Posts

Featured post

Alasan Mengapa Kebahagiaanmu Stagnan

Image
ARTIKEL KE 731Tulisan mantan Rektor yang menginspirasiSaya terinspirasi buat nulis artikel sebagaimana tulisan mantan rektor ITB dan menyesuaikan dengan tema blog ini. Pernah nanya atau ngalamin sendiri gak, kenapa makin tinggi pendapatan, ternyata makin menurunkan arti / fungsi / peran uang dalam membentuk kebahagiaan ? Makin banyak duit dihambur buat beli apa aja, awalnya sih seneng tapi lama-lama kok jadi hambar rasanya.. Duit bukan lagi barang berharga karena jumlahnya banyak (gak langka lagi) seperti waktu miskin dulu... Kajian-kajian dalam ilmu psikologi keuangan kemudian menemukan jawabannya, fenomena dikenal dengan nama :
" hedonic treadmill ”.


Gampangnya, hedonic treadmill ini kek gini :
Waktu gajimu 5 juta per bulan, semuanya habis.Ya..hari gini duit segitu pasti habislah, wong harga-harga pada mahal....Ngirit gak ngaruh tetap aja amblas setiap bulan..
(baca : duit bukan segalanya tapi hampir segalanya butuh duit) Waktu gajimu naik 30 juta per bulan, eh... semua habis juga.…

Mengenali Orang Baik dan Menjadi salah seorang diantaranya

Image
ARTIKEL KE 730  Bagaimana Mengenali Watak Seseorang?  Susah gak sih ngenalin watak seseorang? Gampang-gampang susah. Kadang kita nyangka seseorang itu baik tapi nyatanya mengecewakan... Kadang juga kita udah berprasangka buruk duluan liat dari tampangnya, tapi ternyata berhati malaikat. Tebak-tebak buah manggis, kadang bener lebih seringnya salah..

Betapa sering, kita mendengar dan bahkan ngalamin sendiri, jenis hubungan pertemanan yang pada akhirnya merugikan, sehingga membawa penyesalan mendalam. Apalagi bagi mereka yang suka bergaul di dunia maya. Kita merasa mengenal seseorang melalui tulisan dan postingan-postingannya. Kita merasa cocok, merasa dekat dengannya. Hingga akhirnya kita mempercayakan hati, harta dan lain-lain pada orang tersebut. Namun, apa lacur ternyata dia scammer dunia maya. Penipu dunia maya yang sudah memakan banyak korban. Bukan hanya uang yang hilang dan hati yang patah, dalam beberapa kasus, bahkan kehormatan diri dan nyawapun hilang...naudzubillah mindzaliik Nam…

Pesan Berharga Nouman Ali Khan dan Kaitannya dengan Rezeki

Image
ARTIKEL KE 729  NOUMAN ALI KHAN Siapa dia? Buat yang sering nonton videonya di youtube pasti tau. Beliau adalah seorang penceramah keliharan Jerman tapi keturunan Pakistan dan sekarang tinggal di Amerika Serikat, CEO Bayyinah Institute and Qur'anic Studies. Beliau mendapat banyak perhatian komunitas muslim karena tema dakwah yang dibawakannya menggunakan sudut pandang linguistik Al Quran. Selama berdakwah, terdapat banyak sekali pesan berharga yang sangat menginspirasi dan menyejukkan hati yang telah beliau sampaikan. Berikut ini beberapa di antaranya :



PESAN 1. "Orang-orang yang menguji kesabaran Anda sesungguhnya adalah berkah. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa berlatih sabar." Ini adalah cara berpikir positif, sehingga kita bisa menerima orang-orang di sekitar kita sebagai rezeki, sebagai berkah dengan melihat manfaat yang kita dapatkan karena bertemu dengannya, seburuk apapun perilakunya. Jadinya bukan kesal, kemarahan dan dendam yang tersimpan di hati tapi rasa syukur.
(…

Tak Ada Sesuatu yang Naik ke Langit Kecuali Ini

Image
ARTIKEL KE 728  La ilaah illallah bukan sekedar ucapan.  Semua muslim mungkin paham bahwa ucapan laa ilaaha illallah berarti pengakuan dirinya bahwa tidak ada Ilah kecuali Allah SWT. Kita seringkali mengucapkan kalimat ini sehabis shalat, zikir harian, tapi apakah kita betul-betul menerapkannya dalam hidup sehari-hari? Menjadikan Allah sebagai Ilah/Tuhan/Rabb bukannya menuhankan duit, jabatan, posisi, keturunan, boss/atasan? Jika orang betul-betul memahami maknanya maka tak ada lagi post power syndrom gejala orang stres karena sudah tak laku tanda tangannya (tak lagi punya jabatan, punya power, punya duit, punya pengaruh). Post power syndrom terjadi karena kita bertuhan yang salah, menuhankan sesuatu yang bukan Allah sehingga kala "tuhan" yang fana itu menghilang kita jadi goyah. Padahal kalo kita bertuhan Allah, Dia akan selalu ada dan Dia gak akan kemana-kemana..


Berbicara soal kalimat tauhid ini seorang Ustadz konon senang memelihara burung dan kucing. Uztadz ini sangat dek…

Mengapa Kita Harus Berhijrah?

Image
ARTIKEL KE 727  KEHARUSAN BERHIJRAHSebuah artikel di hari yang terik sekedar penawar dahaga dan lapar di bulan puasa ini. Saya tetap komit untuk menulis sebuah artikel setiap harinya. Di sela kesibukan kuliah saya menyempatkan diri untuk menulis apa saja yang saya anggap bermanfaat bagi saya dan pembaca blog lancarrezeki.blogspot.com ini. 

Apa yang terbetik dalam pikiran anda ketika mendengar kata hijrah? Ya berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya seperti halnya Rasulullah SAW pada saat tak bisa menahan tekanan kaum musyrikin Mekkah akhirnya berhijrah ke kota Thaif yang kemudian kita kenal sebagai Madinah kota Nabi.
Padahal berhijrah itu juga bisa berarti perubahan ke arah yang lebih baik.
(baca : rezeki terasa mandek, berhijrahlah)


Saat kita ingin berhijrah menuju keadaan lebih baik, kata Uztaz Felix Siaw, ada dua kemungkinan, apakah kita gagal atau kita berhasil, tapi bila tidak mau berubah, pilihannya hanya gagal. Apa sebab ? Karena yang tak mau berubah akan tertinggal, tak usah bi…

Duit Bukan Segalanya Tapi Hampir Segalanya Perlu Duit

Image
ARTIKEL KE 726 PELIT MEMBAWA SENGSARACerita ini bisa jadi fiktif tapi bolehlah dibaca sekedar buat pengingat..
Mengapa mesti pelit, padahal rezeki itu cuma titipan? Ada satu pasangan suami-isteri, Pak Faiz dan Bu Faizah. Pada saat menikah Pak Faiz umurnya 25 dan Bu Faizah umurnya 23. Suami istri ini pekerja keras dan nyari rezekinya sangat ulet sehingga hidupnya dibuat sehemat mungkin. Mereka punya toko dan dibuka sepagi mungkin sekitar jam 7 dan ditutup paling malam di banding toko lainnya. 10 tahun kemudian, karena keterampilan istrinya mengelola keuangan, mereka sudah memiliki deposito 50 milyar di bank, tapi hidup mereka tetaplah super sederhana. Kesederhanaan yang menghebatkan rezeki.



Si isteri sangatlah hemat, bahkan beli baju barupun cuma 3 potong dalam setahun, itupun cuma sekali di waktu tahun baru, nunggu saat diskonnya gede. Tas tidak pernah yang bermerek dan tidak pernah ikut arisan atau kongkow alias nongki-nongki cantik bergaul macam ibu sosialita lainnya. Suami istri ini jug…

Orang Baik dan Terpercaya Tapi Ahli Neraka

Image
ARTIKEL KE 725  JANGAN PUTUSKAN SILATURAHMI  Tulisan ini saya dapatkan di nedia sosial dan saya tuliskan kembali di malam ramadhan karim ini agar bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.
Diceritakan Syeikh Ibn Hajar ra mengisahkan sebuah kisah nyata: "Ada seorang yang kaya raya berangkat haji. Sebelum berangkat, ia menitipkan uangnya sebesar 10.000 Dinar kepada seseorang yang sudah terbiasa dipercaya untuk menitipkan barang atau uang. Setelah selesai melaksanakan hajinya, orang kaya itu mendatangi rumah orang yang diberi amanah menyimpan uangnya tersebut. Sesampainya di rumah orang itu, ternyata orang itu telah wafat.


Orang kaya itupun bertanya kepada ahli warisnya. Namun tidak satupun diantara ahli warisnya mengetahui perihal uang titipan tersebut. Orang kaya itupun kebingungan dan bertanya-tanya dalam hatinya, di manakah uang yang disimpan oleh orang yang diberi amanat tersebut? Orang kaya itupun mendatangi seorang alim di kota Mekkah, lalu menceritakan perihal uangnya. Orang alim …