Bagaimana Membuat Rezeki Mengalir Masuk Dalam Kehidupan Kita?

Ingin hidup bahagia dan sukses? Itu impian semua orang. Banyak orang yang ingin memiliki rezeki yang banyak dan berkah tapi tidak melakukan apa-apa untuk mendapatkannya. Hanya bermimpi dan berangan-angan tetapi tidak ada action. Berikut ini beberaoa tips bagaimana membuat rezeki mengalir dalam kehidupan kita.



# 1. Lakukan lebih dari sekedar hidup; TERLIBATLAH !
       Ada orang yang hanya sekedar hidup, tidak melakukan apa-apa untuk dirinya. Setiap hari dia melakukan aktivitas hanya untuk bertahan hidup. Prinsipnya yang penting bisa makan, titik! Betulkah kita diciptakan hanya untuk makan supaya hidup sampai tiba saatnya ajal menjemput? Tentu tidak! Kita diberi gelar khalifah artinya pemimpin semua mahluk Allah yang ada di muka bumi, untuk memberi manfaat bagi sekelilingnya. Bagaimana bisa mendapatkan rezeki yang banyak kalau prinsip hidupnya, hidup hanya untuk makan saja?
       Jangan sekedar hidup tapi terlibatlah! Terlibatlah dalam hal-hal yang meningkatkan taraf hidup dan rezeki anda. Berdagang, menjadi profesional, memperluas jaringan (networking), menjadi ilmuwan, guru yang mencerdaskan bangsa ataupun ulama yang mencerahkan umat, memiliki profesi yang digunakan untuk mencari rezeki yang halal. Terlibatlah dalam kegiatan positif seperti majelis taklim, pengajian, kegiatan amal, pengurus mesjid atau panti asuhan, memiliki kegiatan yang menjadi ladang amal dan investasi akhirat. Kehidupan yang bermakna dan bermanfaat bagi diri dan banyak orang akan menarik rezeki dalam kehidupan kita.


# 2. Lakukan lebih dari sekedar peduli; BERBUATLAH SESUATU !
       Kemiskinan, kebodohan, kejahatan yang terus merajalela, begal motor, perkosaan yang semakin marak, banyaknya anak-anak bangsa yang terjerumus narkoba adalah issue yang menimpa negara ini beberapa tahun belakangan ini. Banyak diantara kita begitu peduli dengan hal ini, membuat berbagai macam opini di media sosial, menjadikan bahan talk show di TV, berita-berita menyajikan dengan headline besar-besaran, para pengamat saling komentar satu sama lain. Mengapa bangsa ini rezekinya begitu susah? Negara yang katanya kaya dengan sumberdaya alam, memiliki penduduk muslim terbesar di dunia tetapi punya utang luar negeri yang banyak, masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan, masih banyak yang belum pandai, kesenjangan sosial antara yang kaya dan yang miskin sangat tampak. Mengapa? Karena kita hanya sebatas peduli tanpa melakukan sesuatu. Bagaimana caranya? Kita kan bukan penentu kebijakan, kita hanya rakyat biasa yang hanya bisa menyaksikan sandiwara apa yang digelar para pemimpin negeri ini?
        Padahal bisa. Kita bisa berbuat sesuatu, yaitu kita memperbaiki diri sendiri dan keluarga kita. Kita didik anak-anak dengan baik. Jika setiap keluarga Indonesia masing-masing memperbaiki diri maka Indonesia ini akan lebih baik. Saat berjamaah masing-masing kita berdoa sesuai keinginan pribadi kita, bagaimana jika doa setiap orang sama dan diselaraskan satu sama lain? Perbaikan negara ini bisa dilakukan. Memang kedengarannya mudah diucapkan susah dilaksanakan. Tidak ada salahnya memulai dari diri kita semdiri, berbuatlah sesuatu, perbaiki ibadah,pantaskan diri untuk memperoleh rezeki yang baik, banyak dan berkah dari Allah SWT.


# 3. Lakukan lebih dari sekedar percaya ; PRAKTEKKAN YANG ANDA PERCAYAI!
       Kita percaya bahwa rezeki itu ada di luar sana, berserakan di mana-mana. Kita percaya bahwa rezeki itu Allah yang atur dan akan dibagi pada semua hambanya. Kita percaya bahwa amal saleh akan memudahkan dan menarik rezeki. Kita percaya bahwa usaha dan kerja keras yang halal akan mendatangkan rezeki yang berkah. Kalau kita hanya sekedar percaya tanpa mempraktekkan apa yang kita percayai maka rezeki yang banyak itu hanya angan-angan kosong dan impian belaka.


# 4. Lakukan  lebih dari sekedar tahu : LAKUKAN APA YANG ANDA TAHU
       Kita tahu bahwa orang baik itu rezekinya juga baik, kita tahu bahwa dosa yang banyak akan menghambat masuknya rezeki, kita paham bahwa bersyukur bisa mengundang masuk rezeki masuk dalam kehidupan kita, tapi kita hanya sekedar tahu tanpa melakukannya, percuma saja. Jika ingin rezeki melenggang dan mengalir dengan lancar masuk dalam kehidupan kita, lakukan yang anda tahu. Jangan terhenti hanya sekedar ilmu tanpa diamalkan. Sebuah buku adalah permata yang berharga tapi nanti buku itu bermanfaat jika sudah dibaca dan pembacanya memetik ilmu dari situ, mengamalkannya dan membuat hidupnya berubah lebih baik.


# 5. Lakukan lebih dari sekedar memaafkan ; LUPAKAN!
       Jika seseorang menyakiti hati dan perasaan kita rasanya tidak gampang untuk begitu saja memaafkan mereka. Tapi menyimpan dendam dan kebencian dalam hati tidak akan membuat hidup kita lebih baik. Lebih baik mempunyai teman meskipun sedikit ketimbang musuh yang banyak. Rezeki bisa datang dari silaturahmi yang kita jalin dengan orang lain, dari networking yang kita bangun dengan orang lain. Jika kita tidka bisa memaafkan dan melupakan rasa sakit hati maka tidak ada yang mau berteman dengan kita. Karena sejatinya manusia itu selalu berbuat salah. Itulah sebabnya Allah dikenal dengan Maha Pengampun, karena manusia yang diciptakanNya adalah manusia yang serba terbatas. Jika ingin rezeki mengalir masuk dalam kehidupan kita, lupakan kebencian, mulai memaafkan dan perbaiki silaturrahim dengan orang lain.


# 6. Lakukan lebih dari sekedar bermimpi; KERJAKAN !
       Bermimpi itu penting. Bermimpi untuk jadi kaya dan berezeki banyak tapi tinggal tidur di rumah tidak melakukan apa-apa kecuali hanya angan-angan kosong tak berarti. Jika ingin menarik rezeki yang banyak dalam hidup kerjakan sesuatu yang bisa menariknya, seperti bekerja halal, menjadikan kerja dan segala sesuatu dalam kehidupan sebagai ibadah, memperbanyak amal saleh, memperbaiki hubungan dengan sesama, murah hati, dermawan dan sebagainya. Memperbaiki keimanan itu perlu karena tanpa iman tidak mungkin untuk menyenangkan Allah karena siapapun yang datang mengadu padanya harus percaya bahwa Dia Maha Kuasa dan bahwa Dia selalu ada untuk hambaNya dan Dia membalas hambaNya sesuai perbuatannya. Perbuatan baik itu berezeki baik.

Itulah 6 hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin rezeki mengalir masuk dalam kehidupan. Wallahu alam

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki