9 Ciri-Ciri Wanita Yang Akan Membawa Rezeki Buat Suaminya

Jika ingin menyempurnakan agama dan memperoleh rezeki yang banyak menikahlah.  Selama pernikahan bahagiakan istri karena membahagiakan isteri bisa melancarkan rezeki. Jangan sakiti hatinya karena suami yang menyakiti hati isteri disempitkan rezekinya oleh Sang Pemberi Rezeki. Jika terjadi masalah, selesaikan dengan cara yang ma'ruf. Perceraian adalah alternatif terakhir yang ditempuh, karena perceraian meskipun halal tapi dibenci oleh Allah (baca : apakah perceraian menghalangi rezeki?)

rezeki

Sebelum menikah penting bagi setiap laki-laki untuk mengenali wanita yang akan diperistrinya. Karena wanita inilah yang akan menjadi pendamping hidup dan ibu dari anak-anaknya kelak. Berikut ini ciri-ciri wanita yang akan membawa rezeki buat suaminya.

# 1. Wanita yang taat pada Allah dan rasulNya.
Ada empat faktor yang menjadi pertimbangan sebelum menikahi seorang wanita, yaitu karena (1) kecantikannya, (2) keturunannya, (3) hartanya dan (4) agamanya. Kita diperintahkan untuk memilih wanita karena faktor agamanya, beruntung sekali jika bisa mendapatkan keempatnya. Wanita yang taat pada Allah dan Rasulnya akan membawa rumah tangga menuju surga, menuju ketentraman. Rumah tangga yang tentram, nyaman, bahagia adalah rezeki yang sangat berharga. Rumah tangga yang dinahkodai suami yang saleh didampingi istri yang salehah akan menjadikan rumah tangga itu berberkah, menghasilkan anak-anak yang saleh / salehah, mendapatkan ridha dan rahmat Allah.

# 2. Wanita yang taat pada suaminya.
Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain niscaya aku akan menyuruh seorang isteri untuk sujud kepada suaminya (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah). Sepanjang perintah suami tidak bertentangan dengan agama, maka isteri wajib mentaatinya. Ketaatan seorang isteri pada suaminya akan membuat hati suami tenang dan damai dan bisa menjalankan kewajibannya mencari rezeki yang halal untuk keluarga. Akan halnya wanita yang berkarier di luar rumah bisa tetap bekerja sepanjang suaminya mengizinkan dan kewajibannya untuk menjaga diri dengan baik di tempat kerja.
"Laki-laki adalah pemimpin atas wanita karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan dengan sebab sesuatu yang telah mereka (laki-laki) nafkahkan dari harta-hartanya. Maka wanita-wanita yang saleh adalah yang taat lagi memelihara diri di belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya". (Q.S. An Nisa : 34).

# 3. Wanita yang melayani suaminya dengan baik.
Tugas utama isteri adalah menjalankan tugas rumah tangga dengan sebaik-baiknya, melayani suami dengan baik serta mendidik anak-anaknya. Isteri yang baik berusaha melayani suaminya dengan baik seperti menyiapkan makanannya, menyiapkan keperluannya, memenuhi kebutuhan biologisnya, menjaga perasaan suaminya jangan sampai suaminya terluka karena sikapnya. Wanita yang demikian akan menjadi kesayangan suaminya dan bisa menjadi partner yang baik dalam mewujudkan rumah tangga yang sakinah dan menarik hal-hal postif dalam rumah tangganya, termasuk rezeki bagi suaminya.

# 4. Wanita yang berhias hanya untuk suaminya.
"Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wnita salehah" (H.R. Muslim). Adalah sifat wanita yang suka bersolek dan berhias, tapi wanita yang saleh hanya berhias dan menampakkan perhiasan untuk suaminya. Wanita yang jika dipandang suaminya selalu menyenangkan dan tahu bagaimana menyenangkan suaminya. Wanita yang bahkan malaikat pun mendoakannya akan memudahkan rezeki datang padanya.

# 5. Jika ditinggal menjaga kehormatan dan harta suami
Saat suami keluar mencari nafkah, isteri yang ditinggalkan di rumah harus menjaga kehormatannya, menjaga dirinya dari tamu yang tidak pantas, membatasi keluar rumah jika tidak terlalu penting. Harta suami yang dititipkan padanya dipergunakan pada hal-hal yang bermanfaat dengan seizin suaminya. Wanita seperti ini memudahkan rezeki masuk ke dalam rumahnya sebagai upah dari ketaatannya kepada Allah dan kesetiaan pada suaminya.

# 6. Wanita yang senantiasa meminta ridha suami atasnya
Wanita ini tahu bagaimana menyenangkan hati suaminya. Menjaga sikap dan perilaku agar tidak menyinggung dan melukai perasaan suaminya. Dia selalu berusaha agar suaminya tidak marah padanya. Dia tidak akan pergi tidur dalam keadaan marah atau meninggalkan suaminya dalam keadaan marah sampai memperoleh maafnya. Mengajak suaminya bercanda untuk menceriakan perkawinannya. Berusaha mendidik anak-anaknya dengan baik. Menjaga rahasia perkawinan dari orang lain. " Maukah kalian kuberitahu isteri-isteri yang menjadi penghuni surga yaitu isteri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya, dimana jika suaminya marah dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata " Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha" (H.R.An Nasai). Isteri seperti ini adalah isteri yang dimudahkan rezekinya melalui tangan suaminya karena amalan dan kesetiaan pada suaminya,

# 7. Wanita yang menerima pemberian suami dengan ikhlas
Wanita yang tidak pernah mengeluh berapapun rezeki yang dibawa pulang suaminya. Selalu ikhlas menerima dan menghargai apapun yang diberikan suami kepadanya. Banyak disyukuri sedikit pun diterima dengan ikhlas. Wanita seperti ini adalah wanita yang mensyukuri rezekinya. Allah sudah menjanjikan bahwa jika kita bersyukur Dia akan menambah rezeki kita. Wanita yang bersyukur dan ikhlas rezekinya senantiasa bertambah baik kuantitas maupun keberkahannya yang akan diberi Allah langsung padanya ataupun memlalui suaminya.

# 8. Wanita yang bisa menjadi partner meraih ridha Allah.
Wanita yang menjadikan rumah tangganya sebagai ibadah, pengabdiannya kepada Allah. Bisa menjadi teman diskusi yang berimbang bagi suami. Bisa melakukan koreksi dan menyampaikan dengan lembut kepada suaminya. Mendengarkan nasihat dan kata-kata suaminya dengan penuh perhatian. Sebelum melaksanakan ibadah sunat seperti puasa sunat meminta izin kepada suaminya dan tidak melaksanakan jika tidak diizinkan. Bisa menjadi pendorong dan motivator suami untuk meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Itulah mengapa ada kalimat " dibalik pria yang sukses ada wanita hebat di belakangnya". Karena wanita seperti ini adalah rezeki utama suaminya. (Baca : Apa Saja 3 rezeki utama para lelaki)

# 9. Wanita yang tak pernah putus doa untuk suaminya.
Wanita yang bersyukur adalah wanita yang menerima semua kehendak /takdir Allah padanya tapi tetap berusaha melakukan yang terbaik termasuk dengan mendoakan suami dan anak-anaknya agar sukses dunia akhirat. Wanita ini tidak pernah putus doa, tapi menjadikannya sebagai rutinitas harian, penghias bibir setelah shalat. Wanita ini tahu bahwa rezeki suaminya akan ditambah dan diberkahi jika dirinya senantiasa melibatkan Allah pada langkah suaminya melalui doa-doa yang dipanjatkannya setiap hari. (Baca : Doa Istri agar rezeki suami lancar).

Itulah 9 ciri-ciri wanita atau isteri yang akan membawa rezeki bagi suaminya. Betapa beruntungnya seorang laki-laki jika bisa mendapatkan isteri dengan ciri-ciri seperti di atas. Jika pun isteri belum memiliki ciri-ciri seperti di atas adalah tugas suami untuk mendidik isterinya, karena isteri adalah tanggung jawab suaminya dan dia akan ditanya di akhirat tentang hal itu. Wallahu alam.

Update *baca juga : 9 Ciri-Ciri Suami yang Mudah Rezeki

84 Responses to "9 Ciri-Ciri Wanita Yang Akan Membawa Rezeki Buat Suaminya"

  1. Luar biasa artikelnya. Mudah2an bisa jadi istri yg slalu bawa hoki.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih... amin, Insya Allah Mbak Leytasari

      Delete
    2. semoga saya bisa menjadi istri yg shalehah kelas...trims

      Delete
    3. amin.. insya Allah Mbak Putri Siah Hapsari..

      Delete
    4. Sangat membantu sebagai pencerahan hati.....

      Delete
    5. Assallamualaikum wbt,, salam dari Malaysia.. bgus benar pengisian blog kamu ini... berkongsi tips untuk menjadi solehah.. semoga kita semua menjadi isteri dan penghuni syurga disamping suami tersayang... jemput ke blog saya ya.. ada berkongsi tips kekal sihat cergas secara alami.. yuk.. >>>Amalan untuk sihat secara semulajadi! <<<

      Delete
    6. Terima aksih atas semua komennya.. semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan membuat kita jadi isteri atau wanita yang lebih baik di mata Allah dan suami..

      Delete
  2. kriteria suami spt apa yg hrs ditaati istri,apa yg pnting istri hrs taat pda susmi mskipun suami trnyata bkn suami yg taat pd agama..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja tidak Mbak Adira... taat itu sepanjang tidak melanggar perintah Allah. Kalo suaminya tidak taat dan menyuruh berbuat maksiat tentu saja tidak wajib ditaati..

      Delete
    2. ada di no 2, selama suami tidak bertentangan dengan agama

      Delete
  3. Apakah hanya istri saja yg hrus menjaga dirinya sdgkn suami bebas?
    Dan apakah hanya istri saja yg tdk boleh melukai hati suami sdgkn suami boleh menyakiti hati istrinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di artikel lainnya mbak Ai Nurfa.. kalo suami mau berezeki baik ya..jangan nyakitin isteri. Suami yang bahagia pasti akan membahagiakan isterinya.. Itulah sebabnya membahagiakan isteri bisa memudahkan rezeki. Rumah tangga yang saling nyakitin satu sama lain rezeki jauh mbak,... salam...

      Delete
  4. apakah masih ada wanita sesoliha ini,,, ???? Preeeet kayaknya ngimpiiii!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga ciri-ciri.. ya harus sempurna supaya bisa jadi patokan buat semua wanita, termasuk saya... salam...

      Delete
  5. Replies
    1. Sebenarnya bukan serangan Mas Imam Suyudi, lebih tepatnya mungkin pencerahan, setidaknya bagi diri saya sendiri... terima kasih sudah komen..

      Delete
  6. Bersyukur klau dpt seperti ciri ciri diatas, syurga dunia dan akhirat, tapi wanita skrg lbh keras suara dia dr suaminya dinasehati malah marah dan tdk mau mintak maaf, alhadulillah istri sy ada sptr ciri ciri diatas walau tdk semua ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya turut berbahagia mas ridhosyah putra punya istri yang mendekati ciri-ciri di atas... saya saja masih belajar hehehe...

      Delete
  7. Mudah-mudahan saya perolehi bakal isteri yang mempunyai ciri-ciri di atas..inshaallah...doakn ye kalian semua...aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. insya Allah. isteri yang baik harus diusahakan mas.. soalnya langka...

      Delete
  8. Luar biasa .. Agama yg paling utama ... Yg lain bonus aja deh ...

    ReplyDelete
  9. Kewajiban suami dan istri saling membahagiakan. Namun terkadang tak mudah d jalankan. 2 org yg berbeda 2 pikiran bisa saja tdk sama pemikirannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Dewiyanti, tapi sesuatu yang baik itu memang harus diusahakan.. kalau dua-duanya mau mengusahakan yang terbaik, pasti bisa.. memang tidak mudah dan butuh waktu tapi bukan tidak mungkin, kan? Saya juga istri yang masih terus belajar di tengah keterbatasan sebagai manusia...

      Delete
    2. Betul mbak Dewiyanti, tapi sesuatu yang baik itu memang harus diusahakan.. kalau dua-duanya mau mengusahakan yang terbaik, pasti bisa.. memang tidak mudah dan butuh waktu tapi bukan tidak mungkin, kan? Saya juga istri yang masih terus belajar di tengah keterbatasan sebagai manusia...

      Delete
  10. Semoga saja qm seperti ini.. Amien

    ReplyDelete
  11. Semoga saja qm seperti ini.. Amien

    ReplyDelete
  12. Bgmn suami yg tmpramental dan suka brsilat lidah.cr mnghadpiny ap ptut ditaati

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. : ) Lbih mudah cari rezkinya drpd ciri2 wanitanya

    ReplyDelete
  15. Sangat bermanfaat sekali bagi anda yang ingin memiliki keluarha sakinah mawadah warohmah

    ReplyDelete
  16. Ya gan. Bener banget. Tp susah dapat wanita dgn Ciri2 diatas. Wanita sekarang mah banyakan yg modis

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuatu yang baik memang harus diusahakan mas..

      Delete
  17. ^_^ smoga smua wanita muslimah punya ke 9 ciri tersebut, termasuk saya. mkasih mba, infonya mantap.

    ReplyDelete
  18. Masih jauh dari sempurna :( mudah2an bisa jadi motivasi agar bisa membahagiakan suami aminn

    ReplyDelete
  19. Wow, luar biasa, sangat bermanfaat. Makasih atas ilmunya yg sangat jelas.

    ReplyDelete
  20. seneng baca artikel nya...pengen kayak yg di foto ilustrasinya..tp......

    ReplyDelete
  21. Rasul menyebut 3 kali kepada 'ibu' ketika sahabat bertanya pada siapakah kita harus berbakti, dan setelah itu jawaban ke 4 baru 'ayah'. Betapa wanita diagungkan sejak Rasulullah diutus kepada umatnya. Artikel ini bagus sekali, semoga jadi pengingat untuk kita semua

    ReplyDelete
  22. semoa jodohku terbaik untuk ku..

    ReplyDelete
  23. Perkongsian yg menarik dan bermanfaat.
    www.momstoreretail.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. Semoga kelak mendapatkan jodoh yg baik..
    Amin..

    ReplyDelete
  25. Wah beruntung sekali bagi yang sudah menikah. Ada persahabatan yang erat dan indah. Terkadang lelaki tidak cukup curhat dengan sesamanya. Tapi, kalau bicara dengan wanita lain (bukan saudara) lebih nikmat, namun itu haram. Solusinya hanya menikah.

    ReplyDelete
  26. Bagaimana klu suami itu sering melukakn hati isterinya??? Dn suaminya lebih mengutamakan rakan2nya brbnding isterinya???

    ReplyDelete
  27. paling pas yg terakhir. walaupun istri selalu patuh dan taat kepada suami namun tak pernah mendoakan suaminya. it's useless

    ReplyDelete
  28. paling pas yg terakhir. walaupun istri selalu patuh dan taat kepada suami namun tak pernah mendoakan suaminya. it's useless

    ReplyDelete
  29. Senang berkunjung di blog anda
    karena bermanfaat bagi saya,
    teruskan ide-idemu sobat...
    jangan lupa mampir ya di blog aku
    http://goo.gl/4sp1Gj
    http://goo.gl/m4uC2s
    http://goo.gl/oH9BGN
    http://goo.gl/ZxmCga
    http://goo.gl/h0xXlE
    http://goo.gl/DHxvma
    http://goo.gl/MohVxP
    http://goo.gl/xrvGKn
    http://goo.gl/jzZv8j
    http://goo.gl/Ab0RrR
    http://goo.gl/tO3xEz
    http://goo.gl/Y2fn9V
    http://goo.gl/5z157M

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. semoga aku bs menjadi istri shalekha amin.....

    ReplyDelete
  32. AWESOME BANG..
    SEMOGA BERKAH UNTUK KITA SEMUA

    ReplyDelete
  33. aku kurang pd kalau punya payudara yg kecil :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persoalan fisik tidak menjadi penentu utama dalam memilih isteri bagi laki-laki yang soleh. Lagipula ukuran fisik yang ideal itu cuma manusia yang buat. Allah sudah memberi kita karunia yang paling pas, syukuri karunia itu Mbak Citra..

      Delete
  34. Isitri yang mendatangkan rezeki adalah wanita yang solihat, sabar dan mau membantu suami dengan selalu memberikan motifasi, masalah fisik saya rasa urutan selanjutnya. Nice post

    ReplyDelete
  35. Good bgt dechh.....

    Smoga kelak aku bisa mndptkan tmn hidup yg mmpunya 9ciri2 itu.....

    Amin....!!!!

    ReplyDelete
  36. $aya $udah mencoba mena$ehati i$tri $aya dengan cara yang halu$ $ampai yang ka$ar tapi i$tri $aya tetap membangkang perintah ku $ebagai $uami apa yang haru$ $aya lakukan ?

    ReplyDelete
  37. Sholat yang penting dari semua aspek...suami sholat 5 waktu istri juga harus kalau perlu dipaksa..yang lainnya mengikuti karena sholat tiangnya...

    ReplyDelete
  38. doa mendapatkan rumah tangga yang bahagia

    allahummaj' al buyutana hadzihi aminatan muth'mainatan wa rakiyatan wa sair radda wa iril muslimina wa tubi salamatan wal afiyatan alaina birahmatika ya arhamar rahimin

    ReplyDelete