4 Hal yang Membuat Rezeki Sempit

Hidup yang berlimpah rezeki yang berkah adalah dambaan setiap orang. Bekerja siang dan malam tujuannya untuk mencari rezeki Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup harian. Kadang rezeki yang kita terima banyak tapi tidak jarang juga rezeki kita kurang.
Menyikapi rezeki yang diberi Allah berbeda-beda bagi setiap manusia. Ada yang senantiasa bersyukur dan ada juga yang tidak puas dan terus mencarinya meskipun waktu untuk keluarga dan kesehatannya sendiri dikorbankan.


Coba introspeksi diri. Kadang-kadang sikap kita sendiri yang membuat rezeki kita susah tanpa disadari.

Apa saja sikap yang bisa membuat rezeki jadi sempit?

# 1. Menggerutu dan tidak menerima ketentuan Allah
Orang yang kerjanya hanya mengeluh, menggerutu, protes, dengki atas rezeki orang lain itu orang yang tidak bersyukur. Sikap menggerutu adalah sikap yang tidak bisa menerima ketentuan Allah. Sikap tidak menerima adalah pintu ke arah keresahan, kesedihan, kekacauan, kemurungan dan prasangka yang tidak seharusnya kepada Allah SWT. Lawan dari sikap ini adalah ridha atau menerima ketentuan Allah termasuk rezeki yang diberikan dengan ikhlas.

# 2. Melakukan kemaksiatan dan tidak disertai taubat. 
Banyak orang yang sudah menjadikan kemaksiatan sebagai hiasan hidupnya. Dia sudah tidak malu melakukannya baik kepada sesama manusia apalagi kepada Allah. Dia bahkan menjadikan kemaksiatan sebagai sumber penghasilannya. Sumber rezeki haram tidak akan memberikan manfaat dan keberkahan baginya malah bisa membuat rezekinya sempit. Secara jumlah mungkin bertambah tapi tidak bisa bertahan lama, cepat habis dan tidak bisa dinikmati. Apalagi jika begitu mudah melakukannya tanpa ada keinginan untuk taubat.

3. Iri dan dengki kepada sesama. 
Muncul perasaan senang untuk balas dendam kepada mereka dan dengki atas karunia Allah kepada orang lain. " tidak akan tenang orang-orang yang mendengki (hadits). Kita sudah membahas panjang lebar mengenani mengapa sikap dengki itu bisa menghambat rezeki.

4. Berpaling dari mengingat Allah.
"Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatanKu, maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit (Q.S.Thaha : 120). Allah sudah memperingatkan dalam ayat tersebut jika seseorang berpaling dari peringatan Allah, terus melakukan kemaksiatan, mengabaikan ibadah dan amal saleh, selalu menuruti hawa nafsunya saja, dijamin kalau hidup dan rezekinya akan sempit. Jika seseorang jarang menghadirkan Allah dalam kehidupannya, bagaimana Allah akan hadir dalam kehidupannya?

Itulah 4 hal yang membuat rezeki sempit. Jadi bagi anda yang merasakan hidupnya jauh dari kelapangan, rezeki seolah tersendat bahkan mandek, mungkin perlu melakukan introspeksi diri. Mungkin sikap dan perilakunyalah yang tanpa dia sadari menyebabkan hal itu. Tidak ada yang salah dengan merenung, Perenungan yang dalam bisa membuat kita menemukan diri kita yang sebenarnya. Temukan masalahnya dan segera mencari solusinya. Wallahu alam.

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki