Buat Calon Pengantin, Tips Mendulang Rezeki dan Keberkahan Sebelum Nikah

Bagi calon pengantin adalah kebahagiaan menanti hari bersanding dengan sang pujaan hati. Persiapan demi persiapan dilakukan agar acara bisa berjalan dengan lancar. Pesta pernikahan yang mungkin akan jadinya pesta pernikahan satu-satunya pasti akan diusahakan semeriah dan seberkesan mungkin, bukan hanya bagi tamu undangan tapi yang terpenting bagi kedua mempelai.

tips mendulang rezeki dan keberkahan sebelum nikah
*photo credit for raxprit.co.uk

Tapi beberapa hal di bawah ini bisa menjadi perhatian bagi anda yang ingin mendulang rezeki dan keberkahan sebelum pernikahan.
Apa saja itu, mari kita lihat.

# UNDANGAN
  • Jangan pernah terbersit untuk membuat undangan yang mahal-mahal, meskipun kamu mampu dan punya dana untuk itu. Kenapa? Karena toh nantinya undangan akan berakhir di tempat sampah. Buatlah undangan yang sederhana tapi bermanfaat. Ada yang berdesain kalender meja, ada atau apa sajalah yang intinya bisa dimanfaatkan orang lain setelah menghadiri pesta perkawinan kita.
  • Apa hubungannya dengan rezeki dan keberkahan? Allah tidak menyukai kemubaziran. Mubazir itu temannya setan, seperti apa kata ayat ini, " Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu saudara-saudara setan." (Q.S. Al Israa : 26-27). Bagaimana Allah mau melimpahkan rezeki pada kita kalau kita ternyata saudaranya setan? Mubazir itu bisa menghambat rezeki, bisa di baca lebih lanjut pada artikel ini Mau mudah rezek? Hindari sifat mubazir.

# FOTO PRA WEDDING
  • Jangan pernah terbersit niat untuk foto pra wedding. Foto romantis bersama pasangan tak halalmu (belum halal) itu bisa diganjar dengan ribuan kali lipat dosa, sebanyak foto yang tercetak dan terlihat oleh orang yang kamu undang. 
  • Sabarlah, usai nikah silakan puaskan hasrat berfotomu bersama kekasih halalmu. Foto past wedding jauh lebih berkah.
  • Apa hubungannya dengan rezeki? Zina itu menghalangi rezeki. Semua perantara menuju zina itu dilarang. Jangankan melakukannya, mendekatinya pun dilarang. " Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (Q.S. Al Isra : 32). Lalu apa kata hadits? " Janganlah seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang wanita." (H.R.Bukhari). Apa itu berkhalwat? Berkhalwat itu dengan sengaja berdua-duaan/ bersentuhan antara pria dan wanita yang bukan muhrim. Seperti halnya pada foto pra wedding, memang mungkin tidak hanya berdua di tempat itu, ada fotografer, tapi kan foto dibuat seromantis mungkin, entah itu bertatapan mesra, bergandengan tangan, bahkan berpelukan atau berciuman.

# MEMBANGGAKAN GELAR
  • Jangan pernah terbersit niat nenjadikan pernikahan sebagai ajang untuk membangga-banggakan gelar akademis, gelar kehormatan, jabatan dan beragam hal yang tak relevan dengan pernikahanmu. Apalagi mencantumkan gelar kesarjanaaan/akademis di undangan, agar semua orang tahu kalau kamu sudah sarjana. Kamu kan mau nikah bukan mau cara beasiswa..
  • Membanggakan diri itu erat kaitannya dengan sifat angkuh dan sombong ditambah lagi dengan takabur. Ingatlah pembelajaran bagaimana Iblis terusir dari surga yang penuh kenyamanan karena sombong terhadap Adam? Apakah kamu sudah belajar dari kisah Qarun yang ditenggelamkan beserta seluruh hartanya dalam perut bumi karena angkuh dan sombong pada Allah SWT dan kaumnya? Bukankah sudah nyata bagaimana kehancuran Firaun yang kaya raya tenggelam di laut karena kesombongannya menganggap dirinya tuhan dan menolak kebenaran yang disampaikan Nabi Musa as? Tidakkah kita belajar dari semua kisah itu?

# BERMEWAH-MEWAH DALAM ACARA
  • Janganlah bermewah-mewahan dalam menggelar acara pernikahan. Bukan mahalnya biaya nikah yang menjadi penjamin keutuhan rumah tanggamu nantinya. Ingat, bagaimana para artis, pejabat atau orang kaya di negeri ini menggelar pesta perkawinan mereka / anak mereka yang super megah dengan biaya yang fantastis? Apakah itu menjamin mereka untuk langgeng dan harmonis? Kenyataannya tidak demikian bukan? Bagi kamu yang rajin nonton infotainment pasti hafal luar kepala.
  • Mengapa tidak boleh bermegah-megahan, wong uang sendiri kok? Budaya konsumerisme yang mengukur kemuliaan dari banyaknya harta itu menyesatkan. Apa kata Al Quran? "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur, janganlah begitu kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), dan janganlah begitu kelak kamu akan mengetahui, janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, niscaya kamu akan melihat neraka jahim dan sesungguhnya kamu akan benar-benar melihatnya dengan ainul yaqin, kemudian kamu akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-0megahkan di dunia itu)" (Q.S. At Takatsur ayat 1-8).
  • Ingatlah bukan kesan wah yang mengutuhkan keluargamu tapi justru dalam ketawadhuan  dan kesederhanaan itu hadirnya doa tulus dari setiap hadirin yang menjadi perantara hadirnya rezeki yang berkah berupa kebahagiaan dalam rumah tanggamu

# HIBURAN YANG TAK PANTAS
  • Pesta pernikahan identik dengan hiburan yang meramaikan acara. Meskipun kamu sanggup menyewa artis dangdut papan atas dengan tampilan seronoknya tapi itu tidak elok dan menghadirkan dosa dalam acara pernikahan kamu. Hindari musik Arab dengan sajian tarian perut yang erotis. Yang Arab belum tentu Islami.
  • Hndari saja hiburan yang tak elok dinikmati. Tujuan pernikahan adalah mengabarkan persatuan dua insan dan mengharapkan doa restu serta menampung doa keberkahan dari yang hadir. Lebih baik menghadirkan shalawat nabi yang hanya diiringi rebana sederhana.
  • Bayangkan dosa yang kamu tampung jika kita menghadirkan hiburan yang mengundang syahwat hadirin? Bukan keberkahan yang kamu peroleh tapi dosa yang bertambah-tambah

# AKTIVITAS YANG MENGARAH KE MUSYRIK
  • Hindari beragam aktivitas yang mengarah ke kemusyrikan serta mengundang murka Allah. Sesajen, pawang hujan, menghitung hari baik serta beragam ritual yang tak relevan dalam agama. Berbicaralah dari hati ke hati dengan keluarga, sampaikan keinginanmu sehingga semua pihak bisa menerima dengan baik.
  • Tahu bukan kalau musyrik itu adalah orang yang melakukan syirik. Dan syirik adalah dosa yang tak terampunkan oleh Allah SWT. Kita mengakui ada kekuatan lain yang besar selain Alah SWT. Dosa ini bukan hanya menghalangi rezeki tapi juga beroleh kemurkaan Allah SWT.
Itulah tips bagaimaan mendulang rezeki dan keberkehan sebelum nikah bagi calon pengantin. Jangan sampai memutus rezeki yang berkah dalam rumah tangga yang kelak terbentuk dengan proses nukah yang tak syar'i. Pernikahan yang dimulai dengan proses pernikahan yang syar'i Insya Allah akan menghadirkan kebahagiaan dunia akhirat.
Wallahu alam.

Comments

  1. Terimakasih atas panduan nya. Bismillah mudah mudahan berkah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)