Mengapa Tak ada Yang Menolong Gelandangan ini? (Video)

Coba perhatikan video di bawah ini. Seorang gelandangan berbaju compang-camping berdiri di pinggir jalan yang ramai orang menggigil kedinginan tanpa ada seorang pun yang berhenti untuk menolongnya. Gelandangan ini harus melawan udara yang dingin selama 2 jam, sampai kemudian ada yang berhenti.


Mengapa tidak ada yang mau menolong?

Semua orang hanya melintas tanpa memperdulikan anak ini, kalaupun ada yang melirik tanpa ada usaha untuk melakukan sesuatu padanya. Ini yang disebut dalam ilmu psikologi sebagai bystander effect atau bystander apathy. Hal ini adalah suatu fenomena di mana suatu kejadian disaksikan oleh banyak orang, menjadi bagian dari kerumunan besar sehingga tidak ada yang merasa perlu bertanggung jawab untuk melakukan / tidak melakukan tindakan. Jika seseorang hanya sendirian atau dengan sedikit orang cenderung untuk lebih cepat menolong dibanding jika berada dalam kerumunan. 

Masyarakat kita dewasa ini cenderung mengalami fenomena ini. Banyak yang tidak perduli dengan sekelilingnya. Kalaupun dilakukan lebih banyak kepura-puraan dibanding perasaan tulus menolong. Ada yang menyebutnya "modus" ataupun pencitraan bagi para pejabat. 




Siapa yang akhirnya menolong?

Setelah menahan hawa dingin selama 2 jam akhirnya ada yang berhenti, membuka jaketnya dan memberikan kepada si gelandangan disertai dengan uang sekadarnya. Tahukah anda siapa yang menolong gelandangan ini? Tak lain adalah gelandangan juga yang bernasib lebih baik. Gelandangan ini tahu betul bagaimana rasanya menjadi masyarakat kelas bawah, bagaimana rasanya tidak dipedulikan, bagaimana rasanya kelaparan. Karena itu hatinya tergerak untuk membantu. Sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang yang lain yang mungkin rezekinya lebih banyak tapi buta mata hatinya.

Video ini memang sebuah eksperimen yang dilakukan oleh sekelompok anak muda (mereka ini muncul di akhir video) yang gelisah dengan ketidakpedulian masyarakat pada orang yang butuh pertolongan. Tapi tidak ada yang tahu bahwa video ini hanya eksperimen, termasuk pria yang akhirnya tergerak untuk membantu.

Akhirnya sebagai tanda kepedulian para anak muda pemrakarsa video ini memberikan uang dan pelukan hangat pada penolong yang baik hati itu sebagai tanda terima kasih karena sudah bersedia membantu meskipun oranglain tidak peduli. Rezeki tak akan kemana. Saat melangkahkan kaki ke luar dari rumah pria penolong ini tidak berfikir bahwa ada rezeki yang menunggunya di tepi jalan. Itulah rahasia Allah. Berbuat baiklah karena rezeki Allah bisa datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Wallahu alam.

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki