manusia berada paling dekat dengan Allah SWT, karenanya bersujudlah lebih lama. Waktu sujud adalah waktu makbulnya doa, apalagi sujud di rakaat terakhir shalat. Jika punya permintaan dan hajat, sampaikan pada Allah saat anda sedang sujud, termasuk permintaan agar rezeki di mudahkan. Banyak sujud Insya Allah banyak rezeki. Lancar sujudnya insya Allah rezekinya juga lancar.
  • FIRMAN ALLAH, 
"Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan supaya kamu mendapat kemenangan." (Q.S. Al Hajj:77)
(2) SUJUD SPIRITUAL
  • Berbentuk ketaatan kepada Allah dan menjauhi segala laranganNya. Melalui sujd hati / sujud spirtual ini kita merasa bahwa Allah menyaksikan semua kelakuan kita di dunia ini. Sebagai hamba yang senantiasa memohon pertolongan dan keridhaan Allah, tidakkah kita malu kalau bermuat maksiat dan dosa?
  • Kita selalu berharap Allah mau melihat kita di saat susah tapi pada saat senang kita malah melupakanNya dan kembali berteman dengan setan-setan yang sombong.
  • Perkara sujudlah yang membuat iblis terlempar dari surga yang nyaman. Kenapa? Allah memerintahkannya untuk bersujud pada Adam, tapi dia menolaknya. Bukan bersujud untuk menyembah tapi bersujud untuk menghargai sebagaimana yang dilakukan oleh malaikat yang mulia. Mengapa iblis menolak? Karena merasa lebih tinggi derajatnya dibanding Adam. Merasa tidak pantas untuk sujud pada mahluk yang diciptakan dari tanah yang kotor, sementara dia dari api yang mulia. 
  • Jadi pahamilah orang yang tidak bersujud baik secara fisik maupun secara spiritual adalah orang yang sombong seperti halnya Iblis. Jika Allah saja mengusir iblis yang telah diberinya kenyamanan hidup di surga yang nyaman, ke bumi yang penuh perjuangan ini, bagaimana dengan kita yang memang sudah di dunia. Iblis saja di surga di usir, bagaimana kita? Apakah pantas kita menyombongkan diri pada Allah, padahal kita ini tidak ada apa-apanya, lemah dan serba kurang? Kita butuh Allah, bukan sebaliknya.
  • Banyak sujud, banyak rezeki. Hati yang senantiasa bersujud mengingat Allah akan menjadi penjaga dari kemungkaran dan dosa yang mengalangi rezeki

Banyak rezeki banyak sujud

  • Saat Allah memberi anugerah rezeki yang banyak pada seorang hamba, haruskan dia berhenti sujud karena toh keinginannya telah dipenuhi? Tidak ! Justru sebaliknya. Semakin banyak rezeki yang diberi Allah padanya harusnya dia semakin memperbanyak sujud syukur, memperbanyak shalat selain yang wajib juga mengerjakan yang sunat dan tak lupa zikir dan terus berdoa.
  • Rezeki yang berkah jika semakin menambah kedekatan penerimanya pada Allah. Rezeki yang diperolehnya bukannya membuatnya menjauh dariNya, malah semakin mendekat dan semakin mencintai Allah (baca : kapan rezeki jadi masalah?). Hal itu dibuktikan dengan amal saleh dan kebaikan setiap hari yang dilakukannya. Dia menggunakan rezeki yang diberi Allah bukan untuk bersombong ria dan melakukan kerusakan di muka bumi, tapi memberi sabanyak mungkin manfaat bagi orang di sekelilingnya (baca : mengapa dermawan rezekinya terus bertambah).

Manfaat sujud

  • Sujud telah lama diteliti memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh dan mental. Salah satunya adalah penelitian dr. Fidelma O'leary, PhD, seorang ahli saraf dari Universitas St Edward. Dalam kajiannya dr. Fidelma mengatakan ada beberapa urat saraf dari tubuh manusia yang tidak dialiri darah, saraf ini hanya bisa dialiri darah saat manusia dalam posisi sujud.
  • Sujud juga diteliti dapat menghilangkan gelombang elektromagnetik yang masuk dan berbahaya bagi tubuh. Sebagaimana kita ketahui saat ini radiasi gelombang elektromagnetik begitu banyaknya bersliweran di sekitar kita, dari alat-alat elektronik yang kita pakai sehari-hari seperti ponsel / tablet yang menjadi kawan akrab manusia modern. Dengan banyak sujud akan mengurangi bahaya radiasi gelombang elektromagnetik ini.
  • Selain itu sujud juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti :
  1. melegakan sistem pernafasan
  2. melegakan hernia
  3. menggerakkan otot bahu, dada, leher, perut, punggung ketika akan sujud dan bangun darinya. Seperti olahraga ringan, sehingga menjadikan otot lebih kuat dan elastis secara otomatis melancarkan sirkulasi darah.
  4. memperkuat otot dada dan bagi wanita memperbaiki kondisi buah dadanya sehingga bisa melakukan fungsi menyusui bayi dengan baik. Selain itu juga memudahkan bersalin dan mengembalikan organ peranakan ke tempat semula.
  5. Otak yang sering dipakai bersujud memperoleh lebih banyak pasokan oksigen dibanding otak yang tak pernah dipakai sujud.


Bukan hanya muslim yang melakukan sujud

  • Ternyata bukan hanya muslim yang melakukan sujud, mereka yang beragama Yahudi, Kristen, Hindu dan Budha pun melakukan sujud sesuai kepercayaanya. Bahkan mereka yang tidak beragama alias atheis pun melakukan sujud jika mereka mempraktekkan yoga. Lebih jelasnya perhatikan gambar ini :
sujud umat hindu
sujud umat kristiani
sujud umat yahudi (Judaism)
Sujud umat Budha

Sujud dalam yoga

  • Banyak-banyaklah bersujud agar banyak rezeki. Setelah memperoleh banyak rezeki tetaplah banyak bersujud bahkan harus lebih baik.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

    Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

    Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki