Bagaimana Menyikapi Hidup yang Susah Rezeki

Hidup ini kadang naik dan kadang turun. Terkadang kita memperoleh rezeki yang banyak, adakalanya juga kita diuji dengan rezeki yang sedikit, rezeki yang seret, rezeki mandek, rezeki terhambat dan tidak lancar. Bagaimana menyikapi kondisi hidup yang susah rezeki seperti itu ?

susah
hidup itu kadang senang kadang juga susah

Berikut ini adalah 7 cara efektif untuk menyikapi beragam kesulitan dalam hidup, termasuk saat berada dalam kondisi terpuruk, hidup dengan rezeki yang susah dan mandek.

# 1. Shalat
Lakukan shalat dengan ikhlas dan khusyu, seolah-olah itu adalah shalat kita yang terakhir. Adukan kesulitan dan komunikasikan dengan Allah. Dia yang memberikan kesulitan dan Dia pula yang akan menunjukkan solusinya.

# 2. Baca Quran
Mungkin selama ini kita jauh dari Quran. Sediakan waktu membaca kalam Ilahi ini dan temukan ayat-ayat yang menceriakan, janji pahala dan surga sehingga membuat hati kita bersemangat kembali mencari rezeki Ilahi.

# 3, Sedekah
Bagi sebagian rezeki ke orang lain, orang yang jauh lebih susah rezekinya di banding kita. Dengan menolong mereka kita akan memperoleh kebahagiaan dan bisa mensyukuri rezeki yang kita terima. Dengan melihat orang yang lebih kurang dari kita membuat kita menyadari masih banyak orang yang lebih susah dari kita dan bahwa kita bisa berbuat banyak kepada mereka, supaya Allah juga mengasihani kita dan membuka kembali pintu rezeki kita yang kurang lancar itu.

# 4. Tetapkan tujuan
Selama ini mungkin kita hidup mengalir saja tanpa ada tujuan yang pasti. Di saat susah rezeki inilah kita bisa menetapkan kembali tujuan hidup. Apa yang ingin kita capai, bagaimana mencapainya dan apa langkah yang kita harus tempuh terlebih dahulu. Begitu kita mengalami susah rezeki, jangan hanya diam. Teliti, koreksi pasti ada yang salah, perbaiki, benahi dan mulailah bekerja dengan semangat yang baru, semangat yang disertai bimbingan dari Allah.

# 5. Bangun Pagi
Ini adalah waktu yang diberkahi (baca : semua artikel tentang bangun pagi dan rezeki). Munculkan semua ide-ide, kreatifitas dan kerja cerdas di awal hari. Sesuatu yang sebelumnya belum pernah terpikirkan bisa menjadi awal yang baik dari usaha / kerjaan kita. Jika usaha / kerjaan kita mandek dan susah rezekinya cobalah bangun pagi.

# 6. Yakin
Yakin dan percaya pada Allah, bahwa Dia akan membantu semua kesulitan hidup kita. Dia tidak akan tinggal diam melihat hidup kita yang susah. Percayalah Dia tidak akan memberi kita kesulitan tanpa yakin bahwa kita bisa menanganinya. Jika kondisi yang kita alami adalah susah rezeki pasti ada hikmah dan pembelajaran yang Allah ingin kita ketahui dari masalah ini. Cari dan temukan hikmah dan pembelajaran tersebut dan bangkitlah dari keterpurukan.

# 7. Doa
Yang terakhir adalah hamparkan sajadah di sepertiga malam (tahajud), dan saat matahari mulai terbit (dhuha), mohon perkenanNya agar pintu rezeki kita dibukakan. Berdoalah kepadaNya dengan penuh harap akan dikabulkan. Kehidupan yang susah rezeki bisa jadi akibat perbuatan kita sendiri. Mohon ampunlah terlebih dahulu sebelum berdoa dan bermunajat meminta dilancarkan rezeki.

Itulah 7 cara menyikapi hidup yang susah rezeki. Semoga kita senantiasa diberi jalan keluar dan diberi bimbingan dalam menjalani kehidupan dunia yang cuma sebentar ini. Buat apa bersedih dan bersusah hati karena semua itu tidak akan membuat kita lebih baik. Cukuplah Allah penolong kita. Wallahu alam

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki